Sukses

Saat Bos Apple Tim Cook Terpesona Saksikan Pertunjukkan Wayang Kulit

Dalam kunjungannya ke Indonesia, selain bertemu Presiden Jokowi, CEO Apple Tim Cook juga menyempatkan diri menyaksikan pertunjukkan wayang kulit dengan cerita tentang superhero Indonesia, Gatotkaca.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple Tim Cook terlihat sangat antusias saat menyaksikan secara langsung pertunjukan wayang kulit di Museum Wayang.

Tim Cook sampai di Museum Wayang setelah dirinya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Rabu (17/4/2024), pagi.

Tampil santai, bos Apple langsung disambut pertunjukan wayang kulit bercerita tentang kisah perwayangan superhero asli Indonesia, yakni Gatotkaca.

Selama 10 menit, Tim Cook tampak terkesima dengan cerita pewayangan sejarah Gatotkaca yang dibawakan oleh Fakih Tri Sera Fil Ardhi.

<p>CEO Apple Tim Cook mengunjungi Museum Wayang bersama photojournalist Nyimas Laula, bertemu dengan dalang wayang kulit Fakih Tri Sera Fil Ardhi. Liputan6.com/Yuslianson</p>

Selesai menonton, Tim dan Fakih juga terlihat mengobrol santai. Saat ditanya, Fakih menjelaskan bagaimana bos Apple Tim Cook ini sangat antusias dengan pertunjukan wayang kulit.

"Cukup mengejutkan untuk melihat Tim Cook ternyata sangat antusias dengan budaya wayang kulit ini," ucap Fakih kepada Liputan6.com.

Saat ditanya apa saja yang diobrolkan, pria lulusan Universitas Indonesia (UI) ini mengatakan, "Tim Cook tanya-tanya soal sejak umur berapa menjadi dalang, proses pembuatan wayang dan banyak lagi."

<p>CEO Apple Tim Cook mengunjungi Museum Wayang bersama photojournalist Nyimas Laula, bertemu dengan dalang wayang kulit Fakih Tri Sera Fil Ardhi. Liputan6.com/Yuslianson</p>

Diketahui, kunjungan CEO Apple ini ke Museum Wayang merupakan salah satu bagian dari jadwalnya berkunjung ke Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan

Sebelumnya, Tim Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi dalam kunjungannya ke Jakarta, Rabu (17/4/2024). Tim Cook bertandang ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Usai pertemuan dengan Presiden Jokowi, Tim Cook menyempatkan diri untuk berbincang dengan media yang meliput di Istana Kepresidenan.

Salah satu hal yang dibahas Tim Cook dengan Jokowi adalah menyoal manufaktur rantai pasokan iPhone dan produk Apple lainnya.

3 dari 3 halaman

Bicarakan Soal Manufaktur di Indonesia

"Kami berbicara tentang keinginan Presiden (Jokowi) melihat adanya banyak pabrik di Indonesia dan ini merupakan suatu hal yang kami upayakan," kata Tim Cook.

Sementara itu, dalam konferensi pers usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi, menjelaskan bahwa dalam pertemuan selama satu jam itu, Tim Cook dan pemerintah menyepakati adanya sejumlah hal penting.

Salah satunya adalah upaya agar Indonesia bisa memberikan kontribusi lebih dalam rantai pasokan global Apple, termasuk dalam menyediakan komponen-komponen untuk produk-produk Apple.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.