Sukses

3 Hal yang Dibahas Bos Apple Tim Cook dan Jokowi di Istana Kepresidenan

Presiden Jokowi bertemu dengan CEO Apple Tim Cook, apa saja yang dibahas oleh keduanya?

Liputan6.com, Jakarta - Bos Apple Tim Cook baru saja mengunjungi Istana Kepresidenan Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sejumlah hal pun diperbincangkan oleh Jokowi beserta jajaran menterinya dengan bos perusahaan teknologi paling bernilai di dunia ini.

Apa saja yang dibahas oleh Jokowi dan Tim Cook?

1. Apple Developer Academy

Kunjungan Tim Cook ke Indonesia salah satunya adalah untuk meresmikan tentang pembukaan Apple Developer Academy Indonesia yang ke-4.

"Kami membuka 4th Developer Academy di Bali dan baru kami umumkan. Ketiga program Apple Developer Academy yang sebelumnya sudah meluluskan ribuan orang pengembang," kata Tim Cook di hadapan wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Tim Cook membangga-banggakan ribuan pengembang yang lulus dari program Apple Developer Academy Indonesia, alias akademi pengembang Apple ini sudah bisa membuat aplikasi-aplikasi yang dijajakan di toko aplikasi App Store.

"Mereka sudah bisa membuat aplikasi di App Store yang tidak hanya bisa dipakai di Indonesia tetapi juga di luar neger, sehingga kami cukup bersemangat akan hal ini," kata Tim Cook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Minta Apple Tambah Pabrik dan Investasi di Indonesia

Hal lain yang dibahas Tim Cook dengan Jokowi adalah menyoal manufaktur rantai pasokan iPhone dan produk Apple lainnya.

"Kami berbicara tentang keinginan Presiden (Jokowi) melihat adanya banyak pabrik di Indonesia dan ini merupakan suatu hal yang kami upayakan," kata Tim Cook.

Sementara itu, dalam konferensi pers usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi, menjelaskan bahwa dalam pertemuan selama satu jam itu, Tim Cook dan pemerintah menyepakati adanya sejumlah hal penting.

Salah satunya adalah upaya agar Indonesia bisa memberikan kontribusi lebih dalam rantai pasokan global Apple, termasuk dalam menyediakan komponen-komponen untuk produk-produk Apple.

Budi Arie mengungkapkan, saat ini dari 360 komponen di smartphone (iPhone), Apple hanya menggunakan dua komponen yang dibuat di Indonesia. Padahal di Vietnam, Apple menggunakan 72 komponen untuk iPhone.

"Jadi presiden sampaikan agar Apple meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain dan Apple menyambut baik hal itu," kata Budi Arie memberikan penjelasan.

Pasalnya, menurut data di Kementerian Peridustrian, dalam satu tahun nilai impor Indonesia sebesar USD 2 miliar dari Apple.

"Jadi Indonesia tidak hanya sekadar pasar, tetapi bisa menjadi global supply chain," kata Budi Arie.

3 dari 3 halaman

3. Jokowi Ajak Tim Cook Kembangkan IKN

Menurut Menkominfo Budi Arie Setiadi, Presiden Jokowi juga sempat mengajak Tim Cook agar Apple bisa berpartipasi dalam pengembangan kota cerdas Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tadi Pak Presiden juga menyampaikan, mengajak Apple yaitu ke Mr Tim Cook, bagaimana Apple bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN," kata Budi Arie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini