Sukses

Warganet Ramai-Ramai Minta Tim Cook Buka Apple Store di Indonesia

Setelah CEO Apple Tim Cook menulis cuitan mengenai kunjungannya ke Apple Developer Academy di Indonesia, warganet berbondong-bondong meminta agar Apple membuka Apple Store di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Setelah CEO Apple Tim Cook menulis cuitan terbaru di X/Twitter pada Selasa (16/4/2024) malam, warganet Indonesia berbondong-bondong membalas twit tersebut meminta agar Apple Store membuka cabangnya di Indonesia.

"Halo Indonesia, apa kabar? Sate ayam dengan fotografer iPhone Sofyan Pratama adalah cara sempurna untuk memulai waktu saya di Jakarta!," cuit bos Apple itu.

Warganet Indonesia langsung menulis komentarnya di akun @tim_cook untuk meminta agar Apple membuka toko resminya di Indonesia.

Salah satu akun X yakni @ikhwa*** berkomentar "Tolong buka Apple Store Resmi .. dan nikmati Indonesia, Tim !"

Dari komentar tersebut, warganet di Indonesia berharap agar Apple membuka toko resminya di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini produk Apple yang resmi di Indonesia dijual hanya melalui distributor resmi, seperti iBox, Digimap, Global Danapati Niaga (GDN) lewat Blibli dan Hello. 

Tak hanya itu, warganet Indonesia meminta Apple untuk membenahi layanan jasa Program Penyedia Servis Resmi Apple (AASP).

Salah satu komentar dari akun X @Tore*** menulis "Perbaiki Penyedia Layanan Resmi Apple Anda di Indonesia. Banyak pengguna Apple di sini, tapi hampir semua AASP payah! Mereka bahkan mengenakan biaya diagnostik untuk garansi produk."

Dari komentar tersebut, beberapa pengguna Apple mengeluhkan AASP di Indonesia yang tidak memberikan layanan terbaik dalam hal jasa perbaikan.

Saat ini, Tim Cook sedang meninjau Apple Developer Academy yang ada di Jakarta. Dan pada hari Kamis (17/4/2024), Bos Apple itu akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas soal investasi di Indonesia.

"Yang pasti, semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika Serikat dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok, ada kejutan," ujar Menkominfo saat ditemui usai Halal Bihalal di Kemenkominfo di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet juga meminta Apple Pay Bisa Dipakai di Indonesia

Tak hanya meminta Apple Store dibuka di Indonesia, beberapa Netizen juga meminta agar layanan Apple seperti Apple Pay dan Wallet agar dapat diakses di Indonesia.

"Open access to Apple Pay and Wallet yoooo," tulis salah satu warganet dengan akun X @Torea***.

Hingga saat ini, layanan transaksi Apple seperti Apple Pay dan Wallet masih belum bisa dinikmati oleh pengguna iPhone di Indonesia.

Warganet berharap agar Tim Cook mau memberikan layanan penuh bagi pengguna Apple di Indonesia.

Kedatangan CEO Apple ke Jakarta memberikan harapan bagi pengguna produk Apple di Indonesia agar perusahaan AS itu menghadirkan beberapa layanannya ke Indonesia.

Seusai meninjau Apple Developer Academy, Hari ini, Kamis (17/4/2024) Tim Cook akan mengunjungi Presiden Jokowi untuk membahas investasi di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Bos Apple Tim Cook Kunjungi Indonesia, Menkominfo Sebut Bakal Ada Kejutan

Sebagai informasi, kedatangan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia sendiri sudah terungkap sejak bulan lalu. Disebutkan, ada Tim Cook akan meninjau Apple Developer Academy yang ada di Indonesia.

"Oh iya besok, dia datang tanggal 17," tutur Menkominfo saat ditemui usai Halal Bihalal Kemenkominfo di Jakarta, Selasa (16/4/2024). Kendati demikian, Menkominfo belum mengungkap soal agenda pembahasan ketika orang nomor satu Apple itu hadir di Indonesia.

Ia hanya menyebut kalau kedatangan Tim Cook akan membawa kejutan. Karenanya, informasi soal agenda dan rencana yang akan dibahas perlu menunggu ketika Tim Cook ada di Indonesia.

"Yang pasti, semua perusahaan-perusahaan besar dari Amerika Serikat dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok, ada kejutan," ujar Budi Arie melanjutkan.

Ia juga menuturkan, dalam kunjungannya ke Indonesia, Tim Cook juga akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. "Ya, terjadwalkan," tutur Menkominfo saat ditanya soal pertemuan bos Apple tersebut dengan Presiden Jokowi.

Meski tak banyak informasi yang diketahui mengenai agenda Tim Cook ketika hadir di Indonesia, tapi salah satu isu yang digadang-gadang akan dibahas adalah soal investasi.

"Akan diumumkan, akan melakukan investasi," tutur Menkominfo menutup pernyataan. 

4 dari 4 halaman

Tim Cook Kunjungi Vietnam

Sebelum hadir di Indonesia, Tim Cook sendiri diketahui saat ini tengah mengunjungi Vietnam.

Mengutip informasi dari Reuters, ia tiba di Hanoi, Vietnam pada Senin waktu setempat. Dalam kunjungan selama dua hari tersebut, ia dijadwalkan bertemu dengan sejumlah siswa dan kreator konten di negara tersebut.

Tidak hanya itu, ia juga akan bertemu dengan sejumlah pengguna perangkat Apple. Lalu, agenda lain dari Tim Cook adalah meningkatkan kolaborasi dengan pemasok komponen lokal Apple di Vietnam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.