Sukses

Bocoran Kemampuan Baru Siri di iOS 18, Bakal Bisa Atur Perjalanan Berkat AI Generatif?

Berikut adalah bocoran kemampuan baru Siri yang digulirkan melalui update iOS 18, punya kemampuan mengatur perjalanan berkat integrasi dengan AI generatif?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu terakhir banyak pengguna iPhone yang komplain terhadap kemampuan Siri yang dinilai begitu-gitu saja. Ada yang menyebut Siri ketinggalan cukup jauh dibandingkan asisten virtual Alexa dan Google Assistant.

Namun, 2024 akan menjadi tahun bagi Siri untuk bertumbuh jadi lebih cerdas. Pasalnya, Siri akan makin pintar dengan dukungan Apple AI. Kok bisa?

Mengutip 9to5Mac, Kamis (18/4/2024), Apple disebut-sebut tengah mengembangkan AI generatif untuk mendukung berbagai layanannya termasuk Siri. Ada tiga alasan kenapa Apple bersikeras mengembangkan AI generatif mereka.

Pertama, perusahaan punya pendekatan yang mapan terhadap teknologi baru. Apple terkenal baru hadirkan teknologi terbaru ketika dinilai sudah siap dan mapan, dengan begitu, penerapan teknologi ini nantinya lebih unggul dibanding milik teknologi sejenis milik kompetitor.

Kedua, Apple sangat fokus pada privasi. Oleh karenanya, perusahaan berupaya melakukan pemrosesan sebanyak mungkin pada perangkat alih-alih harus kirim data pribadi pengguna ke server untuk diproses.

Ketiga, Apple merupakan perusahaan konservatif, memilih untuk menjauh dari kontroversi jika memungkinkan. AI generatif memang membuat orang terkesan, tetapi juga ada beberapa hal bodoh yang cukup menggelitik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Boyong Kemampuan AI Generatif

Nah tahun 2024 ini, Apple dikabarkan akan boyong kemampuan AI generatif ke iOS 18. Bloomberg belum lama ini melaporkan, iOS 18 akan jadi update iOS terbesar yang pernah digulirkan Apple dengan AI sebagai fokusnya.

Lalu, Financial Times mengindikasikan Siri akan didukung model AI generatif yang mirip dengan chatbot ChatGPT. CEO Apple Tim Cook sendiri mengungkap kalau perusahaannya akan membagikan rincian pekerjaan yang telah dikerjakan Apple terkait AI.

Lalu, apa saja yang mungkin terjadi pada Siri dengan dukungan AI?

3 dari 4 halaman

Perintahkan Siri Atur Perjalanan dan Pilih Akomodasi Hotel untuk Pengguna

Bicara tentang tujuan original dari tim Siri ditambah dengan pengembangan AI generatif, hingga riset Apple agar Siri bisa berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga, berikut adalah kemampuan yang mugkin dibawa Siri saat iOS 18 digulirkan.

Siri yang diperbarui melalui update iOS 18, diramalkan akan memiliki kemampuan AI generatif untuk memahami permintaan atau perintah dari pengguna, berinteraksi dengan layanan populer, hingga berinteraksi dengan aplikasi lain di iPhone.

Hal ini memungkinkan Siri untuk merespon berbagai hal. Misalnya "Saya akan menghadiri WWDC 2024, sarankan beberapa penerbangan dan hotel."

4 dari 4 halaman

Cara Kerja Integrasi AI Generatif dengan Siri

Lalu, AI generatif pada Siri akan mencari apa itu WWDC untuk melihat di mana acara tersebut diadakan dan tanggal-tanggalnya. Pada kondisi ini, Siri akan menggunakan lokasi rumah kita yang diketahui untuk melihat dari mana si pengguna akan bepergian.

Lalu, AI generatif akan menggunakan aplikasi yang ada di iPhone untuk menentukan maskapai penerbangan yang bisa dipilih dan grup hotel yang disukai. Kemudian, Apple menggunakan integrasi Siri dengan layanan-layanan tersebut.

Dalam hal ini, Siri berinteraksi dengan aplikasi lain sesuai kebutuhan dan pemahamannya tentang preferensi si pengguna, untuk menjalankan perintah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.