Sukses

Google Cloud Next 2024 Perkenalkan Deretan Inovasi Terbaru, Ada Solusi AI Generatif hingga Prosesor

Lewat event Google Cloud Next 2024, Google akan mengungkap sejumlah hal baru mulai dari infrastruktur hingga kehadiran AI generatif di sejumlah solusi untuk mendukung perusahaan klien.

Liputan6.com, Jakarta - Event Google Cloud Next 2024 resmi dibuka. Diadakan di Mandalay Bay, Las Vegas, Amerika Serikat, event ini menjadi debut sejumlah produk dan inovasi terbaru dari Google Cloud.

Dalam pembukaan, CEO Google Cloud Thomas Kurian mengungkap sejumlah hal baru yang diperkenalkan dalam event ini. Mulai dari infrastruktur hingga kehadiran AI generatif di sejumlah solusi yang ditawarkan.

"Dalam event ini, kami akan fokus mengenai cara Google membantu perusahaan mentransformasikan operasional mereka sekaligus menjadi pemimpin digital dan AI, yang mana adalah cara baru di cloud," tutur Kurian dalam keynote speech Google Next Cloud 2024 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat.

Bicara soal infrastruktur, klaim Thomas, Google Cloud merupakan yang pertama dalam menghadirkan infrastruktur hyperscaler ke pasar dan kini terus berlanjut sebgai pemimpin dalam hal harga maupun performa.

Menurut Thomas, jaringan lintas cloud yang ditawarkan Google memungkinkan pengguna menghubungkan layanan apa pun, termasuk layanan AI Google ke aplikasi apa pun, di cloud apa pun secara aman, dengan biaya dan latency lebih rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produk-Produk Baru yang Manfaatkan AI Generatif

Selain infrastruktur, pada event Next kali ini, Google juga memperkenalkan sejumlah produk baru yang memanfaatkan teknologi AI generatif.

"Pengumuman terbesar kami hari ini fokus pada AI generatif. Konsumen dengan cepat beralih dari bereksperimen dengan AI generatif, membantu menjawab pertanyaan hingga membuat prediksi AI, dan sekarang membangun agen AI generatif," tutur Thomas.

Dijelaskan Thomas, agen merupakan entitas pintar yang bisa melakukan sejumlah tindakan untuk membantu penggunanya mencapai tujuan spesifik.

3 dari 3 halaman

Fungsi AI Generatif hingga Prosesor Baru

Ia mencontohkan, agen dapat membantu pembeli membeli pakaian yang cocok, membantu karyawan memilih tunjangan kesehatan yang tepat, hingga membantu perawat mempercepat proses serah terima pasien ketika shift kerja berubah.

"Agen memproses informasi multimodal secara bersamaan, baik berbicara, menalar, belajar, dan membuat keputusan. Agen dapat terhubung dengan agen lain serta dengan unit. Dan, mereka akan mengubah cara Anda berinteraksi dengan perangkat komputasi dan web itu sendiri," tuturnya.

Dalam event ini, Google juga mengumumkan proses baru yakni Google Axiom. Ini merupakan CPU custom pertama berbasis ARM yang didesain untuk data center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.