Sukses

Bos Apple Tim Cook Bakal Kunjungi Indonesia April 2024, Ada Niatan untuk Investasi?

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengungkapkan tentang rencana kunjungan bos Apple Tim Cook ke Indonesia pada April mendatang. Apakah Tim Cook ada niat mau investasi di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria mengungkap soal topik yang akan dibahas dalam kedatangan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia. Sebelumnya, informasi mengenai kehadiran Tim Cook diungkap oleh Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi.

Kemarin, Budi Arie Setiadi menyebut kalau Tim Cook akan mengunjungi Indonesia pada pertengahan April 2024. Tanggal kedatangannya memang belum dipastikan, tapi diperkirakan bos Apple tersebut akan menyambangi Indonesia pada 20 April 2024.

Menyusul informasi tersebut, Nezar Patria pun sempat mengungkit soal agenda kedatangan Tim Cook. Disebutkan, Apple memang telah bersurat dengan pemerintah Indonesia untuk melakukan kunjungan.

Nezar juga mengungkap soal kemungkinan agenda yang akan dibahas dalam kedatangan Tim Cook di Indonesia. Ia menuturkan, salah satunya adalah niatan dari Apple, perusahaan asal Amerika Serikat itu untuk melakukan investasi di Indonesia.

Selain Tim Cook, CEO Microsoft Satya Nadella juga disebut akan menyambangi Indonesia di bulan depan.

"Keduanya sudah bersurat, dan mereka punya niat untuk melakukan investasi di Indonesia juga. Dan, tentu saja kami menyambut gembira ya kedatangan dua platform raksasa ini," tuturnya saat bertemu dengan awak media di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Lebih lanjut Wamenkominfo menuturkan, kolaborasi yang terbangun dengan dua perusahaan teknologi besar tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar. Terlebih, untuk pembangunan kapasitas dan kompetensi talenta digital Tanah Air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tim Cook Minta Bertemu dengan Jokowi Saat Berkunjung ke Indonesia

Saat ini, Apple sendiri telah membuka Apple Developer Academy di Indonesia. Melalui fasilitas tersebut, Apple melatih talenta digital Tanah Air terutama di bidang pemrograman serta kompetensi profesional, desain, dan pemasaran.

Disinggung apakah pembahasan soal investasi yang dilakukan akan termasuk dengan kemungkinan di bidang manufaktur, selain SDM (sumber daya manusia), Nezar menyatakan pembahasan akan mencakup dua hal tersebut.

"Dua-duanya, manufaktur dan juga SDM. Kalau mereka berminat untuk berinvestasi, saya kira kita akan membuka tangan yang lebar dan tentu saja sambil memperkuat kekuatan nasional kita sendiri," tuturnya menjelaskan.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Nezar juga menuturkan, Tim Cook menginginkan untuk bisa bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

"Mereka mengirimkan surat untuk bisa bertemu dengan pimpinan negara," ujar Wamenkominfo menutup perbincangan.

3 dari 4 halaman

Dua Bos Perusahaan Teknologi Bakal Sambangi Indonesia

Sebelumnya, Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Budi Arie Setiadi mengungkap dua petinggi perusahaan teknologi global bakal menyambangi Indonesia bulan depan.

Informasi itu ia ungkap dalam acara buka bersama Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) pada Kamis (21/3/2024).

Budi Arie Setiadi menuturkan, dua petinggi perusahaan teknologi global yang akan melawat ke Indonesia adalah CEO Apple Tim Cook dan CEO Microsoft Satya Nadella. Kedua petinggi itu dijadwalkan hadir pada pertengahan April 2024.

"(CEO) Microsoft ingin hadir di pertengahan April, terus dari Apple, Tim Cook mau datang 20 April," tuturnya menjelaskan.

 

4 dari 4 halaman

Tim Cook Mau Tinjau Apple Academy

Adapun agenda Tim Cook datang ke Indonesia adalah untuk meninjau Apple Academy sekaligus meresmikan fasilitas di Bali, setelah sebelumnya ada di BSD dan Batam.

Sebagai informasi, Apple Academy merupakan program yang dihadirkan Apple untuk melatih SDM (sumber daya manusia) Indonesia, sehingga SDM digital dalam negeri makin kompetitif. 

Budi Arie memperkirakan, ada sekitar 2.000 SDM digital Indonesia yang sudah dilatih oleh Apple Academy ini. Sementara kedatangan Satya Nadella ke Indonesia membahas mengenai transfer teknologi dan pengetahuan untuk transformasi Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.