Sukses

5 Cara Tingkatkan Speed WiFi, Gamer Wajib Tahu

Berikut adalah sejumlah tips untuk meningkatkan Speed WiFi, agar mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat untuk mendukung main game.

Liputan6.com, Jakarta - Kecepatan internet yang cepat membuat penggunanya bisa melakukan berbagai aktivitas online. Mulai dari menonton streaming video, main game online, melakukan panggilan video, dan lain-lain.

Meski begitu, ada ada sejumlah faktor yang memengaruhi kecepatan internet. Mulai dari banyaknya jumlah pengguna internet di jaringan yang sama, jarak antara router dengan perangkat, kualitas sinyal, hingga beban lalu lintas internet.

Lantas, adakah cara untuk membuat speed WiFi, yang menjadi salah satu faktor penting untuk memengaruhi kecepatan internet jadi lebih cepat?

Berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan, sebagaimana diinformasikan oleh penyedia infrastruktur internet Biznet:

1. Menempatkan Router di Tempat yang Tepat

Posisi router WiFi bisa memengaruhi kecepatan WiFi. Pastikan untuk meletakkan router di lokasi yang strategis dan terbuka.

Hindari meletakkan router di sudut ruangan atau di belakang furnitur besar, karena hal ini dapat membatasi jangkauan sinyal dan kecepatan WiFi.

Sebaiknya letakkan router di tengah ruangan atau di atas meja, sehingga sinyal WiFi dapat tersebar secara merata ke seluruh area.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pakai Router WiFi Terbaru

Jenis perangkat yang dipakai juga bisa menentukan speed WiFi. Untuk meningkatkan speed WiFi, kamu dapat menggunakan router WiFi yang terbaru.

Ini karena router versi terbaru memiliki kemampuan mengirimkan sinyal dengan kecepatan lebih cepat dan stabil.

Perangkat router baru juga memiliki fitur-fitur canggih. Mulai dari MU-MIMO serta beamforming, yang bisa meningkatkan kecepatan dan jangkauan sinyal WiFi.

3 dari 5 halaman

3. Memakai Frekuensi 5 GHz

Kecepatan WiFi dapat dipengaruhi oleh frekuensi yang digunakan. Frekuensi 2,4 GHz umumnya lebih lambat dan rentan terhadap gangguan dari perangkat elektronik lain, sedangkan frekuensi 5 GHz lebih cepat dan stabil.

Jika perangkat Anda mendukung frekuensi 5 GHz, disarankan untuk menggunakannya guna meningkatkan kecepatan WiFi.

4 dari 5 halaman

4. Update Firmware Alias Software

Firmware merupakan sistem operasi yang berjalan pada router WiFi. Penting untuk secara rutin melakukan pembaruan firmware router WiFi.

Pembaruan firmware biasanya mencakup perbaikan bug dan masalah keamanan, serta peningkatan kecepatan dan performa router. Anda dapat melakukan pembaruan firmware router melalui aplikasi atau situs web router.

 

 

5 dari 5 halaman

5. Tambahkan WiFi Extender

Rumah atau kantor yang besar mungkin memiliki beberapa area yang tidak dijangkau sinyal WiFi. Dalam situasi ini, dapat menggunakan extender WiFi untuk meningkatkan jangkauan sinyal dan speed WiFi.

Extender WiFi adalah perangkat kecil yang menambahkan jangkauan sinyal WiFi dan memperluas area cakupan WiFi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.