Sukses

Ini Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6 FE, HP Lipat Samsung dengan Harga Terjangkau

Samsung akan merilis salah satu seri Z Fold 6 FE, HP lipat Samsung dengan harga yang lebih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah konsisten menghadirkan smartphone foldable sejak 2019, kini Samsung akan merilis seri HP Lipat dengan harga yang lebih terjangkau.

Menurut rumor yang beredar, Samsung akan merilis salah satu seri Z Fold dengan harga yang lebih terjangkau.

Sumber yang beredar menyebut bahwa HP lipat Samsung tersebut dinamai Galaxy Z Fold 6 FE.

Bagi yang belum tahu, branding "FE" merupakan singkatan dari "Fan Edition". Seri FE sering kali diartikan sebagai lini smartphone yang memiliki fitur hampir mirip dengan seri flagship namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Situs teknologi Korea Selatan ETnews, via GizCHina, Minggu (17/3/2024) membeberkan rumor mengenai Samsung Galaxy Z Fold 6 FE. Situs ini menunjukkan bahwa ada dua model Galaxy Z Fold yang akan rilis.

Galaxy Z Fold 6 reguler akan mendapatkan fitur S-Pen, sedangkan untuk Galaxy Z Fold 6 FE tidak akan mendapatkan fitur tersebut. 

Hilangnya S-Pen dari Z Fold 6 FE memungkinkan Samsung menekan biaya agar lebih terjangkau.

Hadirnya seri FE di Galaxy Z Fold 6 sejalan dengan tren perusahaan Tiongkok yang menawarkan smartphone lipat dengan harga lebih murah.

Selain itu, ke depannya Apple akan menghadirkan iPhone seri Foldable. Jadi, Samsung sudah bisa memposisikan diri dengan aman melalui dua modelnya di segmen harga yang berbeda.

Sebelumnya juga beredar rumor model Galaxy Z Fold 6 Ultra. Namun, nampaknya Samsung lebih tertarik untuk merilis Z Fold versi terjangkau.

Diperkirakan Samsung akan memperkenalkan seri Z Flip dan Z Fold di acara Unpacked yang kemungkinan diadakan pada Juli/Agustus 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Flip 6 Siap Meluncur Juli 2024

Sementara itu, Samsung Galaxy Z Flip 6 kabarnya akan mengalami perubahan, khususnya di ukuran layar kover depan ketimbang generasi sebelumnya.

Kabarnya, Galaxy Z Flip 6 akan hadir dengan layar kover lebih besar daripada Z Flip 5 (3,4 inci), dan Z Flip 4 dan Z Flip 3 yang hanya 1,9 inci.

Hal ini diungkap oleh leaker @TheGalox_, di mana dia mengatakan HP Galaxy Z Flip 6 akan tampil dengan layar kover berukuran 3,9 inci.

Agar tidak rentan tergores dan pecah, perusahaan asal Korea tersebut sudah melindungi layar kover ini dengan teknologi Gorilla Glass Armor.

Tak hanya itu, perusahaan juga disebut-sebut sudah melakukan peningkatan di engsel dan sistem pendingin lebih besar.

Rumornya, HP Android layar lipat milik Samsung ini akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang dipasangkan dengan RAM 12GB.

Sementara untuk memotret, dilaporkan ponsel ini akan memiliki kamera utama 50MP dengan lensa ultrawide 12MP.

Samsung juga dipastikan akan menghadirkan fitur Galaxy AI, dan pembarian software dan keamanan selama 7 tahun seperti di Galaxy S24 series.

Galaxy Z Flip6 ini juga kabarnya mengalami peningkatan di daya dengan baterai 4.000mAh, ketimbang seri Flip5 hanya 3.700mAh.

Rencananya, Galaxy Z Flip 6 ini akan diumumkan bersamaan dengan Z Fold6 dan Galaxy Ring pada Galaxy Unpacked 2024 kedua Juli mendatang.

3 dari 4 halaman

Galaxy Z Fold 6 Series dan Galaxy Ring Bakal Debut di Paris pada Juli 2024

Di sisi lain, laporan SamMobile via GSM Arena, Jumat (1/3/2024), Galaxy Unpacked 2024 ini diyakini bakal digelar pada 10 Juli.

Informasi lainnya, Galaxy Unpacked kedua ini akan diadakan dua minggu lebih awal dari tahun sebelumnya, yakni 12 Juli 2024.

Hal ini berkaca dari peluncuran dua generasi HP Galaxy Z Fold dan Z Flip sebelumnya, di mana Samsung merilis generasi ke-4 pada akhir Agustus, dan ke-5 di awal Agustus.

Selain itu, pemilihan awal bulan Juli karena untuk menghindari digelarnya ajang olahraga Olimpiade pada 26 Juli 2024.

Berhubung Samsung jadi sponsor utama ajang olahraga tersebut, bukan tidak mungkin perusahaan ingin memanfaatkan momen untuk "memajang" ponsel layar lipat barunya di depan publik.

4 dari 4 halaman

Samsung Mau Bikin 400.000 Galaxy Ring

Kabarnya, Samsung siap memproduksi sebanyak 400.000 unit Galaxy Ring, jelang perilisannya. Menurut laporan The Elec via Android Police, Samsung berupaya memproduksi hampir setengah juta Galaxy Ring agar tersedia di hari perilisannya.

Samsung akan mulai produksi massal Galaxy Ring pada Mei 2024 dan memamerkan perangkat wearable terbaru ini bersamaan dengan Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6.

Peluncuran Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6 sendiri dirumorkan digelar pada Juli mendatang melalui event Galaxy Unpacked.

Meski begitu, sejauh ini Samsung masih belum mengungkapkan kapan Samsung Galaxy Ring bakal rilis secara resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini