Sukses

Galaxy Z Fold 6 Versi Terjangkau Tidak Akan Kebagian Fitur Penting Ini

Samsung dikabarkan akan merilinghilangkan fitur penting dari Galaxy Z Fold 6 versi terjangkau, fitur apakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan akan merilis dua Samsung Galaxy Z Fold 6 di tahun ini. Salah satu model dari Galaxy Z Fold 6 akan dijual dengan harga lebih terjangkau.

Persaingan pasar smartphone Lipat menjadi alasan di balik rilisnya versi terjangkau dari Z Fold 6.

Saat ini Samsung menguasai pasar HP lipat. Namun akhir-akhir ini brand smartphone lain juga merilis smartphone lipatnya denga fitur dan harga yang lebih bersaing.

Laporan terbaru dari Display Supply Chain Consultants (DSCC) menunjukkan bahwa Samsung bisa kehilangan takhta di segmen smartphone foldable di tahun ini.

DSCC memprediksi Huawei akan menyalip Samsung Electronics pada kuartal pertama dan kedua tahun ini dengan smartphone lipat besutannya.

Dikutip dari Android Authority, Sabtu (16/3/2024), persaingan tersebut menyebabkan pangsa pasar persuahaan merosot dari 90% menjadi 60% dalam dua tahun terakhir. Dengan demikian, Samsung perlu melakukan strategi agar meningkatkan penjualan smartphone lipat mereka.

Kini, pabrikan asal Korea Selatan itu menyimpan jurus jitu untuk meredam persaingan smartphone lipat yang semakin keras.

Laporan dari ETNews menyebut Samsung berencana merilis dua Galaxy Z Fold 6, satu dengan fungsi input S Pen dan satu lagi tidak mendukung stylus.

Bocoran ini menjelaskan hilangnya dukungan S Pen untuk varian Samsung Galaxy Z Fold 6 versi terjangkau bertujuan untuk memangkas harga dari Z Fold 6.

Masih belum jelas apakah varian Z Fold 6 yang mendukung stylus akan memilki slot khusus untuk menyimpan S Pen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite Versi Terbaru

Sementara itu, Samsung dilaporkan tengah bersiap meluncurkan tablet terbarunya yang rilis di 2024. Menurut kabar, perusahaan asal Korea Selatan itu akan memperkenalkan Galaxy Tab S6 Lite.

Berdasarkan bocoran terbaru, seperti dikutip dari GSM Arena, Samsung disebut tidak akan melakukan pembaruan besar-besaran di tablet ini, jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Menurut kabar, tablet ini akan dipersenjatai chipset Exynos 1280. Chipset ini menggantikan Snapdragon 732G/720G yang digunakan di Galaxy Tab S6 Lite (2022).

Sementara untuk spesifikasi lain, tidak ada perubahan berarti. Galaxy Tab S6 Lite versi terbaru ini masih akan memiliki layar LCD 10,4 inci dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP. Tablet ini juga disebut mendukung S Pen. 

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 7.040mAh. Untuk memori, tablet ini hanya tersedia dalam satu pilihan varian yakni RAM 4GB/ROM 64GB.

Laporan ini juga menyebut kemungkinan harga dari tablet Samsung tersebut. Disebut, tablet ini akan tersedia dua pilihan konektivitas, yakni LTE dan Wi-Fi only.

Untuk tablet yang mendukung LTE, Galaxy Tab S6 Lite dijual dengan harga 450 euro (Rp 7,6 juta). Sementara untuk varian wi-fi only, Samsung membanderolnya dengan harga 400 euro (Rp 6,7 juta).

3 dari 4 halaman

Samsung Resmi Luncurkan Galaxy Tab S6 Lite 2022 di Indonesia

Untuk diketahui, Samsung terakhir kali meluncurkan Galaxy Tab S6 Lite pada Juni 2022.

Menurut Product Marketing Manager Mobile SEIN, Annisa Maulina, tablet ini hadir dengan performa lebih bertenaga, layar luas, dan dukungan S Pen.

"Inovasi ini kami hadirkan agar pengguna semakin powerful dalam menjalani produktivitas dan menikmati hiburan," tutur Annisa dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (29/6/2022).

Galaxy Tab S6 Lite 2022 dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 720G. Menurut Samsung, chipset ini menawarkan peningkatan performa CPU 1,5 kali dan GPU 1,6 kali dibandingkan Galaxy Tab S6 Lite 2020.

Dengan demikian, performa tablet ini lebih mumpuni untuk beragam kebutuhan. Mulai dari mengikuti video conference, bekerja dari rumah, termasuk mencatat materi perkuliahan meeting atau kuliah.

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini