Sukses

Samsung Galaxy A55 dan Galaxy A35 Resmi Hadir di Indonesia, HP Mid-Range Desain Flagship

Samsung telah resmi memperkenalkan Galaxy A55 dan Galaxy A35 yang dibekali dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya dari lini Galaxy A yakni Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G. Smartphone anyar ini dibekali sejumlah peningkatan, jika dibandingkan pendahulunya.

Salah satunya yang terlihat adalah desain smartphone ini. Dijelaskan, Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G mengusung desain Key Island yang juga merupakan identitas baru Samsung di 2024.

"Desain Galaxy A54 sangat dipreasiasi konsumen, termasuk dari sisi layar. Jadi, kami meningkatkannya di lini baru ini," tutur MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indrawan dalam sesi perkenalan Galaxy A55 dan Galaxy A35.

Dijelaskan Ilham, layar Galaxy A55 kini diproteksi dengan Gorilla Victus Plus, yang biasanya ada di smartphone flagship.

Selain itu, perangkat ini sekarang memakai frame metal, naik kelas dari Galaxy A54 yang masih memakai bahan polikarbonat.

Sementara pada Galaxy A35, perubahan desain paling terlihat ada di layar depan. Samsung kini menggunakan desain layar Infinity O yang identik dengan perangkat kelas premium, bukan waterdrop notch seperti Galaxy A34.

Sebagai proteksi, Samsung membekali Gorilla Glass 5 untuk layar smartphone ini.

Menurut Ilham, kedua smartphone ini menyasar target konsumen yang sedikit berbeda. Namun pada dasarnya, kedua perangkat ini memenuhi kebutuhan pengguna untuk membuat konten.

Galaxy A55 menyasar pengguna yang terbiasa mengedit konten terlebih dulu sebelum mengunggahnya di media sosial.

Sementara Galaxy A35 menyasar pengguna yang terbiasa mengambil foto atau video secara instan, dan langsung mengunggahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terlindungi Solusi Keamanan Samsung Knox Vault

Tidak hanya dari sisi desain, Samsung juga menghadirkan dukungan esim di Galaxy A55. Ilham menuturkan, ini kali pertama lini Galaxy A mendukung esim, kemampuan yang lebih dulu ada di lini flagship.

Di kedua Galaxy A terbaru ini, Samsung juga menghadirkan fitur keamanan Samsung Knox Vault, yang dikenal biasanya ada di lini perangkat flagship Galaxy.

Solusi keamanan ini menawarkan perlindungan komprehensif, baik dari sisi hardware maupun software. Samsung Knox Vault bekerja dengan melindungi kunci enkripsi perangkat hingga mengenkripsi data pribadi pengguna yang tersimpan.

Galaxy A55 dan Galaxy A35 juga dilindungi dengan solusi keamanan Samsung Knox. Samsung menjanjikan kedua perangkat ini akan mendapatkan empat kali update OS dan lima tahun pembaruan keamanan.

Untuk pasar Indonesia, Samsung menjual Galaxy A55 dengan harga Rp 5.999.000, tidak berbeda dari harga Galaxy A54 yang dirilis tahun lalu.

Sementara Galaxy A35 dibanderol dengan harga Rp 4.999.000. Kedua smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna yakni awesome iceblue, awesome lilac, dan awesome navy.

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy M14 4G Resmi Meluncur, Cek Harga dan Spesifikasi

Di sisi lain, Samsung diketahui telah meluncurkan varian terbaru Galaxy M14. Apabila di tahun lalu, Samsung merilis varian 5G, kali ini perusahaan memperkenalkan Galaxy M14 versi 4G.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (7/3/2024), Galaxy M14 4G ini sudah dijual melalui Amazon India. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni arctic blue dan sapphire blue.

Soal harga, Samsung membanderol Galaxy M14 ini dengan harga 8.499 rupee (Rp 1,6 juta) untuk varian RAM 4GB dan ROM 64GB. Sementara varian RAM 6GB dan ROM 128GB dijual 11.499 rupee (Rp 2,1 juta).

Disebutkan, HP Samsung ini masih menjalankan Android 13, dengan update software hanya dua tahun dan pembaruan keamanan selama empat tahun. Dengan kata lain, perangkat ini hanya bisa mendapatkan update terakhir di Android 15.

Smartphone ini hadir dengan layar LCD berukuran 6,7 inci beresolusi FHD+. Layar smartphone ini mendukung refresh rate hingga 90Hz.

4 dari 4 halaman

Kamera Galaxy M14 4G

Untuk dapur pacu, Samsung membenamkan chipset Snapdragon 680 besutan Qualcomm. Sebagai penyokong performanya, ada baterai 5.000mAh yang didukung kemampuan pengisian daya 25W.

Smartphone ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP, serta lensa makro dan depth sensor yang masing-masing beresolusi 2MP. Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 13MP.

Samsung membekali Galaxy M14 dengan pemindai sidik jari yang diletakkan bersama dengan tombol power di bodi samping. Smartphone ini turut didukung dengan fitur RAM Plus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.