Sukses

WhatsApp Hadirkan Tool Bikin Stiker Langsung di Aplikasi, Buat Pengguna Android

WhatsApp menghadirkan tool untuk membuat stiker langsung di aplikasi, kali ini kehadiran fitur tersebut untuk pengguna versi beta Android.

Liputan6.com, Jakarta - Absennya tool membuat stiker di dalam aplikasi WhatsApp bikin pengguna harus pakai aplikasi lain kalau mau berkreasi membuat stiker.

Padahal, para pengguna juga ingin mengekspresikan diri melalui stiker-stiker melalui gambar yang personal, misalnya hewan peliharaan tersayang atau tampang konyol teman di sebuah acara.

Keinginan ini pun akhirnya direspon WhatsApp dengan hadirnya editor stiker bawaan di aplikasi WhatsApp. Meski begitu, saat ini fitur tersebut diperkenalkan kepada pengguna beta Android.

Fitur ini dibangun dari fitur editor stiker yang sama di iOS yang sudah rilis Januari lalu. Dengan kehadiran fitur editor sticker, pengguna bisa mengekspresikan kreativitas mereka.

Fungsi utama dari tool editor sticker WhatsApp ini adalah agar pengguna bisa memakai gambar mereka sendiri untuk memproduksi stiker. Misalnya, foto yang diambil dari kamera smartphone pengguna, foto dari internet, atau gambar apa pun di geleri perangkat si pengguna.

Fitur tool editor sticker ini disebut hadir dengan antarmuka yang user friendly, dengan begitu pengguna bisa dengan mudah membuat stiker. Termasuk di dalamnya menambah teks, frasa, emoji yang sesuai dengan konteks percakapan, dan lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibuat Mirip dengan Versi iOS

Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, versi Android dari fitur ini dibuat berkaca dari fitur serupa di iOS.

Jadi, si pengguna bisa dengan mudah memilih gambar di galeri smartphone mereka. Lalu, aplikasi akan menganalisa gambar dan memangkas gambar sesuai yang diinginkan.

Lalu, background bakal dihapus untuk membuat format stiker yang clean.

Selanjutnya, WhatsApp akan menambahkan garis tepi putih untuk menyempurnakan stiker. Lalu, pengguna juga bisa menggabungkan emoji dan teks untuk personalisasi akhir.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Disimpan dan Dipakai di Chat

Pengguna nantinya bisa menyimpan stiker buatan ini dan membagikannya dalam percakapan. Ada daftar "stiker favorit" untuk menyimpan stiker agar bisa dipakai lagi selanjutnya.

Meski begitu, saat ini akses ke tool editor stiker WhatsApp masih terbatas ada di pengguna yang terdaftar dalam program beta Android, khususnya versi 2.24.6.5.

Belum diketahui kapan tanggal peluncuran resmi untuk pengguna Android secara keseluruhan. Meski begitu, pengujian beta di iOS dan Android mengindikasikan kalau peluncuran lebih luas akan dilakukan dalam waktu dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.