Sukses

Startup Untukmu.AI Raih Pendanaan Awal dari 1982 Ventures, Ingin Disrupsi Pasar Pemberian Hadiah

Dengan tambahan modal yang diperoleh, Untukmu.AI berencana memperluas jangkauannya ke seluruh Indonesia dan mendisrupsi pasar pemberian hadiah yang diperkirakan memiliki nilai pasar sebesar USD 20 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Startup berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Untukmu.AI meraih pendanaan putaran tahap awal (seed funding) yang dipimpin oleh 1982 Ventures dengan partisipasi dari sejumlah angel investor.

Untukmu.AI sendiri tidak menyebutkan jumlah pendanaan yang diperoleh. Namun, nilai pendanaan seri A bagi startup di Indonesia biasanya dimulai dari Rp 10 miliar.

Pendanaan awal ini akan membantu rencana perusahaan mengeksplorasi pemanfaatan blockchain dan token kripto untuk memberikan penghargaan bagi pengguna platform.

Dengan tambahan modal yang diperoleh, Untukmu.AI berencana memperluas jangkauannya ke seluruh Indonesia dan mendisrupsi pasar pemberian hadiah yang diperkirakan memiliki nilai pasar sebesar USD 20 miliar (sekitar Rp 313 triliun) di Indonesia.

Di tengah persaingan bisnis yang semakin dinamis, membangun dan memelihara hubungan antar perusahaan menjadi salah satu aspek penting untuk dilakukan.

Memahami pentingnya aspek ini Untukmu.AI mengembangkan aplikasi berbasis AI yang dirancang untuk merevolusi cara korporasi, profesional seperti agen asuransi, UMKM, hingga startup, untuk memberikan hadiah personalisasi kepada karyawan, mitra bisnis, dan klien.

Berawal dari keinginan untuk memanfaatkan kecanggihan AI dalam memperkaya pengalaman pemberian hadiah, Untukmu.AI menghadirkan platform yang memungkinkan pengguna, mulai dari individu hingga entitas korporat, untuk terhubung langsung dengan berbagai merchant penyedia produk hadiah.

Dengan teknologi AI, aplikasi ini dapat mengidentifikasi preferensi dan kebutuhan penerima hadiah, memastikan bahwa setiap pilihan hadiah adalah personal dan bermakna.

“Kami ingin pemberian hadiah korporat menjadi lebih personal dan bermakna. Dengan aplikasi kami, setiap hadiah akan menceritakan sebuah cerita, apresiasi yang tulus dari perusahaan kepada individu atau mitra bisnis yang berkontribusi dalam kesuksesannya,” kata CEO dan Co-Founder Untukmu.AI, Pang Xue Kai, dikutip Jumat (8/3/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibentuk Oleh Mantan Founder Tokocrypto

Didirikan oleh mantan founder Tokocrypto, Pang Xue Kai, bersama dengan Pang Xue Cong, investasi strategis yang dihimpun Untukmu.AI menandai tonggak perjalanan perusahaan merevolusi pengalaman konsumen melalui teknologi AI.

Langkah perusahaan dimulai dari industri hadiah dan berbagai industri lain, seperti kesehatan, travel, layanan finansial, hingga sektor gaya hidup.

Pada 2024, Untukmu.AI secara strategis memfokuskan layanannya pada sektor korporat, mengenali kebutuhan unik dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam memberikan hadiah personalisasi.

Aplikasi ini dirancang untuk menyederhanakan proses pemilihan hadiah, sekaligus memastikan bahwa setiap hadiah dapat disesuaikan dengan preferensi individu, dari karyawan hingga klien penting.

“Kami melihat potensi yang besar dalam membantu korporasi memperkuat hubungan internal dan eksternal melalui pemberian hadiah yang bermakna. Dengan fokus pada korporasi, kami dapat menyediakan solusi yang tidak hanya meningkatkan kepuasan karyawan dan mitra bisnis tetapi juga memperkuat citra perusahaan sebagai entitas yang peduli dan berorientasi pada hubungan personal,” ujar Kai.

Mengatasi masalah pemberian hadiah di sektor korporasi yang kompleks, Untukmu.AI menyediakan layanan untuk memberikan hadiah dengan branding korporasi yang bisa membantu peningkatan kesadaran merek hingga 35%.

Selain itu, korporasi juga bisa memberikan hadiah yang dipesan khusus untuk klien dan mitra sehingga berpotensi meningkatkan kepuasan mereka lebih dari 25%.

Di hari-hari istimewa seperti hari raya Idul Fitri dan Natal, Untukmu.AI bisa membantu korporasi untuk menyediakan hadiah musiman yang dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas klien serta menumbuhkan semangat karyawan.

3 dari 3 halaman

Deretan Fitur Untukmu.AI

Aplikasi Untukmu.AI dilengkapi dengan fitur bernama Dewi.AI yang merupakan personal AI gift advisor.

Fitur ini membantu pengguna dalam menyederhanakan pencarian hadiah yang unik dan dipersonalisasi sesuai dengan preferensi, minat, kepribadian, gender, hingga usia penerima hadiah.

Fitur lainnya adalah kalender yang membantu mengingatkan perusahaan tentang hari-hari penting, dan terhubung dengan Dewi.AI untuk memberikan rekomendasi hadiah yang sesuai untuk momen tersebut, mulai dari opsi umum hingga hadiah yang dipersonalisasi sesuai dengan selera dan kebutuhan penerima hadiah.

Saat ini, aplikasi Untukmu.AI diklaim telah digunakan oleh lebih dari 10.000 pengguna. Puluhan merchant penyedia produk hadiah sudah tergabung ke dalam platform.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.