Sukses

Samsung Galaxy M14 4G Resmi Meluncur, Cek Harga dan Spesifikasi

Samsung resmi meluncurkan varian lain dari Galaxy M14 yang kini hadir dengan opsi 4G.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diketahui telah meluncurkan varian terbaru Galaxy M14. Apabila di tahun lalu, Samsung merilis varian 5G, kali ini perusahaan memperkenalkan Galaxy M14 versi 4G.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (7/3/2024), Galaxy M14 4G ini sudah dijual melalui Amazon India. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni arctic blue dan sapphire blue.

Soal harga, Samsung membanderol Galaxy M14 ini dengan harga 8.499 rupee (Rp 1,6 juta) untuk varian RAM 4GB dan ROM 64GB. Sementara varian RAM 6GB dan ROM 128GB dijual 11.499 rupee (Rp 2,1 juta).

Disebutkan, HP Samsung ini masih menjalankan Android 13, dengan update software hanya dua tahun dan pembaruan keamanan selama empat tahun. Dengan kata lain, perangkat ini hanya bisa mendapatkan update terakhir di Android 15.

Smartphone ini hadir dengan layar LCD berukuran 6,7 inci beresolusi FHD+. Layar smartphone ini mendukung refresh rate hingga 90Hz.

Untuk dapur pacu, Samsung membenamkan chipset Snapdragon 680 besutan Qualcomm. Sebagai penyokong performanya, ada baterai 5.000mAh yang didukung kemampuan pengisian daya 25W.

Smartphone ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP, serta lensa makro dan depth sensor yang masing-masing beresolusi 2MP. Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 13MP.

Samsung membekali Galaxy M14 dengan pemindai sidik jari yang diletakkan bersama dengan tombol power di bodi samping. Smartphone ini turut didukung dengan fitur RAM Plus.

Saat ini, Galaxy M14 4G baru hadir di pasar India. Namun, belum diketahui apakah smartphone ini akan hadir pula di pasar lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Pakai Galaxy AI untuk Mudahkan Traveling dari Persiapan hingga Bikin Konten

Terlepas dari kehadiran tersebut, egiatan traveling menjadi salah satu cara orang, termasuk gen Z, untuk melepaskan kepenatan usai belajar atau bekerja tanpa henti.

Apalagi saat ini tren wisata meningkat seiring banyaknya destinasi wisata hidden gem di dalam dan luar negeri.

Pandemi yang telah dinyatakan usai pun jadi alasan kegiatan traveling baik di dalam maupun luar negeri kini begitu diminati. 

Berbagai konsep liburan pun bermunculan, mulai dari slowcation hingga voluntourism. Keduanya memberi gen Z dan milenial punya banyak opsi untuk menikmati traveling lebih bermakna. 

Travel Content Creator Marischka Prudence pun membagikan kiatnya untuk membuat pengalaman traveling lebih maksimal. Perempuan yang biasa disapa Prue ini bilang, sebelum traveling orang perlu membuat rencana perjalanan yang matang. 

Dalam hal ini, AI yang tertaut pada Galaxy S24 Series dapat dipakai untuk membantu mendapat inspirasi liburan yang belum pernah terpikirkan. 

"Fitur-fitur AI di Galaxy S24 Series dapat memberikan aku banyak opsi untuk personalisasi rencana traveling sesuai lokasi didatangi, kegiatan dilakukan, hingga nilai tambah yang ingin aku rasakan (saat traveling)," kata Marischka, ditemui di Media Workshop Samsung Galaxy S24 Series di Ubud, Bali, Selasa (5/3/2024). 

 

3 dari 4 halaman

Deretan Fitur Galaxy AI

Salah satu yang dilakukan dengan Galaxy AI di smartphone Samsung ini dengan mengeksplorasi destinasi traveling menggunakan Circle to Search with Google. 

Lalu, ia juga membuat itinerary dengan lebih praktis menggunakan Samsung Notes yang kini didukung fitur AI bernama Note Assist. 

Hal lain yang dapat dilakukan adalah meanfaatkan fitur Interpreter di Galaxy S24 Series. Fitur ini, bisa dipakai untuk mengobrol dengan orang asing berbeda bahasa, tanpa perlu menguasai bahasanya. 

"Pengalaman traveling yang didukung dengan AI ini adalah hal baru buatku, di mana aku bisa share lebih banyak cerita meaningful dari momen liburan aku ke media sosial," kata perempuan yang pernah jadi jurnalis di salah satu stasiun TV swasta itu. 

4 dari 4 halaman

Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series Agar Hidup Lebih Mudah

Untuk diketahui, belum lama ini Samsung merilis smartphone flagship terbarunya, Samsung Galaxy S24 Series. Mengusung kecerdasan buatan Galaxy AI di dalam perangkat, fitur ini ternyata menjadi salah satu fitur paling atraktif menurut pengguna. 

Tak heran, pasalnya, fitur-fitur AI di Galaxy S24 Series bisa dikustomisasi untuk memberikan pengalaman menggunakan kecerdasan buatan di smartphone yang kian epic. 

Sebut saja fitur berbasis AI seperti Circle to Search with Google yang membantu pengguna mengenali objek, Photo Assist untuk mudahkan pengeditan foto, hingga Live Translate untuk bantu menerjemahkan percakapan berbahasa lain. 

Kalau dimaksimalkan dengan baik dan tahu triknya, fitur-fitur AI ini diyakini bisa memudahkan konsumen dalam menjalani keseharian.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus menyebutkan, Samsung telah merancang fitur-fitur AI di Galaxy S24 Series agar bisa memahami kebutuhan preferensi pengguna sepenuhnya untuk menjadikan keseharian mereka lebih praktis. 

"Pengguna bisa bebas utak atik fungsi-fungsi Galaxy AI untuk mendapatkan pengalaman mobile AI yang lebih mudah," kata Verry dalam Galaxy AI Workshop di Ubud, Bali, Senin (4/3/2024). 

Verry menyontohkan, pengguna bisa memudahkan search bar di Circle to Search with Google untuk navigasi lebih efisien. Lalu kalau mau edit foto dengan cepat, pengguna juga bisa menggunakan fitur Remaster, atau mengatur bahasa pada kontak tertentu untuk komunikasi lintas bahasa dengan Live Translate. 

Menurunya, fitur tersebut tak terlepas dari kehadiran One UI 6 di Galaxy S24 Series yang punya user experience yang lebih intuitif dari generasi sebelumnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini