Sukses

17 Jurus Ampuh Agar HP Android Kamu Lebih Ngebut!

Berikut tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar performa smartphone Android kamu jadi lebih lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone Android memiliki beragam jenis, ada yang memiliki spesifikasi terbaik dengan harga selangit, ada pula ponsel terjangkau memiliki spesifikasi dan fitur terbats.

Smartphone terjangkau sering dinarasikan sebagai HP sering nge-lag dan tidak memiliki performa gesit. Namun persepsi ini tidak selalu benar.

Dengan pengaturan dan konfigurasi epat, kamu bisa meningkatkan performa ponsel kamu secara signifikan, menjadikannya terasa lebih cepat dan responsif.

Tekno Liputan6.com akan memberikan panduan yang bisa kamu coba untuk mengoptimalkan performa smartphone Android kamu, mengubahnya dari yang dianggap lamban menjadi HP yang bisa diandalkan.

1. Perbarui Software Android Kamu

Menginstal pembaruan Android terkini secara teratur sangatlah penting, karena sering kali pembaruan tersebut menyertakan perbaikan bug dan optimalisasi kinerja yang dirancang khusus untuk smartphone kamu.

Kamu juga bisa perbarui aplikasi yang terinstal di perangkat kamu. Developer aplikasi sering kali merilis pembaruan untuk mengatasi bug, meningkatkan kinerja, dan memperkenalkan fitur baru.

Aplikasi yang ketinggalan jaman terkadang dapat menghabiskan sumber daya berlebih, sehingga menyebabkan smartphone kamu menjadi lambat.

2. Kelola Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Identifikasi dan hapus instalan aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan. Aplikasi tersebut tidak hanya menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga tetapi juga menjalankan proses latar belakang, dan mempengaruhi kinerja smartphone kamu.

Nonaktifkan aplikasi bloatware yang terinstal secara default. Menonaktifkan aplikasi ini akan mencegah aplikasi tersebut berjalan di latar belakang dan mengosongkan penyimpanan smartphone.

Kelola Proses Latar Belakang. Android menawarkan fitur bawaan untuk mengelola proses latar belakang. Kamu dapat mengakses opsi ini melalui menu “Developer Mode” dan membatasi aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Kelola Penyimpanan Android Kamu

Hapus foto, video, dan konten unduhan yang tidak perlu. Manfaatkan solusi penyimpanan cloud untuk file yang perlu kamu akses tetapi file tersebut tidak ingin disimpan di perangkat.

Pindahkan file yang tidak kamu perlukan di Micro SD jika ada. Cara ini dapat mengosongkan ruang penyimpanan internal, sehingga dapat meningkatkan waktu pemuatan aplikasi dan respons sistem secara keseluruhan.

4. Optimalkan Pengaturan Sistem

Kurangi atau Nonaktifkan animasi di Developer Option untuk pengalaman yang berpotensi lebih lancar. Perlu diingat, hal ini mungkin mengakibatkan antarmuka yang kurang menarik secara visual.

Turunkan resolusi dan kecerahan layar, cara ini dapat meningkatkan masa pakai baterai dan berpotensi menghasilkan pengalaman penggunaan yang sedikit lebih lancar.

5. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Banyak aplikasi populer menawarkan versi “Lite” yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi lebih rendah.

Penggunaan versi Lite dari aplikasi yang sering digunakan dapat menjadi cara terbaik untuk mempertahankan fungsionalitas tanpa mengorbankan kinerja perangkat.

3 dari 5 halaman

6. Pertimbangkan untuk Custom ROM (Bagi yang sudah berpengalaman)

Custom ROM adalah sistem operasi alternatif yang dibuat oleh komunitas, ROM ini seringkali menawarkan pengalaman yang lebih ringan dan lebih optimal dibandingkan dengan ROM stok yang disediakan oleh pabrikan.

Kendati demikian, memasang custom ROM bisa berisiko, menyebabkan potensi kerentanan keamanan dan membatalkan garansi. Pertimbangkan risiko tersebut sebelum melakukan costum ROM.

7. Kelola Penggunaan Baterai

Meski tidak berhubungan langsung dengan performa, pengelolaan baterai yang baik secara tidak langsung dapat berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih lancar.

8. Gunakan Micro SD yang Berkualitas

Jika smartphone kamu mendukung penyimpanan eksternal, pertimbangkan untuk menggunakan kartu microSD berkualitas tinggi.

Smartphone budget sering kali hadir dengan penyimpanan eMMC yang lebih lambat, kartu microSD yang lebih cepat dapat menjadi solusi untuk mempercepat waktu pembukaan aplikasi dan kecepatan akses data secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

9. Gunakan Launcher Versi Lite

Launcher dengan versi lite menawarkan pengalaman yang lebih lancar dan responsif dibandingkan dengan launcher bawaan yang disediakan oleh pabrikan.

10. Restart Smartphone Kamu secara Berkala

Restart ponsel Android kamu dapat membantu menghapus file sementara dan proses latar belakang yang mungkin menghabiskan sumber daya yang menyebabkan smartphone menjadi lambat.

11. Gunakan Aplikasi Peningkatan Performa (Gunakan secara hati-hati)

Beberapa aplikasi mengklaim dapat meningkatkan kinerja ponsel kamu. Namun, gunakan aplikasi ini dengan hati-hati.

Meskipun beberapa aplikasi mungkin benar-benar meningkatkan performa, namun beberapa aplikasi program lainnya mungkin tidak efektif bahkan berbahaya, sehingga berpotensi berdampak pada stabilitas sistem atau menimbulkan kerentanan keamanan.

12. Root Smartphone Kamu (Bagi yang sudah berpengalaman)

Akses root memungkinkan kamu untuk memodifikasi sistem di luar batasan pabrikan.

Meskipun rooting dapat membuka opsi penyesuaian lanjutan dan yang bisa meningkatkan kinerja dengan menghapus bloatware atau mengubah pengaturan sistem, cara ini sangat rumit dengan risiko besar.

Cara ini dapat membatalkan garansi, menimbulkan kerentanan keamanan, dan berpotensi merusak perangkat jika tidak dilakukan dengan benar.

Hindari melakukan rooting kecuali kamu adalah pengguna berpengalaman yang siap menangani konsekuensinya.

5 dari 5 halaman

13. Gunakan Layanan Penyimpanan Cloud

Layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox menawarkan cara mudah untuk menyimpan foto, video, dan file besar lainnya, sehingga mengosongkan ruang penyimpanan internal di smartphone kamu.

14. Matikan Update Aplikasi Otomatis

Pertimbangkan untuk memperbarui aplikasi secara manual sesuai keinginan atau ketika menggunakan Wi-Fi untuk meminimalkan potensi penurunan performa.

15. Nonaktifkan Widget dan Live Wallpaper

Jika kamu mengalami masalah kinerja, pertimbangkan untuk menggunakan wallpaper statis dan membatasi jumlah widget di layar beranda.

16. Reset Data Pabrik

Jika semuanya tidak berhasil dan smartphone kamu terus mengalami kinerja yang lamban, pertimbangkan untuk melakukan reset pabrik.

Cara ini menghapus semua data dan pengaturan kamu, mengembalikan kondisi perangkat kamu seperti pertama kali menyalakannya.

Pastikan kamu sudah melakukan backup data sebelum melakukan reset.

17. Pertimbangkan Upgrade Smartphone

Meskipun pengoptimalan dapat meningkatkan pengalaman penggunaan secara signifikan, ada saatnya keterbatasan perangkat keras menjadi lebih jelas.

Jika kamu ingin memiliki pengalaman penggunaan smartphone yang nyaman, dan kamu memiliki dana yang cukup, pertimbangkan untuk upgrade smartphone kamu dengan hardware yang lebih kuat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.