Sukses

Apple Watch X Segera Hadir, Berikut Rumor Spesifikasi dan Jadwal Rilisnya

Apple dirumorkan akan merilis Apple Watch X beberapa bulan lagi, smartwatch tersebut kemungkinan akan membawa perubahan desain signifikan dan menggunakan layar microLED.

Liputan6.com, Jakarta - Apple Watch menjadi smartwatch paling populer selama hampir satu dekade. Terbaru dikabarkan Apple akan merilis Apple Watch X sebagai suksesor dari Apple Watch Series 9.

Menurut rumor yang beredar, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Sabtu (2/3/2024), Apple berencana untuk merayakan hari jadi Apple Watch yang ke-10 dengan merilis smartwatch terbarunya. Namun masih belum dapat dipastikan kapan jam tangan tersebut akan rilis.

Sebagai informasi, konsep dari Apple Watch diumumkan pada tahun 2014 tetapi diluncurkan secara global di tahun 2015. Kemungkinan Apple Watch X akan rilis di tahun 2024 atau 2025.

Kemungkinan smartwatch tersebut akan dirilis sebagai Apple Watch Series X dan akan diluncurkan pada musim gugur tahun depan.

Sebagai informasi tambahan, berikut adalah tanggal perilisan Apple Watch dari masa ke masa:

  • Pengumuman Apple Watch: 2014
  • Apple Watch (Series 0): April 2015
  • Apple Watch Series 1 and 2: September 2016
  • Apple Watch Series 3: September 2017
  • Apple Watch Series 4: September 2018
  • Apple Watch Series 5: September 2019
  • Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE: September 2020
  • Apple Watch Series 7: October 2021
  • Apple Watch Series 8, Ultra, dan SE 2022: September 2022
  • Apple Watch Series 9 and Ultra 2: September 2023

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Berubah di Apple Watch X?

Setiap tahun Apple Watch selalu membawa fitur baru yang inovatif dan menarik minat calon pembeli, inovasi tersebut mulai dari GPS, deteksi detak jantung, hingga sensor pengukur suhu badan.

Meskipun membawa fitur menarik, desain dari Apple Watch tidak mengalami perubahan yang berarti. Setiap tahun Apple Watch selalu menggunakan desain persegi panjang membulat dengan strap yang bisa diganti.

Namun di Apple Watch X akan ada perubahan desain yang signifikan. Beberapa bocoran di internet mengungkapkan bahwa Watch X akan membawa perubahan pada desain dan stripe yang digunakan.

Leaker bernama Mark Gurman mengungkapkan bahwa Apple saat ini mengutak-atik cara baru untuk memasang tali jam Apple Watch. Apple dikabarkan akan memperkenalkan sistem magnetis yang meminimalkan gesekan tali jam pada body Apple Watch.

Perubahan tersebut akan menawarkan desain yang lebih tipis dan menghemat lebih banyak ruang untuk komponen internal, seperti baterai yang berpotensi lebih besar.

3 dari 4 halaman

Apple Watch X Usung Layar microLED yang Lebih Jernih dari OLED

Sementara itu, Gurman juga memperkirakan casing Apple Watch X secara umum akan lebih tipis dan Apple juga mungkin sedang mengembangkan layar microLED untuk dipakai di Watch X.

Beberapa rumor awal menyebutkan bahwa layar ini akan hadir di model Watch Ultra berikutnya, tetapi mungkin juga layar tersebut akan debut di Apple Watch X.

Layar MicroLED mengungguli OLED dalam hal warna dan kejernihan, menawarkan kontras yang lebih dalam dan tampilan yang lebih konsisten dari semua sudut.

Meskipun rumor mengenai perubahan desain dari Apple Watch X banyak beredar, Namun Ming-Chi Kuo, analisis dan leaker ternama, menentang rumor yang dibocorkan oleh Gurman.

Menurut Kuo, “Apple Watch pada tahun 2024 kemungkinan tidak akan memiliki pengalaman inovatif yang signifikan."

Ia juga mengklaim tidak akan ada microLED atau pemantauan glukosa darah di jam tangan pintar 2024. Apple mungkin akan menyimpan fitur-fitur tersebut untuk jam tangan berikutnya setelah perangkat tahun 2024.

Masih soal rumor microLED, analis Guillaume Chansin dari DSCC mengklaim Apple membatalkan proyek microLED dengan salah satu pemasoknya, AMS OSRAM.

Chansin menambahkan bahwa microLED direncanakan untuk memperingati 10 tahun Apple Watch, namun kemajuannya lambat dan perusahaan menyadari perlunya penundaan jika kemajuan yang diharapkan belum terpenuhi. 

4 dari 4 halaman

Apple Watch X akan Miliki Fitur Deteksi Tekanan Darah dan Deteksi Apnea Tidur

Rumor terkahir yang beredar menjelaskan bahwa Apple juga diyakini sedang berupaya menghadirkan pemantauan tekanan darah ke Apple Watch.

Leaker tepercaya Mark Gurnam mengemukakan bahwa fitur ini kemungkinan akan hadir di pergelangan tangan pada tahun 2024, sehingga mungkin siap untuk hadir di Watch X.

Gurman mengingatkan bahwa fitur tersebut hanya akan memberi tahu pengguna jika tekanan darah cenderung meningkat.

Gurman lebih lanjut menambahkan bahwa Watch X juga dapat menerima detektor apnea tidur. Fitur ini dilaporkan akan mengukur pola pernapasan pengguna untuk menentukan apakah mereka memiliki kondisi tersebut.

Harga Apple Watch X sulit diperkirakan. Sejak Series 3, setiap generasi Apple Watch hadir dengan banderol harga mulai USD 399. Sementara itu, lini Apple Watch Ultra diluncurkan dengan harga USD 799.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini