Sukses

Kunjungi MWC 2024 di Barcelona, Menkominfo Budi Arie Setiadi Berharap Partisipasi Indonesia Tahun Depan

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengunjungi pameran teknologi Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol. Budi Arie juga berharap Indonesia bisa berpartisipasi dalam showcase di MWC tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Menkominfo Budi Arie Setiadi menghadiri pameran telekomunikasi terbesar di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol. 

Pameran ini berlangsung mulai 26 hingga 29 Februari 2024. Dalam kunjungannya, Menkominfo menyebut MWC merupakan perhelatan dunia yang mempertemukan pelaku industri komunikasi seluler global, produsen perangkat, penyedia teknologi, vendor, pemilik konten, dan komunitas yang antusias dengan teknologi manusia. 

"Dengan mengikuti MWC 2024, pemerintah mendukung pelaku industri telekomunikasi seluler Tanah Air agar bisa melangkah maju dan menjalin kerja sama saling menguntungkan dengan pelaku bisnis global," kata Budi Arie Setiadi, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (29/2/2024). 

Selain mengunjungi pameran, Budi Arie juga akan menghadiri Roundtable Session dengan tema “Konektivitas yang Tangguh untuk Negara Kepulauan”.

Budi Arie Setiadi juga dijadwalkan melakukan audiensi dan makan malam bersama diaspora di Barcelona, termasuk ada pertemuan lainnya dengan Sekretaris Jenderal ITU dan Direktur Biro Komunikasi Radio (BR). 

Selanjutnya, Menkominfo akan meluncurkan Metaverse Research & Experience Center (MREC) Telkom University di MWC 2024.

Budi Arie Setiadi berharap Indonesia bisa berpartisipasi dengan membuka stan khusus Indonesia di ajang pameran dagang tahunan MWC tahun depan. 

"Sudah diskusi dengan beberapa Dirjen. Kita harapkan Indonesia bisa partisipasi dalam acara MWC tahun depan. Kita rencanakan tahun depan ada stan Indonesia,” kata Budi Arie Setiadi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harap Indonesia Berpartisipasi Tahun Depan

Menurutnya, kemajuan teknologi yang dipamerkan di MWC 2024 memiliki arti penting bagi masyarakat Indonesia yang tengah menjalani percepatan transformasi digital. 

"Kemajuan teknologi harus kita maknai untuk membuat masyarakat Indonesia makin produktif, makin bisa menjadikan kemajuan teknologi ini jadi kemajuan Indonesia," ia mengungkap. 

Kecanggihan teknologi yang dipamerkan di MWC 2024 menunjukkan investasi infrastruktur digital yang menjanjikan yang berpeluang besar untuk diterapkan di Indonesia. 

3 dari 4 halaman

Peluang untuk Perkenalkan Bisnis Indonesia

Dubes RI untuk Spanyol Muhammad Najib menyebutkan, pembukaan showcase Indonesia di MWC akan memungkinkan pelaku bisnis dari Indonesia untuk menunjukkan hasil karya dalam negeri agar lebih dikenal di kancah internasional. 

"Pelaku bisnis harus dilibatkan karena berbagai bentuk aplikasi atau produksi yang dibuat di Indonesia perlu diperkenalkan. Kita bisa mendapatkan partner dari luar negeri untuk bisa mengakselerasi IT kita agar bisa berkembang lebih cepat," katanya. 

4 dari 4 halaman

Tentang MWC 2024

MWC 2024 menghadirkan sekitar 2.400 peserta pameran dengan 1.100 pembicara. Diperkirakan ada 95.000 pengunjung dari seluruh dunia yang menghadiri konferensi ini. 

Sekadar informasi, salah satu topik yang jadi perhatian ekosistem telekomunikasi global di MWC 2024 adalah kecerdasan buatan atau artificial intelligence untuk perangkat dan jaringan telekomunikasi, kemajuan teknologi 5G, 6G, dan peningkatan konektivitas. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.