Sukses

Tim Cook Sebut Soal AI, Apple Bakal Kembangkan AI Generatif untuk Saingi ChatGPT?

CEO Apple Tim Cook menyebut tentang AI, apakah ini jadi tanda kalau Apple mulai langkah pengembangan AI generatif untuk bersaing dengan ChatGPT?

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple Tim Cook belum lama ini punya pesan buat Wall Street. Ia meyakini Apple bakal membuka terobosan baru dalam hal AI generatif tahun ini.

Komentar terbaru Cook soal AI tersebut muncul selama rapat pemegang saham tahun Apple.

Mengutip 9to5Mac, Kamis (29/2/2024), dalam pertemuan tersebut, terdapat laporan tentang AI dan etikanya.

Ini merupakan teaser kedua CEO Apple mengenai AI yang keluar dari perusahaan sepanjang bulan ini.

Sekadar informasi, beberapa minggu lalu, Tim Cook menjanjikan pengumuman berkaitan tentang AI milik Apple yang akan dilakukan pada akhir tahun ini. Kemungkinan pengumuman akan dilakukan di konferensi pengembang WWDC pada Juni nanti.

Pada saat itulah, perusahaan bakal mengungkap soal sistem operasi terbarunya, iOS 18. Menurut Mark Gurman di Bloomberg, iOS 18 salah satunya akan fokus pada AI.

Sementara, pada musim gugur lalu, Apple secara singkat telah menyebutkan AI generatif saat memperkenalkan fitur koreksi otomatis dan prediksi teks baru di platformnya.

Namun pertanyaannya, apakah Cook benar-benar akan fokus pada upaya AI di tahun ini atau ia bermaksud agar Apple membuat terobosan baru dalam teknologi AI-nya tahun ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mau Saingi ChatGPT?

Sementara itu, para investor mendengar adanya pesan dari Cook, bahwa mereka perlu bersikap positif terhadap saham. Apalagi kemarin ada informasi kalau proyek mobil listrik Apple Car dihentikan dan perusahaan disebut sedang fokus ke AI.

Bisa jadi memang kini Apple mulai berfokus mengembangkan AI mereka dan memasuki kompetisi dengan ChatGPT milik OpenAI serta Gemini Google.

Apalagi, Apple selama ini terbilang sudah memiliki akses tingkat sistem ke platformnya yang dianggap mampu 'memberdayakan' pengalaman ekosistem Apple. Belum lagi chipset silikon yang dirancang sesuai kebutuhan perangkat yang ditenagainya.

3 dari 4 halaman

Siri Bakal Pakai AI Generatif Biar Lebih Pintar?

iOS 18 dirumorkan akan didukung fitur AI generatif untuk Siri, Shortcut, Messages, Apple Music, Pages, dan lain-lain.

Pada laporan pendapatan Februari 2024, CEO Apple Tim Cook mengatakan, perusahaan tengah mengembangkan AI generatif dan bakal mengungkapnya pada tahun ini.

Sementara, Mark Gurman dari Bloomberg bilang, AI generatif akan meningkatkan Siri dan Messages dalam menjawab pertanyaan dan melengkapi kalimat.

Lain halnya dengan Wayne Ma dari The Information yang mengatakan Apple mengembangkan model bahasa luas ke Siri yang memungkinkan pengguna mengotomatisasi tugas-tugas kompleks. Fitur ini juga akan melibatkan integrasi yang lebih dalam dengan Shortcuts.

Adapun AI generatif meningkat popularitasnya sejak OpenAI rilis ChatGPT pada 2022. Google hingga Microsoft juga merilis tool serupa.

Fitur AI generatif pada iOS 18 ini mungkin akan jadi fitur eksklusif di iPhone 16, di mana ponsel ini dirumorkan akan hadirkan Neural Engine.

4 dari 4 halaman

Perubahan Drastis di iOS 18

Apple meyakini kalau iOS 18 memiliki potensi sebagai software update paling besar dalam sejarah iPhone. Demikian menurut Mark Gurman dari Bloomberg.

"Saya diberitahu kalau sistem operasi yang baru ini dilihat perusahaan sebagai salah satu update iOS terbesar dalam sejarah perusahaan," katanya.

Kabarnya, iOS 18 dan iPadOS 18 akan dilengkapi elemen desain yang terinspirasi visionOS. Misalnya, menurut laporan The Verifier, klaim bahwa Apple TV pada iPadOS 18 akan dilengkapi navigator bar transparan seperti yang diperkenalkan pada versi TVOS 17.2 pada 2023.

Desain menu tersebut cukup mirip dengan VisionOS, sistem operasi baru yang berjalan pada headset Mixed Reality Apple Vision Pro.

Apple juga disebut berencana mendesain ulang berbagai sistem menu dan aplikasi built-in di iOS 18, termasuk di antaranya Safari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.