Sukses

Bocoran Samsung Galaxy A55, Bawa Desain Premium dan Peningkatan Performa

Samsung Galaxy A55 akan segera rilis, rumor mengenai smartphone tersebut kian menguat. Galaxy A55 tersebut menghadirkan peningkatan dari generasi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah bocoran mengungkapkan bahwa Samsung Galaxy A55 akan segera rilis. Smartphone tersebut dikabarkan akan mendapat peningkatan performa dan desain yang lebih premium.

Tahun lalu, Samsung Galaxy A54 menjadi salah satu smartphone mid-range Samsung paling diminati. Saat itu Galaxy A54 menjadi pilihan konsumen karena smartphone tersebut merupakan ponsel all-rounder di harga yang cukup kompetitif.

Tahun ini, penerus Galaxy A54 tak lama lagi akan dirilis, beberapa bocoran mengenai Galaxy A55 tersebar luas di internet.

Dikutip dari Android Authority, Rabu (28/2/2024), leaker dengan nickname Winfuture memberikan gambaran lebih luas mengenai Galaxy A55. Smartphone tersebut menghadirkan peningkatan dari generasi sebelumnya.

Sebelumnya, bocoran render menunjukkan bahwa Galaxy A55 kemungkinan akan menggunakan bahasa desain flat. Desain Galaxy A55 dikabarkan mirip dengan desain Galaxy S24.

Bocoran yang tersebar menguatkan asumsi tersebut, berdasarkan informasi, Samsung Galaxy A55 mempertahankan setup desain tiga kamera yang disejajarkan secara vertikal di bagian belakang.

Galaxy A55 kemungkinan akan mendapatkan peningkatan material yang signifikan. Frame Galaxy A55 akan menggunakan material alumunium.

Peningkatan materai dari Galaxy A55 berpengaruh pada bobot smartphone tersebut. Galaxy A55 memiliki bobot 213 gram, 11 gram lebih berat dari Galaxy A54.

Frame metal yang digabungkan dengan bodi belakang berbahan kaca, menjadikan Galaxy A55 memiliki desain premium.

Terdapat sedikit peningkatan ukuran Samsung Galaxy A55. HP Android tersebut dikabarkan akan memiliki ukuran 161,1 x 77,4 x 8,2 mm. Sementara, Galaxy A54 yang rilis tahun lalu berukuran 158,2 x 76,7 x 8,2 mm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Hardware di Galaxy A55

Sementara itu dari sisi layar, Galaxy A55 akan mendapat peningkatan ukuran layar dibandingkan generasi sebelumnya. A55 diperkirakan memiliki layar yang sedikit lebih besar dengan ukuran 6.6 inci Super AMOLED dengan refresh rate 120Hz.

Selain itu, Galaxy A55 akan memiliki sertifikasi IP67 tahan air dan debu, pemindai sidik jari dalam layar, dan stereo speaker seperti pendahulunya.

Pada Galaxy A55 akan ditanamkan chipset Exynos 1480, chipset tersebut memiliki empat core high-performance dengan clock speed 2.75 GHz, dan empat core efisiensi daya dengan clock speed 2.4 GHz.

Spesifikasi yang dibawa Galaxy A55 mengalami peningkatan dari Exynos 1380 yang ditanamkan di Galaxy A54, yang memiliki clock speed  mencapai 2.4 GHz. 

Meskipun Galaxy A55 memiliki peningkatan dari generasi sebelumnya, kemampuan smartphone ini masih perlu diuji dengan benchmark, sekaligus pengujian penggunaan real-life untuk melihat performa Exynos 1480 dalam hal performa dan multitasking.

3 dari 4 halaman

Kamera Galaxy A55 Tidak Berubah dari Galaxy A54

Dalam segi fotografi, Galaxy A55 menghadirkan komposisi kamera yang tidak berubah dari generasi sebelumnya. 

Kamera utama Galaxy A55 menggunakan lensa 50MP dengan aperture f/1.8 dan optical image stabilization.

Lensa tersebut ditambah dengan 12MP dengan aperture f/2.2 dan 5MP kamera makro dengan aperture f/2.4.

Kamera depan dari Galaxy A55 juga tidak mengalami peningkatan, Galaxy A55 tetap menggunakan sensor 32MP, sama seperti pendahulunya.

Meskipun bocoran mengenai kamera Galaxy A55 tidak menunjukkan perubahan dari generasi sebelumnya, Samsung kemungkinan akan meningkatkan pemrosesan gambar atau  teknologi pada sensor kamera.

 

4 dari 4 halaman

Fitur dan Varian Penyimpanan Internal Galaxy A55

Fitur yang sebelumnya belum ada di lini Galaxy A, yakni wireless charging dikabarkan akan muncul di Galaxy A55. Fitur tersebut dinanti karena wireless charging merupakan fitur yang sudah lama ditunggu-tunggu.

Dari segi software, Galaxy A55 dirumorkan akan hadir dengan Android 14 berbalut Samsung One UI 6. 

Flagship Samsung seri S tahun membuat gebrakan dengan meluncurkan fitur AI berlimpah yang dimasukkan ke dalam software One UI. Namun beberapa fitur AI mungkin tidak tersedia di lini mid-range Samsung.

Galaxy A55 dirumorkan hadir dengan dua varian. Varian dasar Galaxy A55 diharapkan hadir dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB, sedangkan varian yang lebih tinggi akan hadir dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.