Sukses

WhatsApp Bakal Setop Layanan ke Sejumlah HP Xiaomi Lawas, Apa Saja?

WhatsApp berencana menghentikan layanannya pada sejumlah HP Xiaomi keluaran lama mulai 1 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan berencana untuk layanan mereka secara total di beberapa HP Xiaomi keluaran lama. Sebab, menurut aplikasi chatting itu, persyaratan sistem minimun penggunaan aplikasi di Android akan meningkat. 

Sebelumnya, pengguna dengan perangkat yang menjalankan Android Jelly Bean 4.1 atau lebih baru masih dapat mengakses aplikasi WhatsApp.

Kendati demikian, mulai 1 Maret 2024, WhatsApp hanya akan berjalan dengan perangkat yang menjalankan Android 5.0 Lollipop atau versi lebih baru, sebagaimana dikutip dari GizChina, Selasa (27/2/2024).

Adanya pembaruan ini secara tidak langsung berpengaruh pada sejumlah besar HP Xiaomi lama yang tidak bisa lagi menjalankan aplikasi tersebut. 

Nantinya, pengguna dengan perangkat yang terdampak akan menerima pemberitahuan langsung dari WhatsApp. 

Dengan adanya pembaruan regulasi ini, pengguna perangkat Xiaomi yang menjalankan Android versi lebih lama dari 5.0 tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp setelah 1 Maret 2024. 

Dijelaskan, tidak ada solusi alternatif untuk terus menggunakan aplikasi chatting tersebut. Karenanya, pengguna yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp hanya memiliki dua opsi. 

Opsi pertama adalah mengganti perangkat mereka ke model yang sudah menjalankan Android versi terbaru, setidaknya versi Android 5.0 ke atas. Pilihan lain adalah beralih ke aplikasi chatting lain. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Dilakukan agar Tetap Bisa Menggunakan WhatsApp

Meskipun sebagian besar pengguna mungkin tidak terpengaruh oleh perubahan ini, penting bagi pengguna perangkat Android lama untuk mengetahui pembaruan yang akan datang.

Jika kamu memiliki HP Xiaomi yang menjalankan versi Android dibawah versi 5.0, kamu akan kehilangan akses ke WhatsApp setelah 1 Maret 2024.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap dapat menggunakan WhatsApp

Periksa versi Android, untuk memeriksa versi Android pada perangkat Xiaomi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi pengaturan di smartphone Xiaomi
  • Ketuk "About Phone"
  • Temukan bagian "Android Version" untuk memeriksa versi spesifik yang diinstal pada perangkat kamu.

Jika perangkat kamu mendapatkan update Android ke versi yang lebih baru, segera unduh pembaruan tersebut agar masih bisa menggunakan WhatsApp.

Namun apabila perangkat kamu tidak mendapat update Android ke versi yang lebih baru, pertimbangkan untuk berganti ke perangkat yang lebih baru.

 

3 dari 4 halaman

Alasan WhatsApp Terus Gulirkan Update

Alasan di balik keputusan WhatsApp untuk memperbarui kebijakannya adalah sebagai berikut:

  • Masalah keamanan: Android versi lama mungkin memiliki kerentanan dan kelemahan keamanan yang dapat dieksploitasi pelaku kejahatan.
  • Kompatibilitas dengan fitur-fitur baru: Versi Android yang lebih baru memperkenalkan fungsi dan fitur yang mungkin tidak dapat didukung secara efektif oleh versi lama.
  • Keterbatasan sumber daya: Mempertahankan kompatibilitas dengan berbagai sistem operasi lama dapat menghabiskan banyak sumber daya bagi developer.
  • Mendorong penggunaan perangkat yang lebih baru: Dengan menetapkan persyaratan minimum yang lebih tinggi, WhatsApp secara tidak langsung dapat mendorong pengguna melakukan upgrade ke perangkat yang lebih baru dengan fitur dan fungsi keamanan terbaru.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Hoaks yang Tersebar Melalui WhatsApp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini