Sukses

Qualcomm Menggebrak MWC 2024 dengan Platform AI dan 5G Generasi Baru

Qualcomm menggebrak MWC 2024 dengan platform AI dan konektivitas 5G generasi baru diprediksi akan mempercepat transformasi digital, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mengantarkan konvergensi AI dan konektivitas ke era baru.

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja mengumumkan sejumlah teknologi baru dalam hal teknologi Generatif AI, komputasi cerdas, dan konektivitas nirkabel di Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024.

Perusahaan meyakini, teknologi baru ini dapat mempercepat transformasi digital, mendorong pertumbuhan ekonomi baru, dan mengantarkan konvergensi kecerdasan buatan (AI) dan konektivitas ke era baru.

Generatif AI: Peluang Ekonomi Triliunan Dolar

Qualcomm memprediksi generatif AI akan memiliki dampak signifikan di berbagai industri, dengan potensi menghasilkan USD 2,6 triliun hingga USD 4,4 triliun per tahun.

"Masa depan Generatif AI adalah hybrid, dengan kecerdasan on-device bekerja sama dengan cloud untuk memberikan personalisasi, privasi, keandalan dan efisiensi yang lebih baik," kata," ungkap Cristiano Amon, Presiden and CEO, Qualcomm Incorporated, dalam keterangannya, Selasa (27/2/2024).

Cristiano menyebutkan, "Konektivitas sangat penting untuk membantu Generatif AI berkembang dan meluas ke seluruh cloud, edge, dan perangkat, dan solusi-solusi AI memungkinkan kami untuk menghadirkan konektivitas generasi berikutnya yang dapat mendukung era AI Generatif ini."

Untuk mendukung perkembangan ini, Qualcomm menghadirkan:

Qualcomm AI Hub:

Platform lebih dari 75 model AI teroptimasi untuk perangkat Snapdragon dan Qualcomm, di mana pengembang dapat mengintegrasikan model ini ke dalam aplikasi mereka.

Dengan begini, waktu pengembangan lebih cepat dan menghadirkan manfaat kecerdasan buatan on-device seperti kecepatan, keandalan, privasi, personalisasi, dan penghematan biaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konektivitas Nirkabel Generasi Berikutnya

Logo Qualcomm Snapdragon di CES 2017. Liputan6.com/Corry Anestia

Qualcomm juga meluncurkan platform modem-to-antenna 5G tercanggih di dunia, Snapdragon X80 5G Modem-RF System. Platform ini menghadirkan:

  • Kemampuan 5G-Advanced: Mendukung kecepatan data lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan cakupan lebih luas.
  • Komunikasi Satelit NB-NTN: Konektivitas ke jaringan non-terestrial untuk area yang tidak terjangkau oleh sinyal seluler.
  • Akselerator Tensor: Meningkatkan throughput, kualitas layanan, cakupan, latensi, efisiensi spektrum, dan efisiensi daya.

FastConnect 7900: Sistem konektivitas seluler pertama yang menghadirkan:

  • Kinerja yang dioptimalkan oleh AI: Mengadaptasi dengan kasus penggunaan dan lingkungan tertentu untuk optimasi konsumsi daya, latensi jaringan, dan throughput.
  • Teknologi Wi-Fi 7, Bluetooth, dan Ultra Wideband: Terintegrasi dalam satu chip untuk konektivitas yang lebih cepat, lebih stabil, dan lebih aman.

 

3 dari 3 halaman

Demonstrasi Teknologi Terdepan

Ilustrasi Qualcomm Snapdragon (Foto: Ist)

Qualcomm memamerkan berbagai demonstrasi teknologi terdepan di MWC Barcelona, termasuk:

  • Large Multimodal Model (LMM) pertama di dunia dengan lebih dari 7 miliar parameter pada smartphone Android.
  • Stable Diffusion with Low Rank Adaptation (LoRA): Teknik yang memungkinkan Generatif AI on-device yang lebih baik.
  • LMM dengan lebih dari 7 miliar parameter pada PC Windows yang menerima input teks dan audio dan menghasilkan percakapan multi-turn.

Inovasi Qualcomm di berbagai perangkat:

  • Smartphone baru dan mendatang
  • PC Windows
  • Mobil
  • Wearable

Produk dan teknologi lain yang dipamerkan:

  • Qualcomm 5G Fixed Wireless Access Ultra Gen 3 Platform
  • Qualcomm Infrastructure Processors
  • Pencapaian penelitian nirkabel kelas dunia
  • Snapdragon Auto Connectivity Platform with Wi-Fi 7

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini