Sukses

Akses Browsing Berita di Jaringan XL Naik Drastis Saat Pemilu 2024

XL Axiata mengungkap trafik data di jaringan mereka naik 14 persen selama momentum Pemilu dengan peningkatan akses terbanyak di streaming, media sosial, hingga akses browsing berita.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler mendulang peningkatan trafik penggunaan layanan internet pada momen Pemilu 2024.

XL Axiata menyebut, hasil monitoring puncak trafik internet atau layanan data terjadi pada saat pencoblosan yakni tanggal 14 Februari 2024, dengan kenaikan trafik sebesar 11 persen dibandingkan hari normal.

Data XL Axiata memperlihatkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan selama momentum Pemilu 2024.

Dari keseluruhan trafik layanan data selama Pemilu 2024, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktivitas web browsing. Kemudian akses ke streaming, dan perpesanan instan.

XL juga mencatat kalau trafik layanan news browsing mengalami peningkatan 156 persen di momen Pemilu 2024 dibandingkan trafik pada hari normal.

Sejumlah media sosial populer juga mengalami peningkatan akses saat Pemilu. Antara lain adalah TikTok dengan kenaikan trafik 20 persen, Instagram naik 16 persen, dan YouTube meningkat 9 persen.

Adapun peningkatan trafik pesan WhatsApp tercatat sebesar 16 persen. Begitu pula dengan layanan XL Satu Fiber yang mengalami kenaikan trafik sebesar 8 persen dibandingkan dengan hari normal. Ini karena masyarakat banyak yang memantau hasil Pemilu di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

XL Nyatakan Tak Ada Gangguan Layanan Saat Momentum Pemilu 2024

Masih data perusahaan, dikatakan kalau di Kabupaten Brebes terjadi peningkatan trafik internet hingga 21 persen. Peningkatan tinggi terjadi di Kabupaten Serang Banten hingga 18 persen, dan Kabupaten Subang Jawa Barat sebesar 17 persen.

Adapun berdasarkan provinsi, kenaikan trafik data tertinggi di Jawa Tengah sebesar 15 persen, Sumatera Utara sebesar 13 persen, dan Jawa Barat 11 persen.

Perusahaan juga menyebutkan kalau sepanjang pekan Pemilu, jaringan XL terjaga dengan baik.

"Tidak mengalami gangguan sama sekali," kata Group Head Corporate Communications XL Axiata Reza Mirza melalui keterangan resmi, Sabtu (24/2/2024).

Lebih lanjut Reza mengatakan, XL telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang mencukupi guna mengatasi lonjakan trafik di momen Pemilu.

3 dari 4 halaman

Jaringan XL Dukung F1 Powerboat di Danau Toba

Selain event Pemilu, layanan XL Axiata juga siap mendukung event internasional F1 Powerboat 2024 di Danau Toba, Sumatera Utara pada 2-3 Maret mendatang.

Group Head XL Axaita West Region, Desy Sari Dewi, menyatakan bahwa F1 Powerboat 2024 merupakan acara bergengsi yang diselenggarakan di Indonesia.

"XL Axiata siap memberikan dukungan penuh melalui penyediaan jaringan internet dan telekomunikasi berkualitas tinggi," ujarnya.

Menurut Desy, acara ini berpotensi meningkatkan penggunaan layanan data di sekitar Danau Toba, mengingat setiap acara yang diselenggarakan juga bertujuan untuk meningkatkan pariwisata.

Selain itu, peningkatan aktivitas juga dapat terjadi mulai dari Medan dan sepanjang jalur transportasi menuju Danau Toba.

 

4 dari 4 halaman

Jaringan XL Axiata Lingkupi 1.150 Desa di Sumatera Utara

Di sekitar Danau Toba, termasuk Pulau Samosir, jaringan 4G XL Axiata telah mencakup lebih dari 1.150 desa dan 103 kecamatan.

Jaringan 4G XL tersebar di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasunduta, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Samosir.

Totalnya, terdapat lebih dari sekitar 460 BTS 4G yang melayani pelanggan di seluruh area tersebut.

Sekadar informasi, secara keseluruhan saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebesar 57,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS. Mayoritas merupakan BTS 4G, selain itu XL juga didukung jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km.

Fiber optik ini menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya. Tujuannya adalah meningkatkan kestabilan, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.