Sukses

Cara Batalkan Pesan iMessage yang Terlanjur Terkirim di iPhone

Sejak iOS 16 diluncurkan, Apple memperkenalkan fitur yang memungkinkan pemilik iPhone membatalkan pengiriman iMessage dalam waktu dua menit setelah pengirimannya.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone memiliki fitur yang dapat memungkinkan pengguna menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirimkan ke orang lain.

Hal ini tentu sangat membantu, karena mengirimkan pesan ke orang yang salah dapat menimbulkan berbagai macam masalah, mulai dari rasa malu hingga konsekuensi berat di kehidupan nyata.

Beruntung, seperti dikutip dari Engadget, Senin (26/2/2024), sejak iOS 16 diluncurkan, Apple memperkenalkan fitur yang memungkinkan pemilik iPhone membatalkan pengiriman iMessage dalam waktu dua menit setelah pengirimannya.

Nah untuk mengetahui cara membatalkan pengiriman pesan di perangkat Apple, simak langkah-langkahnya berikut ini: 

Cara Membatalkan Pesan yang terkirim di iPhone

Perlu diingat, fitur batalkan pengiriman ini hanya berfungsi di iMessage. Karenanya, chat SMS biasa yang sudah terkirim tidak bisa dibatalkan.

Berikut adalah cara untuk membatalkan pengiriman pesan iMessage yang ada di iPhone:

  • Buka aplikasi Messages di iPhone
  • Pilih rangkaian percakapan dengan pesan yang ingin dihapus.
  • Tekan dan tahan jari pada gelembung pesan yang pengirimannya ingin dibatalkan.
  • Ketuk Undo Seen di menu pop-up. (Setelah pesan dibatalkan, kamu akan melihat animasi balon meletus.)

Kemudian, peringatan “You unsent a message” akan muncul dalam teks abu-abu kecil, dan penerima akan melihat pemberitahuan serupa.

Kendati demikian, perlu diingat, fitur ini hanya bisa diakses dalam waktu dua menit setelah pesan dikirim. Fitur ini akan sudah bisa diakses di iPhone yang menjalankan minimal iOS 16 atau iPadOS 16.

Apabila kamu tidak melihat opsi tersebut, kamu harus memastikan kalau iPhone milikimu sudah menjalankan iOS terbaru.

Kamu dapat memeriksa iOS yang terpasang di iPhone dengan membuka Settings > General > About > iOS version.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iOS Versi Lama Masih Bisa Membaca Pesan yang Terhapus

Kendati demikian, salah satu kelemahan yang membuat frustasi pada fitur batalkan pengiriman pesan adalah jika orang yang menerima pesan masih menjalankan iOS versi lawas, atau sebelum 2022.

Dengan demikian, mereka masih dapat melihat pesan yang dihapus. Karenanya, fitur ini baru berlaku apabila kedua perangkat sama-sama menjalankan setidaknya iOS 16. 

 

Cara Menghapus Pesan di Mac OS

Nah, cara untuk menghapus pesan di Mac hampir mirip dengan cara di iOS atau iPadOS.

Agar dapat menghapus pesan di Mac, perangkat yang digunakan harus menjalankan setidaknya macOS Ventura, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini : 

  • Buka aplikasi Messages di Mac.
  • Pilih percakapan dengan isi pesan yang ingin dihapus.
  • Pilih Undo Seen. (Setelah pesan dibatalkan, pengguna akan melihat animasi balon meletus.) Peringatan (“You unsent a message”) muncul, dan penerima akan melihat pemberitahuan serupa.

Mac yang digunakan harus menggunakan macOS 13 atau lebih baru, dan perangkat penerima harus menggunakan setidaknya iOS 16, iPadOS 16.1, atau macOS Ventura.

3 dari 4 halaman

Pertanyaan Mengenai Fitur Undo Seen

Berapa lama pengguna harus membatalkan pengiriman pesan di iPhone?

Pengguna memiliki waktu dua menit setelah mengirim iMessage untuk membatalkan pengirimannya.

Bagaimana cara melihat pesan yang dibatalkan di iPhone?

Biasanya pengguna tidak dapat melihat pesan setelah membatalkan pengirimannya.

Namun, jika pengguna memiliki perangkat Apple yang menjalankan perangkat lunak sebelum tahun 2022, pesan tersebut mungkin masih tersedia di perangkat tersebut.

Bisakah pengguna memulihkan pesan sudah dibatalkan?

Tidak, saat ini tidak ada cara resmi untuk mengirim ulang pesan yang sudah dibatalkan. 

Cara yang akan bisa dilakukan adalah jika pengguna memiliki perangkat lain (yang ter-log in ke akun iMessage saat pengguna mengirim pesan) yang menjalankan firmware Apple sebelum 2022.

Bisakah pengguna membatalkan pengiriman pesan di iPhone setelah dibaca?

Ya. Status pesan telah dibaca/belum dibaca tidak memengaruhi kemampuan pengguna untuk membatalkan pengirimannya, selama pesan yang dibatalkan adalah chat iMessage (dan perangkat dengan software Apple terbaru).

Satu-satunya batasan dalam pembatalan pesan yang terkirim adalah pengguna wajib membatalkan pengirimannya dalam jangka waktu dua menit.

4 dari 4 halaman

Google Mengejek Apple, Sebut iMessage Mirip dengan Pager

Di sisi lain, Google kembali menyuarakan kampanyenya yang bertajuk "Get the Message". Kampanye ini dibuat untuk menekan Apple agar mengadopsi protokol perpesanan Rich Communication Services (RCS).

Dikutip dari Android Authority, Senin (25/9/2023), video tersebut menunjukkan perangkat buatan bernama iPager.

Pager merupakan teknologi perpesanan yang sudah ketinggalan zaman, seperti yang dipakai Apple saat mengirim pesan teks dengan Android.

Google mengkritik Apple karena kurangnya inovasi, serta mengatakan hal itu menyebabkan “mimpi buruk teknologi modern.”

Sebagai informasi, perseteruan antara layanan SMS RCS yang ditawarkan Google dan iMessage dari Apple memang sangat terasa di Amerika Serikat. Sebab, pengguna iPhone di AS mengandalkan iMessage untuk berkirim pesan.

Hal tesebut membuat pengguna Android tidak bisa mendapatkan pengalaman berkirim pesan yang ketika berkomunikasi dengan pengguna iPhone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.