Sukses

Android 15 Segera Hadir! Janjikan Keamanan Data Lebih Ketat, Versi Beta Siap Diuji Coba

Android 15 DP baru saja dirilis untuk pengembang dengan fokus pada keamanan data dan fitur berbagi layar sebagian. Versi Beta segera hadir!

Liputan6.com, Jakarta - Android 15 preview baru saja digulirkan ke para pengembang aplikasi, disertai dengan versi terkini Google Privacy Sandbox.

OS Android 15 versi Developer Preview (DP) ini akan mengawali deretan pembaruan, mulai dari Beta, Platform Stability, dan akhirnya dirilis resmi pertama untuk perangkat Google pada Agustus 2024.

Seperti fase DP sistem operasi milik Google sebelumnya, masih belum ada fitur baru yang akan diperkenalkan, sebagaimana dilansir GSM Arena, Minggu (18/2/2024).

Ini karena, Android 15 DP ditujukan untuk para pengembang sehingga aplikasi dan game buatan mereka dapat berjalan mulus di OS Android 15 tersebut.

Meski begitu, ada fitur menarik yang didukung OS baru Google ini, yaitu berbagi layar sebagian.

Saat Android 15 dirilis, pengguna dapat merekam layar atau membagikan sebagian layar mereka saat membuka aplikasi, bukan seluruh layar perangkat.

Di Android 14, Google memperkenalkan fitur privasi serupa yang biasa digunakan pengguna iOS tahun lalu, dan tampaknya Android 15 akan melakukan hal serupa dengan beberapa perubahan baru.

Seperti disebutkan, privasi atau keamanan data pengguna menjadi fokus utama Google sejak peluncuran Android 14.

Kala itu, perusahaan memperkenalkan Privacy Sandbox. Ini adalah proyek untuk menjaga privasi pengguna di perangkat Android, dan mencipatakan "pengalaman iklan pribadi untuk aplikasi seluler".

OS baru ini juga memiliki pembaruan bagi pengembang untuk mengamankan integritas file aplikasi mereka, sehingga tidak rusak atau dimodifikasi oleh malware.

Android 15 versi DP dapat diunduh di situs pengembang Android sejak 15 Februari 2024, dan kemungkinan akan diluncurkan secara resmi pada musim gugur ketika Google merilis ponsel Pixel baru dan perangkat Pixel lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Siapkan Pixel 8a

<p>Google Siapkan Pixel 8a, Versi Murah dari Pixel 8 Series dengan Chipset Tensor G3. (Doc: OnLeaks/SmartPrix)</p>

Google Pixel 8 dan 8 Pro baru saja diumumkan pada 6 September 2023, namun bocoran tentang model Pixel 8a sudah beredar di internet.

Informasi Pixel 8a ini diungkap lewat gambar render yang dibagikan oleh OnLeaks dan SmartPrix, dan terlihat memang HP Google ini memiliki bodi serupa dengan Pixel 8.

 Selain berbagi nama, Pixel 8a ini memang terlihat serupa dengan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Paling terlihat jelas adalah sisi HP Android sama-sama bulat, dan layar datar.

Serupa dengan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, terlihat juga modul kamera khas Pixel di bagian belakang lengkap dengan LED. 

Mengutip GSM Arena, Selasa (10/10/2023), HP Android memiliki bodi berukuran 152,1 x 72,6 x 8,9mm, dengan bentang layar 6.1 inci dan kamera selfie di sisi tengah layar.

Berdasarkan benchmark pada Agustus 2023, Pixel 8a beroperasi dengan chipset Tensor G3 yang juga terpasang di duo Pixel 8 series.

Bedanya, kecepatan di ponsel Google ini diturunkan. Pixel 8a juga akan didukung RAM 8GB dan sudah beroperasi dengan OS Android 14.

Sayangnya, belum diketahui apakah Pixel 8a ini juga akan mendukung update OS selama 7 tahun seperti di Pixel 8 dan 8 Pro. Akan menarik untuk melihat berapa harga Pixel 8a saat dijual nanti.

Bila masih mengusung varian "terjangkau" dari model utamanya, besar kemungkinan HP Google ini akan dijual di bawah USD 699. 

3 dari 4 halaman

Cek Spesifikasi dan Harga Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

<p>Cek Spesifikasi dan Harga Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang Baru Dirilis. (Doc: Google)</p>

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro akhirnya diumumkan dengan berbagai peningkatan, mulai dari hardware hingga fitur di dalam ponsel.

Adapun Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro sama-sama hadir dengan chipset Tensor G3. Bedanya, Pixel 8 hadir dengan RAM 8GB sedangkan varian Pro paling tinggi 12GB.

Kedua ponsel baru Google ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP68, sehingga tahan air dan debu. Berikut adalah penjelasan lengkap dari kedua HP Android tersebut.

Pixel 8 Pro

Tampil sebagai varian paling tinggi, Pixel 8 Pro menggunakan panel layar OLED berukuran 6.7 inci QHD+ LTPO 120HZ, dan sudah dilapisi dengan Gorilla Glass Victus 2.

Untuk Pixel 8 Pro, penggun dapat memilih tiga opsi warna ditawarkan, seperti Blue, Obsidian, dan Beige.

Pixel 8 Pro hadir dengan tiga kamera belakang, dengan kemampuan 50M, ultrawide 40MP, dan 48MP (5x zoom) berkemampuan digital zoom hingga 30x Super-Res.

Sedangkan untuk kamera depannya, Google menyematkan kamera baru berkemampuan 10.5MP.

Tak hanya itu, Google juga menanamkan sebuah sensor suhu yang hadir secara eksklusif untuk varia Pixel 8 Pro ini. Disebutkan, sensor ini berfungsi untuk membaca suhu semata.

Masih terkait dengan fotografi, Google Pixel 8 Pro hadir dengan fitur eksklusif yakni Pro Control. Sementara untuk Photo Unblur, Eraser, Best Take, dan Macro Focus juga tersedia ke dua model.

Pixel 8 Pro menggunakan baterai 5,050mAh dengan kemampu pengisian daya 30@ dan 23W untuk nirkabel. 

4 dari 4 halaman

Pixel 8

<p>Cek Spesifikasi dan Harga Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang Baru Dirilis. (Doc: Google)</p>

Seperti varian Pro, Pixel 8 hadir dengan tiga pilihan warna. Kali ini, Google menyediakan opsi Hazel, Obsidian, atau Rose.

Pixel 8 hadir dengan kamera 50MP dan 12MP, sementara untuk selfie-nya pakai lensa 10.5MP. Ponsel ini hadir dengan baterai berkapasitas 4,575mAh.

Harga Pixel 8 dan Pixel 8 ProGoogle mengklaim, kedua ponsel akan memiliki dukungan software Android dan keamanan hingga 7 tahun mendatang--beda 2 tahun dari iOS milik Apple.

Lalu bagaimana dengan harga kedua ponsel baru Google ini? Cek lengkapnya di bawah ini.

Harga Pixel 8 Pro

  • 12GB/128GB - USD 999 atau Rp 15,5 juta
  • 12GB/256GB - USD 1059 atau Rp 16,5 juta
  • 12GB/512GB - USD 1.179 atau Rp 18,4 juta
  • 12GB/1TB - USD 1.399 atau Rp 21,8 juta

Harga Pixel 8

  • 8GB/128GB - USD 699 atau Rp 10,9 juta
  • 8GB/256GB - USD 799 atau Rp 12,5 juta 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini