Sukses

Bocoran iPhone SE 4: Pakai Layar OLED iPhone 14 dan Harga Lebih Murah

Siap-siap! iPhone SE terbaru dikabarkan meluncur tahun 2025 dengan layar OLED canggih dari iPhone 14 dan harga yang lebih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone SE terakhir kali diluncurkan Apple pada tahun 2022 lalu, dan sepertinya ponsel murah itu tidak akan dirilis tahun ini.

iPhone SE 4 baru disebut-sebut akan meluncur pada tahun 2025, sebagaimana dikutip dari The Elec via GSM Arena, Minggu (18/2/2024).

iPhone SE 2025 disebutkan akan tampil berbeda dari lini SE sebelumnya, yakni dengan mengusung layar OLED.

Yup, generasi sebelumnya ponsel murah besutan Apple ini hanya menggunakan layar dengan panel LCD.

Laporan tersebut juga menyebutkan, saat ini sudah tiga pembuat layar berebut perhatian Apple untuk memproduksi layar iPhone SE baru ini.

Disebutkan, Samsung sudah menawarkan diri dengan mematok harga paling rendah dengan per panel USD 30. Sementara itu, BOE di USD 35, dan Tianma memasang harga USD 40.

Hingga saat ini belum diketahui siapa pemenang tender layar HP iPhone SE baru itu, karena Apple dilaporkan membalas ketiga perusahaan dengan tawaran USD 20 per panel.

Berhubung menggunakan panel layar serupa dengan iPhone 13 dan iPhone 14, bisa jadi HP iPhone SE 2025 akan hadir dengan layar 6,1 inci.

Ditambah, layar baru iPhone SE ini juga sudah mendukung resolusi 1170 x 2532, dan kecerahan maksimal 1.200 nit.

Sementara itu, sebuah bocoran mengenai rumor kehadiran iPhone SE 4 beredar di internet. Salah satunya adalah bocoran tentang desain iPhone SE 4 yang keberadannya belum dipastikan oleh Apple.

Mengutip Apple Insider, leaker bernama Majin Bu di X alias Twitter mengungkapkan, iPhone SE bisa terlihat sama dengan iPhone 16 namun memiliki dimensi serupa dengan iPhone XR.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Mirip iPhone 14

Apple resmi umumkan iPhone SE (2020). (Doc: Apple)

Kata-kata Majin Bu yang menyebut iPhone SE 4 akan memiliki desain yang sangat mirip dengan iPhone 16 saat ini bisa aja merujuk pada iPhone 14, seperti yang disebutkan rumor-rumor sebelumnya.

Adapun penyebutan Majin Bu mengenai iPhone XR cukup mengalihkan perhatian. Apple Insider menilai, kemungkinan Bu merujuk pada iPhone SE 4 yang memiliki ukuran lebih besar ketimbang iPhone SE 3. Namun, iPhone SE 4 kemungkinan akan memakai desain iPhone 14 atau iPhone 16.

Sementara, rumor tentang satu kamera utama dan Dynamic Island sejalan dengan apa yang sebelumnya dibagikan.

 

3 dari 4 halaman

Usung Kamera 48MP

iPhone SE 2022 mengusung desain yang sama dengan iPhone SE 2020, dengan dukungan Touch ID. (Foto: Apple Newsroom).

Adapun kamera yang diusung kemungkinan adalah kamera 48MP agar sejajar dengan iPhone 15 dan iPhone 16 yang diduga juga menggunakan kamera 48MP.

Spesifikasi ini mungkin begitu wow untuk model budget Apple, namun di tahun 2025 atau tiga tahun setelah iPhone 14, hal ini akan jadi cukup umum.

Kalau bicara tentang bocoran dari Majin Bu, ia sebenarnya memiliki rekam jejak yang tak melulu benar seputar iPhone.

Pernah sebagian bocorannya begitu terpercaya, namun biasanya bocoran dari Bu justru serupa dengan bocoran dari orang lain.

 

4 dari 4 halaman

Baterai Besar?

Apple Rilis iPhone SE 2020: Wujud iPhone SE (2020). Apple resmi merilis smartphone terbaru mereka, yakni iPhone SE (2020). (Handout/Apple Inc./AFP)

iPhone SE 4 disebut-sebut akan debut di pasaran pada 2024, dan akan hadir dengan desain mirip iPhone 14.

Terkini, iPhone SE 4 bakal hadir dengan baterai yang Apple pakai untuk lini iPhone 14 mereka.

Informasi ini diungkap pertama kali oleh MacRumors, mengklaim prototipe iPhone SE 4 akan dilengkapi dengan baterai Li-Ion.

Mengutip GSM Arena, Senin (11/12/2023), baterai Li-Ion di iPhone SE 4 itu menggunakan kode A2863. Disebutkan, kode ini juga dipaki untuk iPhone 14 dan memiliki kapasitas 3,279 mAh.

Sumber anonim MacRumors mengklaim, dokumentasi desain internal iPhone SE 4 ini juga memperkuat rumor tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.