Sukses

iPhone 14 Pro Max dan iPhone 15 Pro Max Jadi Smartphone Paling Populer di Dunia

Menurut firma riset Canalys, iPhone 14 Pro Max mendapatkan gelar smartphone terlaris secara global pada tahun 2023, disusul iPhone 15 Pro Max.

Liputan6.com, Jakarta - Lini iPhone Pro Max berhasil meraih kesuksesan dengan pengiriman (pengapalan) tahunan global tertinggi untuk pertama kalinya pada tahun 2023 .

Menurut firma riset Canalys, iPhone 14 Pro Max mendapatkan gelar smartphone terlaris secara global pada tahun 2023, disusul iPhone 15 Pro Max.

Hal ini mencerminkan pergeseran besar ke arah preferensi pasar premium dan menggarisbawahi berlanjutnya dominasi iPhone, dengan 7 dari 10 posisi teratas ditempati oleh perangkat Apple. Demikian sebagaimana dilansir Gizchina, Selasa (13/2/2024). 

Yang membuat pencapaian ini semakin menarik adalah pada tahun ketika model iPhone Pro memimpin pengiriman global untuk pertama kalinya, model Pro Max terbaru dari Apple menempati posisi teratas, bukan model Pro berukuran 6,1 inci yang lebih kecil.

Hal ini menunjukkan strategi dari Apple, dengan lebih menonjolkan lini Pro Max dibandingkan lini Pro, sehingga berkontribusi pada semakin besarnya perbedaan di antara keduanya.

Saat membandingkan iPhone 15 Pro dengan iPhone 15 Pro Max, terbukti bahwa model termahal Apple menawarkan lebih dari sekadar versi Pro standar yang lebih besar.

Pro Max hadir dengan fitur eksklusif, termasuk zoom optik 5x, serta keunggulan seperti masa pakai baterai lebih lama, layar lebih besar, dan peningkatan lainnya.

Khususnya, iPhone 15 Pro Max juga menyediakan penyimpanan 256GB, melebihi 128GB yang ditemukan di Pro standar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Masuk dalam Daftar

Meskipun model andalan Apple memimpin dalam hal pengiriman, iPhone 13, 14, dan 15 standar tidak ketinggalan jauh. Selain itu, ada tiga ponsel Android dalam daftar, yang memperkenalkan beberapa variasi.

Antara lain Samsung A14 4G dan yang mengejutkan, Samsung Galaxy A54 5G. Terakhir adalah model yang lebih mahal, menyimpang dari tren biasanya di mana ponsel Samsung yang lebih murah cenderung mendominasi daftar pengiriman tahunan perangkat Android.

Tahun lalu, terdapat indikasi kuat bahwa seri iPhone Pro Max menjadi smartphone terpopuler di dunia. Analis global dari Omdia mengungkapkan iPhone 14 Pro Max menduduki puncak pengiriman pada paruh pertama 2023.

Data terbaru dari Canalys kini mengonfirmasinya, ponsel terbesar Apple (iPhone Pro Max) memang menjadi smartphone terpopuler di dunia.

Beberapa faktor yang berkontribusi, yaitu masyarakat semakin jarang meng-upgrade ponsel cerdas mereka, sehingga menyebabkan penurunan penjualan ponsel global selama dua tahun, seperti yang ditunjukkan oleh studi Counterpoint baru-baru ini.

Namun, ketika pengguna memutuskan untuk melakukan upgrade, tampaknya ada preferensi untuk ponsel yang lebih besar dan lebih premium.

 

3 dari 4 halaman

Apple Lampaui Samsung

Seperti dilansir IDC dan Canalys, tren ini menyebabkan Apple melampaui Samsung dalam pengiriman smartphone global untuk pertama kalinya pada 2023.

Menurut direktur riset IDC Nabila Popal, kesuksesan Apple disebabkan karena “meningkatnya tren perangkat premium, yang kini mewakili lebih dari 20% pasar.”

Hal yang mendorong perubahan ini adalah karena penawaran tukar tambah yang agresif dan rencana pembiayaan bebas bunga.

Meskipun iPhone 15 Pro Max diam-diam mendapatkan popularitas sepanjang tahun, data baru ini menyoroti kesuksesannya yang luar biasa, menandai perubahan signifikan dalam popularitas ponsel pintar.

Pertanyaannya sekarang apakah tren ini akan berlanjut pada tahun ini. Rumor tentang iPhone 16 Pro yang mewarisi beberapa fitur utama dari Max, seperti lensa zoom periskop, telah mengemuka.

Selain itu, rumor peningkatan AI pada iOS 18 dikatakan akan diperkenalkan di seluruh jajaran iPhone 16. Masih harus dilihat apakah popularitas Max pada tahun 2023 hanyalah lonjakan sementara atau pergeseran jangka panjang ke ponsel yang lebih besar yang pernah disebut sebagai ‘phablet’.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.