Sukses

XL Axiata Prediksi Trafik Internet Melonjak 10 Persen Saat Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menyiapkan jaringan untuk mendukung Pemilu 2024, termasuk hari pencoblosan pada Rabu 14 Februari 2024.

XL Axiata menyebut tak ada persiapan khusus untuk menyiapkan jaringan, namun perusahaan bertekad untuk menjaga jaringan agar pesta demokrasi bisa dinikmati oleh pelanggan dan masyarakat secara umum. 

Perusahaan menyebut kesiapan jaringan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan jaringan XL dan pengalaman pelanggan yang dilakukan XL Axiata sepanjang tahun. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan pihaknya telah jaringan dengan kapasitas yang mencukup untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan trafik di momen pemilu. 

"Kenyamanan dan kelancaraan aktivitas komunikasi pelanggan dan masyarakat jadi perhatian dan prioritas kami. Kami berharap jika terjadi lonjakan trafik, layanan tetap berjalan tanpa kendala yang berarti," kata I Gede, dikutip dari keterangan resmi XL Axiata. 

XL Axiata memerkirakan, selama pesta demokrasi akan terjadi peningkatan trafik 10 persen dibandingkan kondisi normal atau hari biasa. 

"Petugas dan tim jaringan XL Axiata siap siaga di lapangan maupun dari pusat pemantauan Customer Experience & Service Operation Center milik XL di Jakarta. Antisipasi jika kondisi darurat juga disiapkan untuk memastikan jaringan berkualitas," kata Gede. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layani 57 Juta Pelanggan

Sekadar informasi, pelanggan XL Axiata kini lebih dari 57 juta pelanggan. Perusahaan melayani kebutuhan pelanggan dengan 158 ribu BTS yang mayoritas 4G. 

Selain itu XL Axiata juga memiliki jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang 159 ribu km, menopang jaringan data terbesar di sebagian besar Kepulauan Indonesia. 

3 dari 4 halaman

Persiapan Jaringan Imlek dan Cap Go Meh

Dalam kesempatan yang sama, XL Axiata menyebut pihaknya telah menyiapkan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama masa perayaan Imlek dan Cap Go Meh. 

Kenaikan trafik saat kedua momen tersebut diprediksi terjadi di kota-kota besar, mulai dari Mataram (7 persen), Denpasar (7 persen), Yogyakarta (7 persen), Kab. Badung (7 persen) dan Pontianak (6 persen). 

Melayani kebutuhan jaringan saat Imlek dan Cap Go Meh, XL juga memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di kawasan permukiman, penginapan, tempat ibadah, dan pusat perbelanjaan. 

 

4 dari 4 halaman

Perdiksi Peningkatan Trafik untuk Layanan Data

Perusahaan memerkirakan, peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data atau internet. 

Trafik layanan streaming seperti film, musik, game secara umum diprediksi mengalami peningkatan. 

Sementara, layanan video call, web browsing, dan perpesanan instan (IM) akan mengalami peningkatan, karena biasanya momen ini akan orang akan banyak menyampaikan ucapan selamat. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.