Sukses

The Pokemon Company Tanggapi Ramainya Game Palworld

The Pokemon Company menyebut mereka sudah tahu kehadiran dari Palworld, yang disebut mirip dengan Pokemon.

Liputan6.com, Jakarta - Palworld, gim yang disebut-sebut mirip Pokemon namun hadir dengan fitur-fitur senjata, tampaknya sudah menarik perhatian dari The Pokemon Company.

Baru-baru ini, The Pokemon Company bahkan mengeluarkan pernyataan resmi, terkait banyaknya pihak yang mengaitkan properti mereka itu, dengan Palworld.

"Kami telah menerima banyak pertanyaan mengenai game perusahaan lain yang dirilis pada Januari 2024," tulis The Pokemon Company di situs resminya, dikutip Senin (29/1/2024).

Mereka memang tidak secara eksplisit menyebut soal Palworld, namun ini jelas merujuk pada game yang rilis tanggal 19 Januari 2024 tersebut.

The Pokemon Company pun menegaskan pihaknya belum memberikan izin apapun, atas penggunaan kekayaan intelektual atau Pokemon, dalam game tersebut.

"Kami bermaksud menyelidiki dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi tindakan apa pun yang melanggar hak kekayaan intelektual terkait Pokémon," kata mereka.

"Kami akan terus menghargai dan memelihara setiap Pokémon dan dunianya, serta berupaya menyatukan dunia melalui Pokémon di masa depan," pungkas perusahaan itu.

Di tengah popularitasnya yang meroket di kalangan gamer, game Palworld memang menimbulkan sejumlah kontroversi, termasuk karena banyak dikaitkan dengan Pokemon.

Bahkan, Nexus Mods, platform konten-konten mod untuk game, menolak mod Pokemon untuk Palworld, karena kekhawatiran langkah hukum dari Nintendo jika mereka memfasilitasinya.

Berbicara kepada PCGamesN, pimpinan komunitas Nexus Mods Mathew Elliott mengatakan bahwa mereka “tidak nyaman” menampung mod Pokemon untuk Palworld, namun akan mengizinkan mod lain untuk game itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nexus Mods Tolak Mod Pokemon di Palworld

"Seperti yang mungkin Anda ketahui, Nintendo (yang bersama-sama memiliki waralaba Pokemon) memiliki catatan konsisten dalam mengajukan tuntutan hukum, DMCA, dan penghapusan konten buatan penggemar tanpa ampun," ujarnya.

"Mengingat kemiripan Palworld dengan franchise Pokemon sebagai game dasar, meng-hosting konten yang menambahkan karakter atau aset berhak cipta ke dalam game hampir pasti akan menempatkan kami pada risiko tindakan hukum," kata Elliott.

Mengutip IGN, Elliott pun mengatakan mereka tidak bisa membiarkan konten mod semacam itu dibagikan dalam komunitasnya.

"Ada banyak peluang kreatif untuk mengeksplorasi mod untuk game ini yang menambah dunia dan gameplay, tetapi jelas tidak melanggar IP yang sudah ada," imbuhnya.

Selain masalah hak cipta, Pocketpair juga menyebut ada ancaman pembunuhan terhadap stafnya, di tengah klaim peniruan Pokemon. Nintendo juga sudah menghapus mod Pokemon yang sempat beredar, namun pembuatnya tetap ingin merilisnya secara gratis.

3 dari 4 halaman

Palworld Bakal Kedatangan Fitur PvP, Raid Bos, dan Crossplay

Palworld menjadi game paling banyak dibicarakan dalam beberapa hari ini, dan sukses memecahkan rekor 1,81 juta pemain secara bersamaan.

Kesuksesan Palworld ini dicapai pada 19 Januari, dan sukses mengalahkan game CS:GO dengan rekor 1,81 juta pemain dalam waktu bersamaan.

Game Palworld sendiri terhitung game cukup santai dan menarik untuk dimainkan, di mana gamer harus mengumpulkan berbagai jenis monster untuk membangun markas.

Game ini dapat dimainkan secara single player, atau bisa bermain secara multiplayer dengan teman atau gamer lainnya.

Sejak meluncur dalam program Steam Early Access dan Xbox Game Preview pada 19 Januari 2024, game buatan Poket Pair ini sudah terjual sebanyak 7 juta kopi dalam waktu 5 hari saja.

Kini, pengembang dan penerbit game tersebut mengungkap lebih lanjut tentang roadmap game akrab disebut "Pokemon dengan senjata" ini di masa mendatang.

 

4 dari 4 halaman

Tanggal Rilis Kemungkinan Mundur

Mengutip postingan akun Palworld (@Palworld_EN) di media sosial X, Sabtu (27/1/2024), Pocket Pair akan menambahkan sejumlah fitur dan peningkatan di masa mendatang.

"Kita saat ini berencana akan mengatasi beberapa masalah kritis di dalam game, seperti bug dan akan memprioritaskan untuk memperbaikinya," kata pengembang.

Dalam unggahannya di media sosial X, pengembang juga menjelaskan ada kemungkinan tanggal rilis global Palworld akan mundur dari jadwal yang ditentukan.

"Kami juga saat ini sedang melakukan peningkatan dalam berbagai fitur di Xbox, kemampuan transfer dan migrasi antar server, pulau baru, pals (monster) lebih beragam, bos, dan teknologi di dalam game," katanya.

Pocket Pair juga menjanjikan akan membawa fitur PvP (Player versus Player) ke dalam game dan crossplay untuk platform Steam-Xbox. Palworld yang baru meluncur 19 Januari 2024 sendiri kabarnya sudah terjual lebih dari 1 juta kopi hanya dalam waktu 8 jam, setelah diluncurkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.