Sukses

WhatsApp Channel Punya Fitur Baru, Pengguna Bisa Berbagi Pesan Suara dan Bikin Polling

Berikut ini beberapa fitur baru WhatsApp Channel yang hadir di Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp pada Rabu (17/1/2024) mengumumkan beberapa fitur baru yang mereka hadirkan untuk Channel atau Saluran.

Dengan fitur baru WhatsApp di Channel ini, pemilik Saluran akan punya lebih banyak cara untuk berinteraksi dengan pengikutnya di kanal miliknya.

Mengutip siaran pers, fitur baru pertama adalah pembaruan pesan suara. Jadi, pengguna akan bisa mendapatkan pesan suara dari kanal yang dia ikuti.

fitur pesan suara di WhatsApp Channel sudah dijajal oleh penyanyi sekaligus rapper Puerto Rico, Bad Bunny, yang baru saja menguji update ini di Salurannya.

Selain itu, ada juga fitur Polling yang bisa dibagikan oleh pemilik Channel ke pengikut. Saluran milik Netflix dan National Geographic jadi dua kanal pertama yang sudah memanfaatkannya.

Fitur lainnya adalah kini, sebuah Channel akan bisa memiliki sampai 16 admin, untuk membantu mengelola pembaruan.

Sementara untuk pengikut, pengguna WhatsApp akan bisa membagikan pembaruan dalam sebuah Channel ke statusnya.

Caranya, pengguna cukup menekan lama di sebuah pembaruan Saluran, klik "Teruskan", kemudian pilih "Status Saya" pada pada postingan yang dirasa menarik buat dibagikan.

Dalam keterangan tertulisnya, fitur-fitur WhatsApp teranyar buat Channel ini sudah mulai diluncurkan saat ini.

Bulan November 2023 lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanan WhatsApp Channel atau Saluran WhatsApp, sudah mencapai 500 juta users.

"500 juta pengguna aktif di Saluran WhatsApp dalam 7 pekan pertama. Senang melihat komunitas WA begitu terlibat," kata Mark Zuckerberg melalui Channel resminya, dikutip Kamis (16/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu WhatsApp Channel?

Saluran atau Channels merupakan fitur untuk membantu para pengguna untuk mendapatkan informasi terbaru yang mereka inginkan dari tim, organisasi, dan tokoh favorit mereka secara langsung melalui WhatsApp.

Saluran di WhatsApp Channel juga terpisah dari percakapan pribadi pengguna, dan saluran yang diikuti tidak dapat dilihat oleh siapapun.

WhatsApp Channel dapat ditemukan bersama dengan tab Status. Jadi, informasi relevan yang dihadirkan secara berkala di Channel tidak akan masuk ke ruang obrolan pribadi pengguna.

"WhatsApp Channel diluncurkan sesuai dengan komitmen WhatsApp mengenai pesan siaran privat," tutur Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia Ester Sumboh dalam konferensi pers virtual, Rabu (13/9/2023).

Thread atau unggahan yang ada di Channel bersifat kronologis serta menyesuaikan waktu. Cara kerja ini sama dengan chat pribadi yang masuk di aplikasi chatting milik Meta tersebut.

Bedanya, pesan atau konten dalam WhatsApp Channel hanya bertahan selama 30 hari. Ini merupakan upaya WhatsApp untuk menjaga ruang penyimpanan pada perangkat pengguna.

 

3 dari 4 halaman

WhatsApp Channel Dukung Berbagai Format Konten

WhatsApp Channel juga mendukung beragam format konten. Sama seperti percakapan pribadi, fitur baru ini menciptakan pengalaman yang lebih familiar bagi admin dan pengguna.

Oleh sebab itu, konten foto, video, dokumen, dan reaksi dapat disertakan dalam WhatsApp Channel. WhatsApp juga akan menghadirkan sejumlah pembaruan di Channel , seperti pencarian Channel populer, direktori, dan penggunaan reaction.

Pengguna bebas menentukan Channel yang ingin diikuti sesuai preferensinya, termasuk jumlah Channel yang diikuti. Namun, untuk penyedia Channel, perusahaan membatasi hanya untuk mitra WhatsApp dan Meta.

WhatsApp Channel nantinya akan tersedia di semua perangkat Android, iOS, dan WhatsApp web.

Untuk menjamin keamanan dan privasi pengguna, fitur baru ini disertai dengan Channel Guidelines, sehingga dapat menjaga dan mencegah terjadinya pelanggaran privasi.

4 dari 4 halaman

Liputan6.com Juga Punya WhatsApp Channel

Salah satu yang sudah memiliki WhatsApp Channel adalah Liputan6.com, di mana pengguna bisa memperoleh deretan informasi terkini dari berbagai topik. Ada news, bisnis, hiburan, olahraga, hingga teknologi.

Untuk mengikuti Channel WhatsApp Liputan6.com dari aplikasi, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di iOS atau Android
  2. Setelah itu, buka tab Updates yang ada di aplikasi
  3. Di situ, kamu bisa menemukan deretan Channel yang sudah bisa diikuti
  4. Klik ikon Search, kemudian tuliskan Liputan6.com
  5. Setelah akun Liputan6.com dengan centang hijau muncul, kamu tinggal memilih opsi Ikuti atau Follow.

Cara ini juga bisa digunakan apabila kamu ingin mengikuti berbagai Saluran atau Channels lain yang diminati di WhatsApp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.