Sukses

Gmail Rilis Fitur Baru yang Sudah Dinantikan Pengguna Android Sejak Lama, Apa Itu?

Setelah lama menunggu, Gmail akhirnya meluncurkan fitur opsi Select All untuk memudahkan pengguna menandai email mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Gmail akhirnya menghadirkan fitur yang sebenarnya sudah sangat ditunggu para pengguna Android sejak lama. Layanan email besutan Google itu kini meluncurkan opsi Select All untuk menandai email pengguna.

Mengutip informasi dari Android Police, Selasa (9/1/2024), sebelum fitur ini hadir, pengguna aplikasi Gmail di Android harus menandai email satu per satu untuk melakukan sejumlah hal, seperti menghapus, mengarsipkan, atau melakukan kategorisasi.

Namun sejak kehadiran fitur ini, opsi Select All kini sudah muncul dan pengguna tinggal mencentang boks yang tersedia. Cara ini jelas memudahkan pengguna untuk menandai email miliknya.

Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah sempat terungkap pada September tahun lalu, tapi belum dirilis ke semua pengguna. Baru beberapa minggu terakhir, fitur ini hadir ke beberapa pengguna aplikasi Gmail secara bertahap.

Dari informasi yang diterima, fitur baru Gmail ini tidak disertakan dalam aplikasi terbaru, sehingga pembaruan dilakukan baru dari sisi server. Karenanya, pengguna yang sudah bisa menerima fitur ini akan bisa langsung menemukannya.

Untuk mengakes fitur ini, pengguna menahan lama email atau nama pengirim yang ada di sebelah kiri. Selanjutnya, opsi Select All akan muncul di bagian paling atas.

Sama seperti di Gmail versi web, fitur ini bisa dipakai untuk menandai semua email milik pengguna, termasuk hasil pencarian yang dilakukan di inbox atau berdasarkan kategori.

Kendati demikian, perlu diingat, opsi ini tidak serta akan menandai semua email milik pengguna. Fitur ini hanya menandai maksimal 50 email dalam satu laman yang ditampilkan.

Oleh sebab itu, apabila ingin menambahkan daftar email yang ingin ditandai, pengguna Gmail perlu menggeser layar ke bawah untuk memunculkan barisan email lainnya.

Opsi Select All sendiri menjadi salah satu fitur yang sangat dinantikan pengguna, karena jelas memudahkan aktivitas mereka di Gmail. Meski terkesan sederhana, kehadiran fitur ini jelas akan membantu para pengguna untuk mengelola email mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Tambahkan Fitur Tombol Berhenti Berlangganan di Aplikasi Gmail iOS

Tidak hanya itu, aplikasi Gmail kini mempermudah proses berhenti berlangganan bagi pengguna iOS. Fitur ini menjadi solusi efektif untuk menghindari email yang tidak diinginkan tanpa harus melalui proses rumit. 

Tombol berhenti berlangganan kini tersedia secara langsung di bagian atas setiap email, memungkinkan pengguna untuk menghentikan langganan dengan satu ketukan tanpa perlu membuka bagian bawah atau mengakses situs web terkait.

Sebelumnya, pengguna perlu melakukan pencarian menu tiga titik di bagian atas email atau bahkan mencari tombol berhenti berlangganan di bagian bawah pesan. 

Fitur baru ini membuat pengalaman berhenti berlangganan menjadi lebih mudah dan efisien. Sayangnya, saat ini fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna iOS.

Pengguna dapat menghentikan langganan email tanpa harus menggulir atau mencari tombol berhenti berlangganan. 

Tombol tersebut ditempatkan dengan strategis di bagian atas setiap email, menciptakan pengalaman yang serupa dengan versi web Gmail.

3 dari 4 halaman

Kemungkinan Hadir di Perangkat Android

Meskipun eksklusif untuk iOS, diharapkan fitur baru ini akan segera tersedia untuk pengguna Android, seperti kebiasaan Google dalam membawa fitur terlebih dahulu ke platform iOS sebelum Android. Demikian menurut laporan GizChina, seperti dikutip Kamis (4/1/2024 )

Sebelumnya, hal serupa terjadi dengan kemampuan menghapus riwayat penelusuran 15 menit terakhir di aplikasi Google.

Meskipun saat ini hanya tersedia untuk iOS, diharapkan fitur berhenti berlangganan akan segera tersedia untuk pengguna Android, memberikan kenyamanan ekstra dalam mengelola langganan email.

4 dari 4 halaman

Google Hadirkan Reaksi Emoji pada Gmail

Di sisi lain, Google baru-baru ini menghadirkan reaksi emoji atau reaction di Gmail. Mengutip informasi dari The Verge, Minggu (8/10/2023), fitur ini pertama kali diungkap bulan lalu, dan kini telah resmi diluncurkan.

Google mengatakan, fitur ini akan diluncurkan secara bertahap di Gmail, dimulai pengguna Android kemudian situs web. Lalu, fitur ini akan menyusul dalam beberapa bulan ke depan di iOS.

Jika kamu sudah memiliki akses, kamu akan melihat emoji tersenyum (🙂) di bagian bawah pesan. Klik emoji tersebut untuk memilih emoji dari menu, lalu ketuk dan kirim. 

Beberapa emoji akan memiliki efek khusus, seperti emoji konfeti yang akan muncul dalam animasi satu halaman penuh. Sekadar diketahui, fitur ini mirip dengan emoji yang digunakan untuk merespons postingan media sosial atau reaksi di WhatsApp.

Nantinya, pengguna dapat menyentuh dan menahan reaksi yang diberikan untuk mengetahui pengirimnya. Untuk menggunakan reaksi yang sama dengan orang lain, kamu tinggal ketuk reaksi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini