Sukses

Legenda Sepak Bola Franz Beckenbauer Meninggal Dunia, RIP Legend Bergema di X Alias Twitter

Legenda sepak bola asal Jerman Franz Beckenbauer yang dikenal dengan sebutan Der Kaiser meninggal dunia, Senin 8 Januari 2024. RIP Legend pun bergema di media sosial X alias Twitter, mengiringi kepergian sang legenda.

 

Liputan6.com, Jakarta - Legenda sepak bola dunia berduka di awal tahun 2024. Kali ini mantan pemain bertahan Jerman Franz Beckenbauer meninggal dunia pada Senin, 8 Januari 2024 waktu setempat.

Meninggalnya pria dengan julukan Der Kaiser ini diumumkan oleh pihak keluarga. Franz Beckenbauer meninggal dunia pada usia 78 tahun. Ia pergi setelah mengalami sakit pada akhir pekan kemarin.

Dalam pernyataan resmi, keluarga besar Beckenbauer mengumumkan kepergian sang legenda dan meminta untuk tidak bertanya apa pun tentang hal tersebut.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa suami dan ayah, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarganya. Kami meminta Anda bisa berduka dalam diam dan menahan diri untuk tidak bertanya apa pun," kata pihak keluarga.

Berpulangnya Franz Beckenbauer pun membuat internet turut berduka. Topic RIP Legend menjadi salah satu trending topic yang banyak dikicaukan oleh pengguna internet, terutama di platform X alias Twitter.

"RIP Legend. Sangat menyedihkan kita kehilangan satu lagi legenda," kata seorang warganet dengan akun @Kija**** sembari mengunggah foto Beckenbauer berpelukan dengan Pele, legenda sepak bola asal Brasil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Franz Beckenbauer Jadi Pemain Bertahan dengan Dua Gelar Ballon d'Or

Warganet lainnya mengunggah video yang memperlihatkan Franz Beckenbauer saat berlaga di lapangan. Terkenal bermain sebagai pemain bertahan, warganet ini menyebut Beckenbauer sebagai satu-satunya pemain bertahan dengan dua koleksi Ballon d'Or.

"Satu-satunya pemain bertahan yang sukses memenangkan 2 Ballon d'Or. Pemain bertahan terbaik sepanjang masa. RIP Legend," kata seorang pengguna Twitter lainnya.

Ada juga yang mengungkapkan kesedihan atas berpulangnya Der Kaiser. "Sedih mendengar berpulangnya salah satu pemain bertahan terbaik sepanjang masa Franz Beckenbauer (Der Kaiser) RIP Legend," tulis akun tersebut.

Ada pula warganet lain yang menyebut sang legenda bakal selalu dirindukan, "RIP legend of the game, Anda akan selalu dirindukan."

3 dari 4 halaman

Franz Beckenbauer Bawa Jerman Juara Piala Dunia 1974

Selama kariernya, Beckenbauer dikenal sebagai salah satu pemain belakang tersukses sepanjang sejarah. Dia pernah membawa Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974 saat mengalahkan Belanda di partai final.

Awalnya Beckenbauer merupakan pemain gelandang, namun transformasi ke pertahanan membuatnya sukses besar. Total Beckenbauer main 103 kali bersama timnas Jerman dengan koleksi 14 gol dan 10 assists.

Gelar bergengsi lain yang didapat Beckenbauer selama membela Jerman adalah Euro 1972. Di tahun yang sama Beckenbauer memenangi penghargaan Ballon d'Or pertamanya. Total dua kali Beckenbauer merebut Ballon d'Or sepanjang kariernya.

4 dari 4 halaman

Kisah Sukses Franz Beckenbauer

Di level klub, Beckenbauer juga sukses besar di Bayern Munchen. Bermain 13 tahun dari 1964 sampai 1977, Beckenbauer mampu menyumbang tiga gelar juara Eropa, empat Bundesliga dan empat DBL Pokal ditambah satu Piala Intercontinental.

Bersama Die Roten, Beckenbauer menyumbang 74 gol dan 75 assists dalam 582 pertandingan. Kisah sukses Beckenbauer berlanjut saat pindah ke Amerika Serikat bersama New York Cosmos. Disana, Beckenbauer selalu juara North American Soccer League dalam tiga musim.

Mudik ke Jerman, Beckenbauer memutuskan memperkuat Hamburger SV. Lagi-lagi kehadiran Beckenbauer memberi keberuntungan. Hamburger sukses juara Bundesliga 1982.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.