Sukses

Memori HP Penuh, Ini 5 Cara Cepat Kosongkan Ruang Penyimpanan

Agar penggunaan smartphone tetap optimal, kamu perlu mengosongkan ruang penyimpanan. Berikut tips untuk melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone saat ini telah menjadi alat yang sangat membantu segala aktivitas dan kebutuhan manusia.

Banyak orang mengandalkan smartphone tidak hanya untuk terhubung dengan orang terdekat, tapi juga mengakses aplikasi dan layanan termasuk platform media sosial, termasuk mengambil banyak foto.

Semua ini tentunya menghabiskan ruang penyimpanan pada perangkat. Karenanya, sudah menjadi hal umum bagi sebagian orang melihat adanya notifikasi  penyimpanan penuh. 

Oleh sebab itu, untuk memastikan penggunaan smartphone tetap optimal, pengguna perlu mengosongkan ruang penyimpanan.

Untuk itu, berikut Tekno Liputan6.com bagikan tips yang perlu dilakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan ketika memori hp penuh seperti dikutip dari Gadgets Now, Minggu (31/12/2023).

1. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Mulai dengan membersihkan smartphone dari aplikasi yang tidak digunakan atau jarang digunakan. Telusuri daftar aplikasi dan hapus aplikasi yang tidak diperlukan dengan mencopot pemasangannya.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan aplikasi alternatif yang menawarkan fungsi serupa. Namun, berukuran lebih kecil, sehingga lebih hemat ruang penyimpanan.

2. Hapus data cache

Seiring berjalannya waktu, aplikasi yang terpasang di smartphone akan mengumpulkan data cache dan berpotensi menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan.

File-file sementara ini dirancang untuk meningkatkan kinerja aplikasi, tetapi juga dapat menghabiskan ruang yang tidak diperlukan.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengosongkan memori HP adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi.

Untuk menghapus data cache, buka pengaturan perangkat. Kemudian, cari bagian "Penyimpanan" atau "Manajemen Penyimpanan", dan hapus data cache.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Memindahkan foto dan video ke cloud

File media, khususnya foto dan video, sering kali menghabiskan sebagian besar penyimpanan perangkat. Daripada menyimpannya di perangkat, pertimbangkan untuk memakai layanan cloud seperti Google Foto atau iCloud.

Setelah diunggah, kamu bisa menghapusnya dengan aman dari perangkat, tanpa perlu khawatir foto-foto atau video tersebut akan hilang.

4. Kelola unduhan dan file

Tinjau folder unduhan dan pengelola file secara teratur. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menghapus file yang tidak diperlukan, mulai dari dokumen, PDF, dan unduhan lain-lain yang mungkin terakumulasi seiring waktu.

Namun, kamu juga harus berhati-hati agar tidak menghapus file sistem yang penting. 

5. Optimalkan pengaturan aplikasi

Beberapa aplikasi menawarkan pengaturan yang memungkinkan kamu mengontrol jumlah data yang disimpan di smartphone.

Menyesuaikan pengaturan ini dapat membantu kamu mengurangi jumlah penyimpanan yang digunakan aplikasi, tanpa mengorbankan fungsi penting.

3 dari 4 halaman

Cara Hapus File Sampah di Google Drive, Gmail, dan Google Photos

Selain masalah ruang penyimpanan perangkat yang penuh, rupanya masalah ini juga bisa terjadi pada penyimpanan cloud.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi pengguna layanan penyimpanan berbasis cloud adalah keterbatasan memori yang disediakan. Karenanya, sejumlah layanan menawarkan paket berlangganan untuk memberikan ruang penyimpanan yang lebih luas. 

Namun alih-alih berlangganan dengan biaya bulanan yang tidak sedikit, bagi kamu yang sebenarnya tetap ingin hemat, bisa menghapus file yang disimpan secara berkala sebagai cara untuk membuat ruang penyimpanan cloud yang lebih lowong. 

Cara ini bisa diterapkan pada layanan Google Drive, Google Photos, dan Gmail dari berbagai perangkat. Dalam tahap ini, penggunaan PC Desktop lebih disarankan karena tampilannya yang lebih leluasa.

Jika hanya ingin menghapus beberapa item dari Google Drive dan Gmail untuk mengosongkan ruang, kamu bisa mengurutkan setiap data berdasarkan ukuran file, lalu menghapus satu atau dua file besar.

Berikut ini cara menghapus file Google Drive di desktop: 

  • Masuk ke akun Google Drive kamu. Setelah kamu masuk, klik Penyimpanan di menu di sisi kiri layar.
  • Halaman Penyimpanan seharusnya mencantumkan file kamu dari yang terbesar hingga terkecil, tetapi jika tidak, klik Penyimpanan yang digunakan di sisi kanan layar. File-file tersebut sekarang harusnya telah diurutkan dari yang terbesar ke terkecil.
  • Klik file besar yang ingin kamu hapus untuk memilihnya, lalu klik tempat sampah yang muncul di dekat bagian atas layar setelah item dipilih, atau seret file besar ke Sampah di sisi kiri layar.
  • Klik "Sampah" di menu sebelah kiri untuk membuka menu Sampah.
  • Klik Kosongkan sampah di sudut kanan atas layar kamu.
  • Klik Hapus selamanya dan file kamu akan hilang.
4 dari 4 halaman

Cara Menghapus File di Aplikasi Google Drive

Sementara cara untuk melakukannya melalui aplikasi Google Drive adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi Google Drive dan masuk ke akun kamu.
  • Ketuk File di sudut kanan bawah layar.Klik Nama di bawah Drive Saya di dekat bagian atas layar.
  • Ketuk Penyimpanan yang digunakan. Ini akan mengatur file kamu dari yang terbesar hingga terkecil.
  • Ketuk tiga titik (...) di samping item yang ingin kamu hapus.
  • Ketuk Hapus.Ketuk ikon hamburger di sudut kiri atas layar di samping Cari di Drive.
  • Ketuk "Sampah".
  • Ketuk tiga titik (...) di sudut kanan atas layar.
  • Ketuk Kosongkan sampah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini