Sukses

Kontroversi Baim Wong Jual iPad Murah Rp 1 Jutaan, Begini Klarifikasi Si Tukang Ngeprank

Baim Wong batal jual iPad murah Rp 1 juta di TikTok Shop setelah mendapat banyak pertanyaan dari warganet. Berikut adalah klarifikasi pria yang terkenal dengan konten pranknya.

Liputan6.com, Jakarta - Baim Wong kembali ramai jadi pembicaraan warganet, di mana suami Paula Verhoeven itu ingin menjual iPad seharga Rp 1 juta di platform TikTok Shop.

Dalam postingan di akun TikTok @baimwong tersebut, pria yang terkenal dengan konten prank ini memamerkan beberapa kardus berisi iPad yang akan dijual secara live pada 26 Desember 2023 pukul 20.00 WIB.

"Hey iPad bro. Siapa bilang iPad mahal? Enggak. Saya kasih harga murah Rp 1 juta. Beneran nih. Ini namanya menyambut 2024. Saya kasih hadiah. Sudah lama tidak berbagi yang mantap. Buat ibu-ibu yang punya anak. Buat bapak-bapak nonton Netflix di mana?Di pesawat, dan lain-lain. Saya kasih. 26 Desember setelah Natal, langsung beli hadiah buat keluarga,” ujar Baim Wong.

Selang beberapa jam, unggahan Baim Wong langsung diserbu oleh warganet. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut sudah ditonton 13 juta dengan 11,4 ribu komentar.

Rata-rata warganet mempertanyakan soal keaslian iPad tersebut, berapa lama tablet Apple ini dapat dipakai, hingga memberitahukan perangkat ini adalah barang refurbished.

Menjadi perhatian warganet, Baim Wong pun akhirnya mengeluarkan klarifikasi  terkait kontroversi iPad murah Rp 1 juta tersebut. 

"Cuma mau bilang, kita sudah siap live. Cuma bagaimana? Kalian belum tahu iPad yang dijual apa berapanya? Saya cuma bingung opini yang digiring. Kadang-kadang ini harus bagaimana. Kadang-kadang mau berbagi caranya kita sulit. Kayaknya salah-salah lagi,” tutur dia di TikTok.

Sebagai bukti iPad murah tersebut resmi, Baim menyebutkan dirinya memiliki faktur pembelian. "Untungnya saya menjual faktur pembelian ada, kita itu resmi."

Walau sudah memberikan bukti memiliki faktur pembelian, Baim Wong memutuskan untuk tidak menjual iPad murah seharga Rp 1 juta itu secara live di TikTok Shop.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Staf Khusus Menteri Keuangan dan Ditjen Bea Cukai

Baim Wong. (Liputan6.com/ M. Altaf Jauhar)

Warganet pun menyoroti unggahan Baim Wong itu dan menyampaikan kepada Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo. Hal ini agar legalitas produk tersebut ditelusuri.

"Terima kasih informasinya. Kami berkoordinasi dengan rekan2 DJBC untuk memastikan fakta lapangan. Mari kita awasi bersama untuk memastikan perdagangan yang adil bagi semua @beacukaiRI,” tulis Prastowo dalam akun X atau Twitter.

Tanggapan Bea Cukai

Saat diminta tanggapan mengenai penawaran iPad yang dilakukan Baim Wong itu, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani menuturkan, pihaknya perlu mengecek hal tersebut terlebih dahulu. Misalkan asal barang, impor atau tidak.

"Kalau barang dari dalam negeri (DN) dan memang sudah diperjualbelikan di DN, maka tentunya sesuai dengan ketentuan perdagangan di DN,” ujar Askolani saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Kamis (28/12/2023).

"Kalau barang impor maka perlu dilihat apakah dokumen impor-nya sudah sesuai ketentuan. Jadi banyak hal yang perlu di-recheck bersama,"

 

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet Soal Baim Wong Jual iPad Murah

Baim Wong (Liputan6.com - Munady Widjaja)

Selain itu, ia menuturkan kalau perlu melihat kembali kondisi barang termasuk spesifikasi.

"Perlu dilihat barang bagaimana kondisi-nya, baru atau lama? Spesifikasinya lama atau baru? Jualnya unit kasih bantuan atau mau dapatkan laba? Jadi sebaiknya ditanyakan langsung ke Baim, supaya clear dan tidak salah menilai,” tutur dia.

"Duh, kenapa harus jual iPad refurbished," kata @a****.

"Waduh, kok jualan refurbished om baim," komentar akun TikTok @s****.

Akun @e**** berkomentar, "baru tahu ada thrift iPad, bal nya banyak juga."

"Itu iPad curah ya?" ujar @a****.

"Bang baim itu yakin iPad packingannya begitu? Even CPO Apple aja packingnya ga begitu om, mending di review dulu sebelum di jual," ucap @j**** di TikTok.

 

4 dari 4 halaman

Arti Refurbished 

iPad dan iPad mini baru diumumkan. (Doc: Apple)

Istilah refurbished memiliki arti diperbarui. iPad refurbished adalah produk iPad yang ditarik kembali oleh Apple dari pelanggan karena mengalami kerusakan.

Pemilik yang mengklaim kerusakan akan mendapat ganti iPad yang baru. iPad yang dikembalikan ini kemudian diperbaiki oleh Apple lalu dijual kembali dengan label ‘Refurbished’.

Karena diperbaiki dan dijual langsung oleh Apple sendiri, iPad refurbished memiliki garansi resmi dari Apple dan terjamin keasliannya karena sudah tersertifikasi oleh Apple, meskipun merupakan barang bekas.

Namun terkadang ada beberapa pihak selain Apple yang juga melakukan ‘refurbished’ pada iPad. Mereka biasanya merupakan pihak ketiga seperti distributor.

iPad refurbished yang dikelola oleh pihak ketiga biasanya merupakan iPad bekas yang dijual oleh pemilik atau iPad yang mengalami kerusakan lalu diperbaiki dan dipoles sedemikian rupa untuk dijual kembali.

Namun, refurbished yang dilakukan oleh pihak ketiga bukanlah tanggung jawab resmi dari Apple. Jadi iPad ‘refurbished’ yang dikeluarkan oleh pihak ketiga kurang terjamin kualitasnya meskipun biasanya distributor juga memberi garansi.

iPad ‘refurbished’ yang ditawarkan pihak ketiga ini biasanya juga disebut iPad rekondisi. Untuk iPad refurbished resmi sendiri hanya dapat dibeli melalui Apple Store.

Jadi bila Anda menemukan toko yang bukan merupakan toko resmi Apple mengklaim telah menjual iPad refurbished, Anda perlu mencurigainya karena keaslian dari produk tersebut tak dapat dijamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini