Sukses

Google Messages Hadirkan Wallpaper, Jadi Mudah Dibedakan dengan SMS dan MMS

Google baru meluncurkan latar belakang baru untuk obrolan RCS di Google Messages, dengan adanya wallpaper baru ini, akan membantu pengguna membedakan aplikasi pesan milik Google dengan obrolan SMS atau MMS.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru meluncurkan latar belakang alias wallpaper untuk obrolan RCS di Google Messages. Menurut laporan 9To5Google, adanya wallpaper baru ini akan membantu pengguna membedakan aplikasi pesan milik Google dengan obrolan SMS atau MMS.

Menurut laporan tersebut, wallpaper Google Messages untuk obrolan RCS menampilkan desain dengan lingkaran tumpang tindih yang menonjol saat smartphone menerapkan tema yang lebih ringan.

Sementara itu, untuk saat ini tidak ada opsi untuk mengubah desain wallpaper atau menonaktifkan fitur tersebut. Kemungkinan fitur tersebut masih dalam tahap pengujian karena belum ada pemberitahuan resmi dari pihak perusahaan. Demikian seperti yang diwartakan Bussines Standard, Senin (1/1/2024).

Laporan tersebut menyatakan bahwa setelah fitur wallpaper diluncurkan lebih luas, Google akan memberikan lebih banyak opsi penyesuaian. Termasuk kumpulan desain yang dapat dipilih atau opsi untuk menghasilkan wallpaper unik secara dinamis.

Google juga diperkirakan akan menambahkan opsi untuk menyinkronkan latar belakang dengan penerima dalam percakapan.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Google sedang mengerjakan fitur baru untuk yang memungkinkan pengguna meng-edit pesan yang sudah terkirim.

Google juga telah menambahkan beberapa tanda untuk fitur baru tersebut pada aplikasi versi beta terbaru. Pada bocoran tersebut, menunjukkan UI pengeditan baru untuk pesan terkirim dan memuat riwayat edit pesan dari database.

Sampai saat ini, fitur tersebut masih dalam pengembangan dan diperkirakan akan diluncurkan secara luas ke para pengguna Google Messages dalam beberapa bulan mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Google Punya 7 Fitur Baru untuk RCS Mirip iMessages

Sebelumnya, Google juga menghadirkan fitur-fitur baru untuk RCS. Adapun untuk detail fitur-fitur lainnya, mari kita lihat ulasan berikut ini. 

1. Photomoji

Dengan menggunakan fitur Photomoji, pengguna dapat membuat reaksi yang dipersonalisasi dengan mengubah foto favorit mereka menggunakan Google AI di perangkat.

Untuk membuat Photomoji, pengguna cukup memilih foto, kemudian memilih objek dalam foto yang ingin diubah menjadi Photomoji.

Reaksi yang dipersonalisasi ini ada dalam tab khusus apabila ingin digunakan kembali. Tidak hanya dapat digunakan pada pesan pribadi, reaksi ini juga dapat digunakan dalam obrolan grup.  

2. Voice Moods dan peningkatan kualitas audio

Voice Moods memungkinkan pengguna menambahkan emosi ke pesan suara mereka dengan memilih dari sembilan suasana hati yang berbeda. 

Saat pengguna mengirimkan Voice Mood, penerima akan melihat efek visual yang sesuai dengan mood yang dipilih. Selain itu, kualitas audio pesan suara telah ditingkatkan dengan meningkatkan bitrate dan sampling rate.

 

3 dari 4 halaman

3. Efek Layar

Efek Layar adalah animasi yang dapat dipicu dengan mengetik pesan tertentu. Misalnya, mengetik "salju turun" akan membuat kepingan salju berjatuhan di layar, dan mengetik "Aku cinta kamu" akan membuat hati muncul. 

Ada lebih dari 15 Efek Layar yang dapat ditemukan pengguna dalam fitur ini.

4. Gelembung Khusus

Dengan fitur ini, pengguna kini bisa menyesuaikan tampilan gelembung obrolan mereka dengan memilih warna berbeda untuk setiap percakapan.

5. Efek Reaksi

Dengan Efek Reaksi ini, emoji yang digunakan untuk bereaksi terhadap suatu pesan dapat bergerak, alias menjadi animasi. Misalnya, bereaksi terhadap pesan dengan emoji jempol ke atas akan membuat animasi trio tangan menari di sekitar gelembung pesan.

6. Emoji Animasi

Fitur ini akan menambahkan ledakan visual pada pesan dengan menganimasikan emoji. Misalnya, mengirim emoji hati akan mengeluarkan Emoji Animasi yang berkilau dengan hati merah muda yang mempesona.

7. Profil

Fitur Profil baru ini akan memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi nama dan gambar profil mereka. Nama dan profil ini nantinya akan akan ditampilkan kepada pengguna lain ketika mereka menerima pesan.

Hal ini sangat berguna dalam obrolan grup, karena memudahkan untuk mengidentifikasi peserta lain dalam grup.

4 dari 4 halaman

Apa itu RCS?

Mengutip Engadget, Minggu (19/11/2023), RCS adalah kependekan dari Rich Communication Services, meskipun terkadang juga dipasarkan sebagai “Advanced Messaging”.

RCS kerap diposisikan sebagai pengganti SMS dan MMS generasi berikutnya. RCS memungkinkan pengguna memanfaatkan banyak fitur yang sebelumnya eksklusif untuk platform perpesanan terkemuka seperti WhatsApp. Misalnya, Profil Universal RCS mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

Teknologi ini juga dapat memfasilitasi obrolan grup yang tepat, dan memungkinkan pengguna mengirim gambar, video, dan klip audio beresolusi tinggi.

Mulai awal tahun ini, penerapan RCS oleh Google juga menawarkan enkripsi end-to-end (E2EE) secara default untuk obrolan one-on-one dan grup.

Tidak seperti teks SMS, pesan RCS dirutekan melalui koneksi data seluler atau tautan Wi-Fi, dengan SMS berfungsi sebagai cadangan. Oleh karena itu, protokol lama kemungkinan besar tidak akan berfungsi dalam waktu dekat.

Satu hal yang penting untuk diingat tentang RCS adalah layanan pesan ini bukanlah dan tidak pernah dibayangkan sebagai pengganti atau pesaing aplikasi perpesanan instan.

Pada intinya, RCS adalah protokol komunikasi antara operator telepon seluler atau antara telepon dan operator. Memanfaatkan RCS tidak memerlukan pendaftaran layanan baru.

Selama ponsel dan operator yang kamu gunakan mendukung RCS, dan kamu menggunakan aplikasi yang kompatibel seperti Message by Google, kamu dapat memanfaatkan semua yang ditawarkan protokol ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini