Sukses

Review Realme C67 : HP Rp 2 Jutaan dengan Kamera 108 MP dan Snapdragon 685

Realme baru saja mengumumkan jajaran terbaru untuk seri C mereka, Realme C67. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui pengalaman menggunakan HP entry-level ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berhasil mengirimkan 100 juta unit ponsel seri C-nya 5 tahun ke belakang, Realme kini hadirkan varian ponsel terbaru mereka, Realme C67. Hadir di penghujung 2023, ponsel ini membawa berbagai peningkatan besar dari pendahulunya.

Dengan menyasar kelas entry-level, Realme membenamkan beberapa fitur andalan, termasuk kamera 108 MP dengan 3x in-sensor zoom, hingga chipset Snapdragon 685 fabrikasi 6nm.

Selain dua hal tadi, Realme C67 juga menawarkan konfigurasi RAM 8GB yang dipasangkan dengan ROM 128GB atau 256GB LPDDR4X. Di sisi layar, ponsel ini telah menggunakan layar FHD+, menjamin ketajaman gambar dan tampilan warna.

Untuk harga, Realme C67 dengan memori 128 GB dihargai Rp 2.499.000. Sementara itu, varian memori 256 GB ponsel ini dijual seharga Rp 2.999.000.

HP Realme ini sudah disertakan fitur NFC, pertama untuk Realme C Series. Nantinya, fitur ini tak hanya digunakan untuk top-up uang elektronik, melainkan juga menduplikasi akses kartu sehingga memudahkan pengguna.

Guna mendukung penggunaan sehari-hari, Realme membekali Realme C67 dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Realme C67 juga telah mengadopsi pengisian daya cepat SuperVooc 33W.

Untuk mengetahui pengalaman menggunakan HP ini secara mendalam, simak ulasan lengkap mulai dari pengalaman pengguna, hasil foto, dan juga spesifikasi Realme C67.

Desain

<p>Review HP 2 Jutaan terbaru Realme C67. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Membawakan desain slim Sunny Oasis, Realme C67 tampil ciamik dengan body dan bezel tipis yang dimilikinya. HP ini memiliki ketebalan 7,59 mm, dan menjadi salah satu HP dengan body paling tipis di kelasnya.

Hadir dalam dua pilihan warna, Sunny Oasis dan Black Rock, HP Rp 2 jutaan ini menghadirkan konsep desain yang menarik dengan perpaduan garis-garis tekstur yang cerah dan cincin berkilau yang mengelilingi lensa kamera di bagian belakang.

<p>Foto Produk Review HP 2 Jutaan Realme C67. (Liputan6.com/Labib Fairuz)x</p>

Di bagian depan, Realme C67 tampil dengan bezel tipis, yang memaksimalkan pengalaman visual yang lebih memuaskan. Sebab, Realme sengaja menghilangkan braket plastik di sekitar layar, yang membuatnya tipis.

<p>Sisi bagian atas HP Realme C67 (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Beralih ke bagian atas, ponsel ini memiliki lubang mikrofon tunggal. Sementara di bagian bawah, ada slot microphone, audio jack 3,5 mm, speaker, dan juga port USB C untuk mengisi daya. 

<p>Sisi bagian bawah HP Realme C67 (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Kemudian ke sisi kiri, HP Realme ini mempunyai slot dual sim dan Micro SD up to 2 TB. Ketiga slot ini bisa digunakan sekaligus, alias kamu tidak perlu mengorbankan salah satu sim card hanya untuk menggunakan Micro SD.

<p>Sisi bagian kiri Realme C67 (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Di sisi kanan, Realme masih membawakan tampilan slim dengan memberikan tombol volume tipis, dan juga tombol power sekaligus fingerprint yang menyatu dengan frame.

<p>Tombol volume dan power sekaligus fingerprint di sisi kanan HP Realme C67 (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Secara keseluruhan, pengalaman memegang ponsel ini cukup nyaman. Desain Realme C67 yang slim dan elegan membuat ponsel ini memiliki nilai tambah dari tampilan luarnya saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa dan Baterai Realme C67

Dapur pacu Snapdragon 685 di HP entry-level ini rupanya membawa performa yang signifikan. Untuk penggunaan sehari-hari seperti bermain media sosial dan streaming, kami tak merasa ada masalah berarti.

Kami mencobanya untuk menonton video YouTube dengan volume dan kecerahan 50 persen. Hasilnya, selama satu jam menonton video, baterai Realme C67 hanya berkurang 5 persen dan ponsel tak terasa panas sedikitpun

<p>Tese Geekbench dan AnTuTu Benchmark Realme C67. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Diajak tempur di Land of Dawn selama sejam, ponsel ini juga hanya terasa sedikit panas, dan baterai berkurang 7 persen saat memainkan game Mobile Legends. Adapun untuk settingan grafik, kami menggunakan grafik medium dengan frame rate tinggi.

Beralih ke game PUBG Mobile, sejam bermain dengan settingan grafis balanced dan full gyro always on menghabiskan baterai 9 persen dan ponsel terasa hangat.

<p>Bermain PUBG Mobile di HP Realme C67. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Sementara untuk game Genshin Impact, ponsel ini dapat berjalan di grafis medium dengan sedikit sekali frame drop. Setelah satu jam bermain, baterai ponsel Realme C67 ini berkurang 10 persen dan ponsel terasa hangat juga.

Untuk pengalaman bermain seharian, baterai jumbo ponsel ini benar-benar memuaskan. Di sisi pengisian daya juga Realme C67 mampu mengisi baterai dari 0 hingga 50 persen dalam waktu 31 menit berkat teknologi SuperVOOC 33W yang dimilikinya.

3 dari 4 halaman

Kamera Realme C67

Sektor fotografi ponsel ini membawakan konfigurasi dua kamera yang ditampilkan elegan. Realme C67 membawakan kamera dengan lensa 108 MP Isocell f/1.75 yang tajam, dan juga kamera 2 MP B&W di bawahnya.

Sementara di bagian depan, ponsel ini membenamkan kamera depan 8 MP yang sudah mendukung EIS dan perekaman video dengan format 1080 piksel dengan 30 FPS.

<p>Hasil Foto Kamera 108 MP HP Realme C67, objek gedung pencakar langit Jakarta (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p><p>Hasil foto kamera HP Realme C67, detail topi yang jernih di malam hari (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Salah satu keunggulan kamera Realme C67 adalah resolusi yang besar dan fitur zoom 3x. Dengan resolusi sebesar 108 MP yang sudah disebutkan, hasil foto Realme C67 terbilang tajam dan detail dibanding pesaing di kisaran harga yang sama.

<p>Hasil foto kamera HP Realme C67, dengan 1x zoom (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p><p>Hasil foto kamera HP Realme C67, 3x Zoom (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Sensor Isocell yang dibekalinya juga membuat kemampuan fotografi malam hari Realme C67 cukup mengesankan. Dengan sensor berukuran 1/1.67” ini, kamera HP Rp 2 jutaan ini mampu menangkap lebih banyak cahaya masuk.

<p>Hasil foto kamera HP Realme C67 mode malam hari (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p><p>Hasil foto kamera HP Realme C67, night mode (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p><p>Hasil foto kamera HP Realme C67, melihat detail sate taichan melalui kamera 108 MP (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Sementara fitur 3x in-sensor zoom Realme C67 menjamin hasil foto yang tetap tajam. Hal ini bisa terjadi karena proses zoom berbeda dengan pemotongan gambar secara digital yang umumnya menghilangkan beberapa piksel.

<p>Hasil foto kamera HP Realme C67, mode potrait malam hari (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p><p>Hasil foto kamera HP Realme C67, mode street (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>
 <p>Hasil foto kamera HP Realme C67, menggunakan mode street dengan 72 mm (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Untuk mode kameranya sendiri, terdapat beberapa mode seperti street dan potrait yang mampu menyuguhkan gambar ciamik dan jernih.

4 dari 4 halaman

Layar Realme C67

Beralih ke layarnya, Realme C67 menggunakan layar LCD berukuran 6,72 inci FHD+ dengan resolusi 1080x2400 yang jernih dan kaya akan warna.

Layar ini juga memiliki kecerahan maksimal 950 nits yang membuatnya tetap terlihat di bawah sinar matahari langsung. 

Untuk mendukung pengalaman penggunaan yang lancar, Realme membekali layar mereka ini dengan refresh rate 90 Hz. Selain itu, rasio layar-ke-bodi HP ini juga sebesar 91,4% yang menjamin kenyamanan penggunaan.

Fitur Tambahan

<p>Detail bodi belakang memegang HP Realme C67 (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Pada sisi atas, Realme C67 telah mengadopsi tampilan notifikasi Mini Capsule 2.0 bak seri ponsel kompetitor kelas flagship. Di dalamnya, fitur ini dapat menampilkan berbagai notifikasi secara cerdas melalui bentuk kapsul di sekitar kamera.

Beberapa notifikasi diantaranya adalah tampilan musik yang penuh animasi, laporan cuaca, pengingat acara, statistik langkah, status baterai, hingga penggunaan data pengguna.

Selalin itu, ponsel ini juga menjadi ponsel pertama Realme seri C yang sudah dibekali rating IP54 yang membuatnya tahan air dan debu. Dan tak luput dari perhatian, Realme juga memberikan dual stereo speaker ke Realme C67 ini

Kesimpulan

<p>Desain anggun HP Realme C67 (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Melihat harganya yang berada di kisaran entry-level performa dan fitur yang ditawarkan Realme C67 layak dicoba.

Dengan chipset Snapdragon 685 yang mampu melibas berbagai game, hingga kamera jernih yang dibekali zoom 3x, pengguna bisa merasakan berbagai fitur andalan ponsel ini.

Dari segi desain, ponsel ini juga memiliki tampilan yang elegan dan fashionable dengan efek garis di bagian belakang, bezel tipis di bagian depan, dan genggaman nyaman berkat ukuran yang tipis.

Mengingat ponsel ini baru dilengkapi konektivitas 4G, Realme C67 mungkin tidak cocok bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman memakai jaringan 5G di Indonesia.

Sebagai catatan, apa yang ditulis di sini adalah pengalaman pribadi dalam penggunaan perangkat ini. Setiap orang mungkin memiliki preferensi, pengetahuan, atau pengalaman yang berbeda dalam memakainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.