Sukses

Rekomendasi 7 Aplikasi Jurnal di HP Android, Mirip dengan Aplikasi Journal di iPhone

Berikut tujuh aplikasi pesaing aplikasi Journal di iPhone yang bisa diunduh oleh pengguna perangkat Android.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, Apple baru saja meluncurkan aplikasi baru bernama Journal untuk pengguna perangkatnya. Di aplikasi ini, pengguna bisa menulis entri jurnal, menyisipkan gambar, video, dan konten lainnya.

Aplikasi baru di iPhone ini tentunya sangat membantu pengguna untuk mengingat tempat yang pernah dikunjungi, aktivitas yang telah dilakukan, dan sebagainya.

Meskipun aplikasi Journal hanya tersedia untuk iPhone, banyak aplikasi pihak ketiga di Android yang memberi pengguna  pengalaman serupa.

Berikut tujuh aplikasi pesaing aplikasi jurnal iPhone yang bisa diunduh oleh pengguna perangkat Android, mengutip dari Android Police, Senin (22/1/2024).

1. Day One

Day One adalah aplikasi gratis sederhana dan mudah digunakan untuk penjurnalan digital. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menulis teks serta menyimpan foto, audio, dan link. Aplikasi jurnal ini juga menyediakan berbagai templat yang bisa kamu gunakan. 

Selain itu, aplikasi ini secara otomatis menambahkan metadata ke jurnal yang kamu buat, seperti lokasi, cuaca, musik yang sedang diputar, dan jumlah langkah.

Hal ini tentunya sangat membantu kamu dalam mengabadikan momen. Jadi, kamu bisa merasakan kembali dan menikmati momen tersebut saat membuka aplikasi jurnal dan membaca catatan di masa mendatang.

Menariknya, aplikasi Day One bisa kamu gunakan secara gratis. Namun, kamu juga bisa membayar sebesar USD 2,92 atau Rp 45 ribuan per bulan untuk langganan berbayar.

Dengan berlangganan, kamu akan bisa membuka fitur tambahan, seperti akses lintas perangkat, perekaman audio, penambahan video, dan banyak lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. 5 Minute Journal

Aplikasi 5 Minute Journal adalah aplikasi penjurnalan efektif yang bisa membantu kamu melatih kepedulian dan rasa syukur. Aplikasi ini cocok digunakan untuk orang-orang yang belum pernah membuat jurnal sebelumnya.

Aplikasi jurnal satu ini memberikan petunjuk harian yang membantu kamu fokus pada hal-hal positif, seperti mengajarkan bersyukur atau cara meningkatkan harimu.

5 Minute Journal bisa kamu akses secara gratis. Namun, apabila kamu ingin mengakses lebih banyak fitur, kamu bisa membayar sebesar USD 4,99 atau Rp 77 ribuan per bulan.

3. Diarium

Aplikasi jurnal yang satu ini, bisa kamu gunakan melalui perangkat Windows, Android, masOS, dan iOS. Kamu juga bisa menyambungkan aplikasi ini di berbagai perangkat.

Hampir sama dengan dua aplikasi jurnal sebelumnya, dengan aplikasi ini kamu bisa menambahkan foto, video, rekaman audio, dan file lainnya. Kamu juga bisa menambahkan lokasi dan tag.

Menariknya, kamu juga bisa membagikan entri di media sosial dan blog melalui tautan. Aplikasi ini juga akan mengirim pengingat untuk ketika kamu lupa untuk menulis.

Diarium dapat kamu akses secara gratis. Kamu juga bisa meningkatkannya ke versi pro dengan membayar biaya langganan sebesar USD 4,99 atau Rp 77 ribuan per bulan.

3 dari 4 halaman

4. My Diary

My Diary memiliki antarmuka visual yang menyenangkan dan menawarkan editor teks, lampiran file (foto, video, dan PDF), dan kunci bawaan untuk melindungi catatan di dalamnya.

Kamu bisa mencadangkan entri jurnal ke Google Drive atau Dropbox. Dengan begitu kamu bisa mengakses entri tersebut di perangkat apa pun.

Selain itu, kamu juga bisa mengekspor entri harian ke format teks biasa (TXT) atau PDF. Bahkan, kamu bisa mencetaknya menjadi hardcopy.

Aplikasi ini bisa kamu akses secara gratis dan berlangganan dengan membayar sebesar USD 4,99 atau Rp 77 ribuan per bulan.

5. DailyBean

DailyBean memungkinkan kamu membuat jurnal dengan antarmuka yang menyenangkan dan cara unik untuk melacak hari melalui metrik yang berbeda.

Setiap malam, kamu akan diminta untuk mencatat hal-hal penting di hari tersebut, termasuk emosi yang kamu rasakan, orang yang kamu temui, dan berapa lama kamu tidur.

Kamu juga bisa menambahkan gambar atau pemikiran. Selain itu, tampilan kalender akan memberikan gambaran singkat tentang suasana hati kamu secara real-time.

Kamu bisa memeriksa analisis suasana hati dasar selama satu bulan atau satu tahun secara sekilas. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis, dan harga premiumnya sebesar USD 1,99 atau Rp 30 ribuan per bulan.

4 dari 4 halaman

6. Journey

Berbagai macam plugin jurnal membedakan Journey dari yang lain. Kamu bisa menambahkan plugin untuk mengekspor file, menambahkan media, dan mempublikasikan blog.

Fitur unik lainnya dari Journey adalah kilas balik entri jurnal. Aplikasi ini memberi tahu dan memungkinkan kamu melihat kenangan terbaik dari seminggu, sebulan, satu atau dua tahun lalu.

Kamu juga bisa membuat dan mengedit jurnal bersama teman atau keluarga.

Menariknya, aplikasi ini hadir dengan lebih dari 14 tema warna dan 60 template. Semua entri dienkripsi end-to-end, serta dapat diamankan dengan kode sandi atau kunci sidik jari.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Namun, jika kamu ingin berlangganan premium, kamu bisa membayar sebesar USD 3,99 atau 61 ribuan per bulan.

7. Daylio

Daylio adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk membantu kamu melacak suasana hati dan aktivitas harian. Kamu bisa mencatat perasaan, aktivitas, dan merekam suara.

Dalam aplikasi jurnal ini terdapat editor teks yang menyediakan cara cepat dan mudah untuk meninggalkan catatan, menawarkan alat pemformatan, dan opsi menambahkan gambar ke dalam catatan.

Kamu juga bisa menetapkan goals harian, mingguan, atau bulanan agar tetap termotivasi. Selain itu, kamu bisa mencadangkan dan memulihkan entri menggunakan Google Drive.

Sama seperti aplikasi jurnal lainnya, kamu bisa mengakses Daylio secara gratis. Adapun untuk versi premium sebesar USD 2,99 atau Rp 46 ribuan per bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini