Sukses

Debat Capres 2024 Jadi Sorotan, Siapa Paling Diperbincangkan Warganet?

Simak analisis Drone Emprit mengenai perbincangan warganet tentang Debat Capres pertama yang berlangsung Selasa, (12/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres tidak dimungkiri selalu menarik perhatian perbincangan warganet di media sosial, seperti X atau yang sebelumnya dikenal dengan Twitter. Selama debat, para warganet saling memberikan pandangan mereka terkait terkait masing-masing capres.

Menangkap aktivitas tersebut, founder Drone Emprit Ismail Fahmi pun membuat sebuah analisis cepat mengenai debat capres pertama ini. Hasil analisis itu pun dibagikan melalui akun X miliknya.

Salah satu hasil data analisis menunjukkan kalau capres Anies Baswedan ternyata memiliki volume percakapan paling banyak, mencapai 48.818 mention atau 44 persen.

Disusul di belakangnya, ada Prabowo Subianto mendapatkan 40.018 mention atau sekitar 36 persen.

Sementara capres Ganjar Pranowo hanya menarik sebanyak 21.775 atau 20 persen dari seluruh percakapan. Dalam analisis tersebut, Ismail juga membahas soal sentimen terhadap masing-masing capres.

Hasilnya, Anies dan Ganjar mendapatkan sentimen positif mencapai 64 persen, sedangkan Prabowo memperoleh sentimen positif 48 persen. Terkait sentimen negatif, Prabowo mendapatkan 41 persen, Anies 27 persen, dan Ganjar memperoleh 23 persen.

Dijelaskan lebih lanjut, Ismail melakukan analisis debat capres berdasarkan beberapa keyword yang mewakili masing-masing capres, seperti Anies, capres 01, Prabowo, capres 02, Ganjar hingga capres 03.

Sebagai informasi, perbincangan soal debat capres 2024 yang digelar, Selasa (12/12/2023) malam memang menjadi perhatian publik. Gaya, gestur, hingga hal lain dari masing-masing capres di debat berhasil mencuri perhatian para warganet. 

Bahkan, berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, perang tagar untuk masing-masing pasangan sudah dimulai sebelum debat berlangsung. 

Dari pantauan, beberapa tagar seperti Jelas MasBowoGibran Tegas, #GanjarSikatKorupsi, dan #DebatCapres sudah trending di Twitter. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debat Capres 2024 Baru Mulai, Warganet Sudah Perang Tagar di X Twitter

Untuk diketahui, debat Capres-Cawapres 2024 digelar pada Selasa (12/12/2023) malam ini memang sudah menarik perhatian publik, baik di dunia nyata hingga ranah media sosial.

Pada debat Capres-Cawapres 2024 sebelumnya, masyarakat di Tanah Air dapat menyaksikan ketiga calon pasangan Presiden 2023, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Pada sesi debat pertama Capres-Cawapres 2024 ini, hanya masing-masing calon presiden yang akan menyampaikan gagasan dan visi-misi sesuai tema.

Meski begitu, masing-masing Cawapres 2024 seperti Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD juga ikut menghadiri debat Capres-Cawapres hari ini.

Selain menyimak penampilan dan argumen dari tiga pasangan calon di berbagai saluran penyiaran, warganet ikut meramaikan acara debat Capres-Cawapres 2024 di media sosial, khususnya di X Twitter.

Terbukti, acara debat Capres-Cawapres 2024 dimulai "perang" tagar untuk pasangan Capres dan Cawapres pun sudah trending topic di Twitter.

3 dari 4 halaman

Berikut adalah beberapa di antaranya:

"Pokoknya ya cuma ganjar yang anti korupsi dan tegas sama pungli, yang lain mah mana berani, pokoknya ganjar aja #GanjarSikatKorupsi," kata @A**** di Twitter.

"Tidak main-main, mboten korupsi mboten ngapusi sudah dibuktikan di Jawa Tengah dan mengakar sampai masyarakat pedesaan #GanjarSikatKorupsi," ucap @B****.

Akun Twitter @J**** menulis, "Yes, kebijakan Jelas MasBowoGibran Tegas akan memastikan jalan yang lebih sederhana serta terjangkau untuk rakyat ketika menginginkan keadilan di pengadilan. #MemastikanRasaNyaman VisiPakbowo KeadilanYgPasti."

"Support pemberantasan koruptor. Jelas MasBowoGibran Tegas hendak meningkatkan transparansi pd sistem aturan dan ketentuan di kebijakkan. #MemastikanRasaNyaman VisiPakbowo KeadilanYgPasti," ujar @p****.

Perang tagar adalah salah satu cara untuk menunjukkan dukungan atau kritik terhadap capres dan cawapres yang sedang berdebat. Dengan menggunakan tagar tertentu, warganet dapat menyampaikan pendapat, saran, atau meme yang berkaitan dengan debat capres 2024.

4 dari 4 halaman

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.