Sukses

Apple Blokir Akses Beeper Mini, Aplikasi Android yang Bisa Kirim Pesan ke iMessage

Apple menghentikan akses ke Beeper Mini. Ini merupakan aplikasi Android yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke iMessage.

Liputan6.com, Jakarta - Apple merespon kontroversial penggunaan Beeper Mini. Sekadar informasi, Beeper Mini merupakan aplikasi Android yang dikembangkan secara spesifik untuk mengirim dan menerima pesan iMessage.

Mengutip Apple Insider, Selasa (12/12/2023), Apple mengonfirmasi, pihaknya memutuskan akses aplikasi Android ke iMessage ini dengan alasan adanya risiko signifikan terhadap keamanan dan privasi pengguna.

Adapun penutupan akses Beeper Mini ke jaringan iMessage dilakukan Jumat lalu secara tiba-tiba. Penutupan akses ini pun diyakini dipicu oleh Apple dan perusahaan mengonfirmasinya secara langsung.

"Kami mengambil langkah untuk melindungi pengguna dengan memblokir teknik yang mengeksploitasi kredensial palsu untuk mendapatkan akses ke iMessage," kata pihak Apple, seperti ditulis The Verge.

Pembesut iPhone ini menambahkan, teknik yang dipakai Beeper Mini agar bisa mengirim dan menerima pesan dari iMessage bisa menimbulkan risiko terhadap keamanan dan privasi pengguna.

Risiko yang dimaksud meliputi paparan metadata, pesan yang tak diinginkan, spam, dan serangan phishing.

Meskipun Beeper mengatakan, pihaknya kini tengah berupaya memperbaiki aplikasi Android-nya, pernyataan Apple menunjukkan bahwa mereka terus melakukan update di masa depan untuk melindungi pengguna. Hal ini pun dinilai akan menyulitkan Beeper untuk tetap ada di platform.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beeper Berdalih Aplikasinya Lebih Aman Ketimbang SMS Tanpa Enkripsi

Beeper kemudian mengunggah ke X alias Twitter bahwa mereka berdiri di belakang aplikasi Android ini serta menegaskan kalau Beeper Mini menjaga pesan tetap pribadi dan memiliki tingkat keamanan (lebih tinggi) jika dibandingkan dengan SMS yang tidak terenskripsi.

"Bagi siapa pun yang menyatakan sebaliknya, kami akan senang hari memberikan seluruh source code kami kepada pihak ketiga yang disepakati bersama untuk mengevaluasi keamanan aplikasi kami," kata pihak Beeper.

Sebelumnya, Pendiri Beeper Eric Migicovsky mempertanyakan keputusan Apple.

"Jika Apple benar-benar peduli dengan privasi dan keamanan pengguna iPhone mereka, mengapa mereka menyetop layanan yang memungkinkan pengguna mereka berkirim pesan terenkripsi ke pengguna Android daripada memakai SMS yang tidak aman?" katanya.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Lengkap Apple Soal Blokir Akses Beeper Mini

Berikut pernyataan Apple terkait dengan penghentian akses Beeper Mini.

 

"Di Apple, kami mengembangkan produk dan layanan kami dengan teknologi privasi dan keamanan terdepan di industri yang dirancang untuk memberi kendali pengguna atas data mereka dan menjaga keamanan informasi pribadi.

Kami mengambil langkah-langkah untuk melindungi pengguna dengan memblokir teknik yang mengeksploitasi kredensial palsu untuk mendapatkan akses ke iMessage.

Teknik-teknik ini menimbulkan risiko signifikan terhadap keamanan dan privasi pengguna, termasuk potensi paparan metadata dan memungkinkan terjadinya serangan pesan yang tidak diinginkan, spam, dan phishing.

Kami akan terus melakukan pembaruan di masa mendatang untuk melindungi pengguna kami."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.