Sukses

Sejumlah Pengguna PS Mengeluh, Akun PlayStation Kena Suspend Tanpa Alasan Jelas

Sejumlah pengguna PlayStation mengeluhkan akun PlayStation Network mereka kena suspend alias penangguhan tanpa alasan jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna PlayStation Network mengadu bahwa akun PlayStation mereka kena suspend alias penangguhan secara permanen.

Informasi ini dibagikan oleh para pengguna PlayStation di jejaring sosial Reddit, dan dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Kamis (7/12/2023).

Dalam surat tentang penonaktifan akun PlayStation itu, Sony memberikan keterangan, "Akun ini ditangguhkan secara permanen dari PlayStation Network karena pelanggaran ketentuan layanan PlayStation dan Perjanjian Penggunaan," kata pihak Sony melalui pesannya ke pengguna terdampak.

Menurut seorang pengguna Reddit, selain dirinya, ketika melihat ke akun Facebook PlayStation dan Instagram, ada banyak pengguna lain yang merasakan hal serupa. Mereka mendapatkan notifikasi dalam beberapa jam terakhir.

Beberapa orang yang menerima notifikasi penangguhan akun PlayStation ini merasa putus asa karena mereka sudah mengeluarkan banyak uang untuk game digital PlayStation yang kini tak bisa lagi diakses.

"Tanpa pemberitahuan apa pun, PlayStation secara permanen melarang saya dari PlayStation Network. Tidak ada yang tahu kenapa. Saya tak mendapatkan uang pengembalian dan tidak bisa mengajukan banding dan tidak ada respon atas status penangguhan. CS mengatakan saya perlu membuat akun baru," kata seorang pemilik akun PlayStation yang curhat di X alias Twitter.

Pada sisi lain, Sony belum mengungkap apa yang jadi masalah sehingga pihaknya menangguhkan sejumlah akun secara permanen. Namun, tidak ada informasi tentang masalah apa pun yang tercantum di laman dukungan "pengumuman penting" dari Sony pada laman dukungan PlayStation.

Perusahaan juga tak mengumumkan soal pelanggaran-pelanggaran apa yang membuat pihaknya menangguhkan akun penggunanya melalui media sosial PlayStation atau Ask PlayStation di platform X alias Twitter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sony Hapus Fitur Twitter dari PlayStation

Terlepas dari penangguhan akun, Sony belum lama ini mengumumkan, mereka akan menghapus fitur integrasi dengan X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) dari konsol PlayStation 4 dan PlayStation 5 mulai tanggal 13 November 2023.

Fitur ini memungkinkan pemilik PlayStation untuk membagikan tangkapan layar, klip video, trofi, dan aktivitas bermain lainnya ke X Twitter langsung dari konsol.

Lalu apa yang menjadi alasan perusahaan menghapus integrasi X Twitter di konsol mereka? Hingga kini, Sony tidak menjelaskan secara resmi.

Namun, ada beberapa kemungkinan bisa menjadi faktornya. Salah satunya adalah perubahan kebijakan X yang dipimpin oleh Elon Musk, di mana pengembang dan penyedia konten kesulitan untuk berinteraksi dengan konten saat posting ke X.

Kemungkinan lain, adalah biaya tinggi untuk mengakses API X yang bisa mencapai lebih dari USD 40.000 per bulan. Mengutip Polygon, Selasa (7/11/2023), Microsoft sendiri telah menghapus fitur integrasi X dari konsol Xbox dan Game Bar di Windows pada awal tahun ini.

Dengan menghapus fitur integrasi X, Sony mungkin bisa menghemat biaya dan sumber daya yang bisa dialokasikan untuk fitur lainnya.

Berhubung sudah lagi terintegrasi dengan X, gamer PS4 dan PS5 harus mentransfer tangkapan layar atau video dari konsol ke aplikasi resmi PlayStation di Android dan iOS bila ingin membagikannya ke platform media sosial milik Elon Musk tersebut.

3 dari 3 halaman

Padahal Integrasi Twitter Mudahkan Gamer

Bagi banyak pemilik konsol PS4 dan PS5, integrasi Twitter di PlayStation selama satu dekade ini sangat memudahkan gamer untuk membagikan beragam konten atau momen seru mereka saat bermain game.

Terhitung, setiap harinya ada ribuan konten tangkapan layar atau video singkat dari konsol PlayStation dibagikan ke X dengan tagar #PS4Share dan #PS5Share.

Dengan keputusan ini, banyak pemain harus mulai beradaptasi dan harus melalu beberapa tahap tambahan untuk membagikan konten ke media sosial X Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.