Sukses

WhatsApp Kembangkan Fitur Username, Pengguna Bisa Terhubung Tanpa Nomor Telepon

WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru WhatsApp untuk mencari pengguna berdasarkan username. Dengan begitu, pengguna bisa berkirim pesan dengan orang lain tanpa nomor telepon lagi.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru untuk mencari pengguna berdasarkan username mereka.

Dengan fitur baru WhatsApp ini, pengguna akan memiliki opsi untuk berinteraksi dengan orang lain menggunakan pengenal berbeda. Dengan demikian, pengguna tidak perlu menggunakan nomor telepon lagi untuk terhubung di WhatsApp. 

Mengutip News18, Senin (4/12/2023), pengguna akan bisa mencari pengguna WhatsApp lain melalui bilah pencarian berdasarkan username mereka.

Pembaruan ini dinilai akan meningkatkan proses koneksi dan menambah privasi. Pasalnya, kebutuhan untuk berbagi nomor telepon pribadi tak lagi diperlukan jika ingin terhubung di WhatsApp.

Meskipun begitu, konfigurasi username ini bersifat opsional. Pengguna bisa menggunakan fitur yang dikembangkan oleh platform milik META ini apabila memang ingin menggunakannya, atau bisa menghapus username tersebut kapan saja.

Tujuan WhatsApp menghadirkan fitur ini adalah untuk memberikan lapisan privasi yang lebih kuat kepada pengguna. Secara khusus, fitur ini akan  bermanfaat bagi pengguna yang ingin mempertahankan tingkat anonimitas atau kontrol atas informasi pribadi mereka.

“Selain itu, mencari pengguna berdasarkan username akan menjadi proses terhubung dengan teman, keluarga, atau orang lain karena menghilangkan kebutuhan untuk meminta dan bertukar nomor telepon secara eksplisit. Pengguna cukup membagikan username, sehingga memudahkan orang lain menemukan dan terhubung dengan mereka di dalam aplikasi,” kata WABetaInfo.

Fitur baru pada aplikasi chatting milik META ini sedang dalam pengembangan dan kabarnya akan tersedia dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Luncurkan Fitur Kode Rahasia untuk Buka Chat Lock

Sebelumnya, WhatsApp baru saja meluncurkan fitur baru yakni Kode Rahasia untuk chat yang terkunci. Fitur ini merupakan perluasan dari fitur Kunci Chat atau Chat Lock yang diumumkan perusahaan awal tahun ini. 

CEO Meta Mark Zuckerberg sendiri yang mengumumkan kehadirannya. Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp bisa menyembunyikan obrolan terkunci dengan menggunakan kode rahasia, seperti dikutip dari Gadgets 360, Minggu (3/12/2023).

Dengan begitu, pesan-pesan yang berisi percakapan sensitif atau rahasia bisa tetap aman apabila ponsel pengguna berada di tangan orang lain. Adapun kode rahasia itu bisa berupa frasa atau kata. 

Obrolan yang tersembunyi di balik kode rahasia tidak akan terlihat di daftar obrolan utama. Obrolan tersebut hanya dapat diakses ketika kode rahasia dimasukkan di aplikasi WhatsApp.

Adapun untuk mengakses fitur ini, pengguna bisa membuka daftar obrolan yang terkunci. Kemudian ketuk titik tiga di bagian kanan atas.

Setelah itu, pilih Pengaturan Chat Lock > Aktifkan 'Sembunyikan Obrolan yang Terkunci' > Masukkan kode rahasia. Usai melakukannya, obrolan yang dikunci tidak akan muncul di laman chatting utama. 

Adapun untuk mengakses chat yang terkunci, pengguna tinggal menggeser layar obrolan ke bawah. Ini merupakan pintasan untuk mempermudah pengguna mengakses pesan terkunci, dan dapat diakses memakai sidik jari atau ID wajah. 

WhatsApp juga mengatakan, pengguna tidak perlu memasukkan pengaturan obrolan individual untuk mengunci obrolan. Pengguna aplikasi chatting tersebut cukup menekan lama obrolan untuk menguncinya.

Meskipun telah mulai diluncurkan, ada kemungkinan fitur kode rahasia ini baru akan tersedia secara global dalam beberapa bulan mendatang. Selain itu, belum ada kabar apakah fitur ini akan hadir di WhatsApp untuk Desktop.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Username pada WhatsApp Channel

Di samping itu, WhatsApp juga dilaporkan sedang mengerjakan fitur untuk membuat nama pengguna atau username pada WhatsApp Channel. Mengutip laporan News18, Senin (13/11/2023), fitur ini akan tersedia pada pembaruan aplikasi yang akan datang. 

“Berkat pembaruan WhatsApp beta versi 2.23.24.17 untuk Android yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan bahwa WhatsApp sedang mengerjakan fitur untuk mengaitkan nama pengguna dengan channel,” tulis WABetaInfo.

Menurut laporan tersebut, aplikasi milik Meta ini sedang berupaya menghadirkan dukungan handler untuk channel. Artinya, channel tertentu dapat dibuka dengan menggunakan username pemiliknya.

Pembaruan ini mencakup fungsionalitas tambahan untuk channel, seperti tautan channel yang dipersonalisasi berdasarkan username mereka saat ini.

Dengan demikian akan semakin mempermudah pemilik dan pengikut channel untuk berbagi dan menemukan channel favorit mereka. Pengguna bisa berbagi informasi channel secara lebih konsisten tanpa perlu berbagi tautan yang rumit.

Selain itu, channel bisa lebih mudah dikenali dengan memiliki nama pengguna yang unik. “Menurut kami, hal ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin membangun identitas berbeda dan membuat channelnya mudah diakses,” kata WABetaInfo.

Di samping mengembangkan fitur ini, WhatsApp juga berencana mengganti lencana verifikasi hijau dengan tanda centang biru untuk channel dan bisnis terverifikasi di masa mendatang. 

4 dari 4 halaman

Akun WhatsApp Semakin Aman dengan Fitur Verifikasi Email

WhatsApp juga akan hadirkan verifikasi email untuk penggunanya. Metode verifikasi baru ini bertujuan untuk menambah keamanan pada akun pengguna, mengutip dari GSM Arena, Senin (6/11/2023).

Untuk saat ini, pembaruan ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta. Pembaruan WhatsApp Beta baru untuk iOS (23.23.1.77) baru-baru ini diluncurkan melalui program beta TestFlight dan versi serupa untuk Android (2.23.24.10).

Dilansir Beebom, halaman alamat email pada WhatsApp cukup sederhana, hanya terdapat opsi untuk menambahkan alamat email. Setelah menambahkan email, pengguna perlu memverifikasi melakukan verifikasi email. Dengan begitu, pengguna dapat mengakses akun mereka dan memulihkannya. 

Sekadar diketahui, pengguna juga bisa memilih apakah akan menggunakan fitur ini atau tidak. Namun, perlu diperhatikan bahwa verifikasi email ini tidak menggantikan nomor telepon. Nomor telepon akan selalu dibutuhkan untuk mengakses akun WhatsApp di perangkat pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini