Sukses

6 Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai Laptop

Penggunaan laptop, pengaturan daya, jumlah aplikasi yang dijalankan, dan suhu ruangan bisa menentukan masa pakai baterai, berikut cara mengoptimalkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan laptop menentukan masa pakai baterai. Tidak hanya dari segi penggunaan perangkat, faktor-faktor seperti pengaturan daya, jumlah aplikasi yang dijalankan, dan suhu ruangan juga dapat menentukan masa pakai baterai.

Namun, masa pakai baterai laptop bisa dioptimalkan untuk daya tahan yang lebih lama. mengutip The Express Tribune, Jumat (15/12/2023), berikut cara mengoptimalkan baterai laptop.

1. Menggunakan Alat Manajemen Kinerja Windows

Alat PC eksklusif ini tersedia di taskbar slider pada Windows 10. Adapun pada Windows 11, alat ini dapat ditemukan di Pengaturan, tepatnya di bawah Sistem dan Daya & Baterai (Systems and Power & Battery). 

Dengan alat ini, kinerja baterai dan laptop dikelompokkan berdasarkan perusahaan penyedia, dari mode Performa Terbaik hingga Penghemat Baterai. 

Mode Performa Terbaik akan memaksimalkan kinerja baterai, sementara mode Penghemat Baterai bisa mengurangi kecerahan layar sebesar 30%, mencegah pengunduhan Pembaruan Windows, menghentikan sinkronisasi aplikasi Mail, dan menangguhkan sebagian besar aplikasi latar belakang. 

Dengan memilih mode Performa Terbaik, ini akan lebih efisiensi karena membatasi sumber daya untuk aplikasi latar belakang.

2. Pengaturan Baterai MacOS

Pada MacOS, pengguna bisa menggunakan fitur penghemat baterai di aplikasi System Preferences.  Centang "Sedikit redupkan tampilan saat menggunakan daya baterai" dan hapus centang "Aktifkan Power Nap saat menggunakan daya baterai" untuk menghemat baterai perangkat.

Menonaktifkan mode Power Nap akan membuat MacBook tidak bekerja saat tidak digunakan dan tidak akan memeriksa pembaruan. 

Sementara itu, dengan mengaktifkan "Sedikit redupkan layar saat menggunakan daya baterai", apabila pengguna mencabut kabel charger dari perangkat, maka kecerahan pada aptop MacBook Pro terbaru akan disesuaikan menjadi 75%.

Ada juga fitur tambahan yang dapat diaktifkan untuk memaksimalkan penghemat baterai, seperti "Optimalkan streaming video saat menggunakan baterai" untuk menonaktifkan pemutaran video HDR dan "Pengisian daya baterai yang dioptimalkan". 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktifkan Mode Pesawat dan Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

3. Aktifkan Mode Pesawat

Trik ini bisa dipraktikkan saat pengguna melakukan pekerjaan yang tidak membutuhkan koneksi internet. Dengan mengaktifkan mode pesawat, ini akan menghilangkan sumber pengurasan baterai yang signifikan, terutama saat menjalankan aplikasi di latar belakang.

4. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selain mengaktifkan mode pesawat, ini adalah metode lain yang direkomendasikan untuk mengurangi penggunaan aplikasi. Usahakan  untuk menonaktifkan aplikasi di latar belakang.

Apabila ada aplikasi yang diduga paling menguras baterai, pastikan untuk menutupnya setelah digunakan.

Di Windows 10 pengguna dapat mencarinya di bilah pencarian, sedangkan di Windows 11 daftar ini tersedia di panel pengaturan Daya & Baterai di bawah Penggunaan Baterai.

Pengguna juga dapat membatasi aplikasi yang berjalan secara otomatis setiap kali menyalakan komputer, dengan mencarinya lagi di bilah pencarian. Ini juga dapat dilakukan di perangkat macOS, tepatnya di bawah Pengguna & Grup, lalu tab Item Masuk.

 

3 dari 4 halaman

Sesuaikan Grafik dan Tampilan untuk Aplikasi Tertentu

5. Menyesuaikan Grafik dan Tampilan

Laptop dengan prosesor grafis yang kuat bisa menghabiskan banyak baterai. Di Windows 11, pengguna dapat membuka Pengaturan dan Tampilan untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan prosesor grafis tertentu.

Pengguna dapat menyesuaikan prosesor grafis untuk aplikasi tertentu, seperti game. Selain itu, pengguna juga bisa memilih mode hemat daya prosesor untuk aplikasi lain. 

Fitur ini tersedia di beberapa GPU Windows 11 dan macOS. Untuk perangkat macOS, pengguna bisa menemukan fitur ini di bawah Pengaturan, kemudian centang opsi "Peralihan grafis otomatis".

6. Mengoptimalkan Aliran Udara di Perangkat

Meskipun kini baterai diciptakan jauh lebih canggih dan berperforma tinggi, baterai dapat dengan mudah menjadi panas dan rusak apabila tidak ada ventilasi yang baik. 

Penumpukan debu, atau penghalang lain seperti selimut, dapat menghalangi kipas internal dan ventilasi baterai saat memanas. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan laptop pada permukaan yang kokoh seperti meja, sehingga aliran udara tidak akan terganggu.

4 dari 4 halaman

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Sementara itu, tidak hanya persoalan baterai yang bisa mengganggu kinerja laptop. Keyboard laptop tidak berfungsi umumnya membuat pengguna mengalami kesulitan, dalam mengetik atau menggunakan keyboard laptop.

Hal ini karena beberapa atau seluruh tombol keyboard, tidak merespons seperti yang seharusnya.

Masalah semacam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah perangkat keras (hardware) seperti kerusakan fisik, atau masalah perangkat lunak (software) seperti konflik driver atau virus malware.

Keyboard laptop tidak berfungsi dapat mengganggu produktivitas dan kenyamanan pengguna, dalam menggunakan perangkat laptop mereka. Oleh karena itu, perlu dicari penyebab masalahnya dan dicari solusi yang sesuai, untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, seperti yang telah disebutkan Hot Liputan6.com.

  1. Debu dan Kotoran
  2. Tombol Keyboard yang Macet atau Rusak
  3. Masalah Perangkat Lunak
  4. Masalah Hardware
  5. Pengaturan Keyboard yang Salah
  6. Masalah dengan Sistem Operasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini