Sukses

Spotify Wrapped 2023 Resmi Hadir untuk Seluruh Pengguna, Rangkum Aktivitas Selama Setahun

Spotify Wrapped 2023 telah tersedia untuk para pengguna yang ingin mengetahui aktivitas mereka selama setahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify Wrapped 2023 resmi hadir untuk seluruh pengguna platform streaming musik tersebut, baik pengguna gratis maupun premium. Sama seperti tahun sebelumnya, Wrapped merangkum aktivitas pengguna di Spotify selama 2023.

Dengan Spotify Wrapped, pengguna bisa mengetahui deretan konten yang didengarnya selama setahun terakhir. Mulai dari genre musik, jumlah lagu yang didengarkan, lagu teratas yang diputar, hingga daftar musisi teratas yang sering didengarkan.

Yang menarik, di Wrapped tahun ini, Spotify menghadirkan beberapa fitur baru yang bisa diakses pengguna. Ada fitur Sound Town yang akan menunjukkan kota tertentu dengan kesamaan selera musik seperti pengguna.

Lalu, ada fitur Me in 2023 yang menunjukkan karakter pengguna Spotify berdasarkan kebiasaan mendengarkan musik mereka. Ada 12 karakter berbeda yang nantinya akan dimunculkan sesuai aktivitas mereka.

Selain itu, pengguna juga bisa membagikan top songs mereka dengan orang-orang terdekat lewat fitur Top Songs Blend. Seperti biasa, hasil di Spotify Wrapped akan ditampilkan dalam konten story yang bisa dibagikan langsung ke media sosial.

Tidak hanya menampilkan konten lagu yang didengar pengguna, Spotify Wrapped 2023 juga menampilkan deretan konten audio teratas yang sering didengarkan pengguna, seperti podcast. Sekadar informasi, Spotify Wrapped sendiri diperkenalkan pertama kali pada 2016.

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, Spotify diketahui biasa merilis fitur ini pada pekan terakhir November atau awal Desember. Untuk menjajal fitur ini, pengguna bisa langsung mengaksesnya di laman depan Spotify, baik aplikasi maupun situs web. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spotify Jualan Merchandise Artis, Bisa Beli Langsung dari Aplikasi

Di sisi lain, Spotify telah memperkenalkan pusat merchandise artis yang merekomendasikan barang-barang seperti T-shirt, piringan hitam, dan korek api kuningan Lana Del Rey untuk moody girls. 

Ini merupakan upaya terbaru Spotify untuk mengintegrasikan pembelian merchandise ke dalam aplikasi. Mengingat aplikasi ini telah menjadi prioritas bagi artis dalam mendistribusikannya melalui layanan streaming.

Mengutip The Verge, Selasa (17/10/2023), merchandise di Spotify bukanlah hal baru--perusahaan telah meluncurkan kemitraan dengan Shopify pada 2021 dan melakukan sedikit pembaruan untuk memfasilitasi belanja. 

Kendati demikian, pembelian tidak dilakukan secara langsung di aplikasi. Pengguna memang dapat menelusuri barang, tetapi kemudian diarahkan ke toko merchandise masing-masing artis.

3 dari 4 halaman

Spotify Bermitra dengan E-Commerce Shopify Sejak 2021

Untuk diketahui, pada 2021 lalu, Spotify mengumumkan kemitraannya dengan penyedia platform e-commerce Shopify.

Diberitakan Tech Crunch, Selasa (17/10/2023), platform ini memungkinkan para artis menghubungkan profil Spotify mereka dengan Shopify. Dengan demikian, mereka dapat memasarkan merchandise langsung ke penggemar melalui aplikasi Spotify. 

Setelah menghubungkan akun Spotify for Artists dengan toko online Shopify, artis dapat menyinkronkan katalog produk ke Spotify untuk menampilkan produk apa pun yang mereka pilih di profil aplikasi streaming musik.

Dari sana, penggemar dapat menelusuri produk dan melakukan pembelian. Selain memungkinkan akses yang lebih mudah ke toko Shopify milik artis, integrasi ini dapat menawarkan aliran pendapatan tambahan bagi artis yang belum membuat situs web merchandise.

(Dam)

4 dari 4 halaman

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini