Sukses

6 Aplikasi Rekomendasi Pantau Cuaca Jelang Nataru 2023, Cek Daftarnya

Jelang libur Nataru 2023, pastikan kamu memilki liburan yang tenang tanpa diganggu hujan. Berikut ini alternatif aplikasi cuaca selain BMKG untuk memprediksi cuaca dan hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 akan segera tiba, dan kamu mungkin telah menyiapkan jadwal liburan berkeliling Indonesia.

Untuk bisa menikmati liburan selama Natal dan Tahun Baru ini, kamu tentunya perlu mempersiapkan berbagai hal, mulai dari destinasi wisata, jadwal bermain, hingga barang bawaan.

Selain hal di atas, kamu tentunya juga perlu mengetahui prediksi cuaca di lokasi kamu melancong. Hal ini tentunya akan memengaruhi pengalaman berwisatamu nantinya.

Selama ini, masyarakat bisa mengandalkan prediksi cuaca yang dimiliki Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di laman resminya. Tak jarang, BMKG juga memberitakan prakiraan hujan di beberapa wilayah melalui media sosial juga.

Akan tetapi, buat kamu yang ingin mencoba alternatif aplikasi cuaca selain BMKG, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi pilihan tim Tekno Liputan6.com di bawah ini.

Berikut adalah enam aplikasi cuaca terbaik yang dapat membantu kamu mempersiapkan liburan Nataru kamu di tahun ini.

1. AccuWeather

<p>Aplikasi AccuWeather di HP Android dan iOS. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

AccuWeather adalah aplikasi cuaca yang sangat populer dan dapat diandalkan. Aplikasi ini juga sudah tersedia di berbagai negara antar benua. 

Di dalamnya, aplikasi ini menampilkan prakiraan cuaca harian dan mingguan, serta informasi pelengkap seperti kecepatan angin, live radar, indeks kualitas udara, bahkan indeks UV. 

AccuWeather juga memiliki teknologi RealFeel sehingga pengguna bisa merasakan prediksi cuaca dengan lebih baik. Selain itu, fitur peta interaktifnya memungkinkan kamu melihat perkembangan cuaca secara real-time.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. The Weather Channel

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, mulai dari perkiraan cuaca hingga berita terkini seputar cuaca di sekitar tempat wisatamu. 

Kamu juga bisa mengakses informasi radar dan peta cuaca yang membantu kamu memantau kondisi atmosfer. 

Dengan dukungan video cuaca berkualitas tinggi, The Weather Channel memberikan pengalaman yang informatif dan interaktif.

3. Windy

<p>Prediksi cuaca dan hujan dengan pergerakan angin citra satelit Windy. (Dok: Windy)</p>

Windy adalah aplikasi cuaca yang fokus pada visualisasi angin dan cuaca secara global. 

Dengan antarmuka yang bersih dan intuitif, Windy memberikan pemahaman yang mendalam tentang pergerakan udara dari citra satelit. 

Jika kamu merencanakan aktivitas luar ruangan, Windy dapat membantumu memilih waktu yang tepat untuk menghindari hujan.

3 dari 4 halaman

4. Apple Weather

Bagi pengguna produk Apple, aplikasi cuaca bawaan ini mungkin sudah menjadi pilihan utama. 

Dengan integrasi yang mulus dengan perangkat Apple lainnya, Apple Weather memberikan perkiraan cuaca yang akurat dan terkini. 

Fitur widget-nya juga memudahkan Anda untuk melihat kondisi cuaca langsung dari layar utama perangkat kamu

5. WeatherBug

<p>Aplikasi prediksi cuaca dan hujan WeatherBug. (Dok: WeatherBug)</p>

WeatherBug adalah aplikasi cuaca yang dilengkapi dengan stasiun cuaca pribadi dan sensor real-time

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan informasi yang sangat akurat berdasarkan lokasi spesifik kamu. 

Notifikasi cuaca yang dapat disesuaikan juga memastikan bahwa Anda selalu mendapatkan update terkini tentang perubahan cuaca mendadak.

4 dari 4 halaman

6. Weather Pro

Weather Pro adalah aplikasi cuaca yang menawarkan informasi yang sangat rinci, termasuk indeks UV, kelembaban, dan tekanan udara. 

Aplikasi ini juga menyediakan ramalan cuaca jangka panjang, memungkinkan Anda merencanakan kegiatan liburan kamu dengan lebih cermat.

Dengan menggunakan salah satu dari aplikasi cuaca ini, kamu meningkatkan peluang untuk menghindari hujan selama liburan Nataru 2023. 

Pastikan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi pilihan kamu sebelum berangkat, dan nikmati liburan dengan tenang tanpa harus khawatir tentang kondisi cuaca yang tidak terduga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.