Sukses

WhatsApp Luncurkan Fitur Voice Chat untuk Grup Besar di Aplikasi

WhatsApp mengumumkan fitur Voice Chat untuk grup yang lebih besar dalam aplikasi. Begini cara kerjanya.

Liputan6.com, Jakarta - Platform messenger WhatsApp memperkenalkan fitur baru mereka bernama Obrolan Suara atau Voice Chat, yang menjadi cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan grup yang besar.

Melalui siaran persnya, Selasa (14/11/2023), WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini berbeda dengan panggilan grup, yang terdengar ke semua anggota.

Nantinya, percakapan suara akan dimulai dengan munculnya gelembung dalam chat (in-chat bubble), yang bisa diketuk oleh pengguna untuk segera bergabung.

Karena panggilan juga tetap berada di bagian atas chat, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membisukan, menutup, atau hanya mengirim pesan ke grup tanpa harus meninggalkan percakapan yang sudah ada.

Platform milik Meta itu pun mengatakan bahwa mereka tetap melindungi obrolan suara dengan enkripsi end-to-end secara bawaan, selayaknya panggilan dan pesan pribadi.

Fitur obrolan suara pun akan diluncurkan secara global, di mana fitur ini akan hadir di grup besar, yang dimulai dengan grup yang memiliki 33 anggota atau lebih.

WhatsApp Untuk Mac Hadir di App Store

Sebelumnya, ada kabar untuk para pengguna Mac sekaligus WhatsApp, di mana kini aplikasi chatting tersebut telah tersedia di App Store. Jadi, pengguna Mac tidak perlu lagi men-download aplikasi WhatsApp dari situs resminya.

Aplikasi WhatsApp versi beta untuk macOS telah dirilis sejak awal tahun 2023. Kini, aplikasi messenger tersebut telah tersedia untuk semua pengguna macOS secara global. Demikian sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Kamis (9/11/2023).

Aplikasi WhatsApp untuk macOS bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penggunaan secara keseluruhan. Ini mempertahankan sebagian besar fitur versi iOS. 

Aplikasi WhatsApp di Mac ini menawarkan panggilan audio dan video, pemberitahuan masuk bahkan ketika aplikasi ditutup, pesan berbintang, dan banyak lagi. Pada dasarnya sama seperti aplikasi WhatsApp di smartphone. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Instal Aplikasi WhatsApp di Mac

Bagi pengguna yang ingin menggunakan WhatsApp di perangkat Mac, mereka bisa men-download aplikasi tersebut melalui App Store di macOS. 

Untuk men-download dan menginstal aplikasi WhatsApp untuk Mac, pengguna perlu mengunjungi Mac App Store dan mencari WhatsApp Messenger. 

Kemudian, pilih "Dapatkan dan Instal". Setelah aplikasi diinstal dan dibuka, maka akan muncul kode QR yang perlu dipindai menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel pintar pengguna.

Adapun cara untuk memindai QR tersebut, caranya: buka Pengaturan WhatsApp > Perangkat Tertaut > Tautkan perangkat. Pada dasarnya sama seperti saat menautkan WhatsApp Web di PC atau laptop pada umumnya.

Perlu diketahui juga bahwa aplikasi WhatsApp ini kompatibel dengan macOS 11.0 atau lebih baru. 

3 dari 4 halaman

WhatsApp Rilis Update di iOS

WhatsApp juga baru saja telah meluncurkan pembaruan untuk para penggunanya di perangkat iOS. Pembaruan ini hadir untuk meningkatkan pengalaman panggilan grup. 

Dengan pembaruan tersebut, aplikasi WhatsApp milik Meta ini menambah jumlah maksimal peserta panggilan grup menjadi 31 orang. Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, dengan update ini, akan lebih banyak pengguna yang bergabung dalam panggilan grup.

Untuk mendapatkan fitur baru ini,  pengguna WhatsApp di iPhone perlu menginstal pembaruan WhatsApp terbaru iOS 23.22.72.

Menurut keterangan Gadgets 360, Rabu (1/11/2023), dengan pembaruan terkini dari WhatsApp, pengguna bisa lebih efektif dalam melakukan panggilan grup.

Sekadar informasi, sebelumnya WhatsApp membatasi jumlah maksimal peserta panggilan grup hanya sebanyak 15 orang.

Sebenarnya, pembaruan WhatsApp sebelumnya juga sudah mendukung panggilan grup hingga 32 peserta. Namun, pengguna di awal hanya dibatasi untuk memilih 15 kontak untuk memulai panggilan.

WhatsApp tidak menginformasikan peluncuran pembaruan panggilan grup ini di log perubahan resmi App Store. Namun, aplikasi ini telah mengonfirmasi bahwa pembaruan ini diluncurkan untuk semua pengguna iOS.

4 dari 4 halaman

Channel WhatsApp Bakal Kehadiran Fitur Baru

Di samping itu, setelah meluncurkan layanan Channel beberapa waktu lalu, baru-baru ini WhatsApp dikabarkan sedang mengerjakan fitur berbagi pesan suara dan stiker di layanan tersebut.

"Tampaknya WhatsApp sedang mengembangkan fitur-fitur baru bagi admin Channel untuk meningkatkan interaksi mereka dengan pengikutnya," tulis WABetaInfo mengenai fitur baru WhatsApp Channel ini seperti dikutip dari situsnya, Rabu (25/10/2023).

"Berkat pembaruan WhatsApp Beta terbaru untuk Android 2.23.23.2, yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan WhatsApp berencana menambahkan fitur pesan suara dan stiker ke Channel di masa mendatang."

Saat ini, jenis pesan yang dapat dibagikan dalam WhatsApp Channel hanya teks, foto, video, dan GIF. Dan dengan kehadiran fitur pesan suara dan stiker, WhatsApp menawarkan cara komunikasi yang lebih dinamis dan ekspresif.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.