Sukses

XL Axiata Gabung ke Kadin Net Zero Hub, Targetkan Nol Emisi Karbon di 2050

XL Axiata bergabung dengan Kadin Net Zero Hub. Perusahaan menargetkan nol emisi karbon dalam operasional bisnis telekomunikasinya pada 2050.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menjadi anggota dari Kadin Net Zero Hub. Dengan menjadi anggota Kadin Net Zero Hub ini, XL Axiata bermaksud untuk melakukan pertukaran ilmu dan informasi, memperluas wawasan, serta berbagi sumber daya dalam mewujudkan ekosistem rendah emisi di Indonesia.

XL Axiata bergabung dengan komunitas ini seiring tujuan perusahaan menjadi perusahaan telekomunikasi di Indonesia yang memperhatikan prinsip keberlanjutan dalam bisnis.

Sekadar informasi, menurut Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata Marwan O Baasir, XL berkomitmen mengurangi jejak karbon dalam semua operasi bisnis.

"Melalui berbagai inisiatif, kami bertekad untuk mencapai emisi karbon net-zero paling lambat pada tahun 2050," kata Marwan, dalam keterangan yang diterima, Senin (13/11/2023).

XL, kata Marwan, sudah mulai aktif menghitung emisi karbon Cakupan 1 dan 2 sejak 2019.

Marwan mengatakan, sebagai negara berkembang, Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk menemukan keseimbangan dari pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan.

Ia menyebut, semua pihak, termasuk XL Axiata memiliki peran penting untuk berkontribusi dalam hal ini, khususnya dengan melakukan kegiatan operasional rendah karbon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gabung ke komunitas Kadin Net Zero Hub

Untuk itulah, XL Axiata bergabung dalam komunitas Kadin Net Zero Hub. Upaya ini dilakukan dengan penandatanganan nota kerja sama antara XL Axiata dan Kadin pada Rabu, 8 November lalu.

Nota kerja sama ditandatangani oleh Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O. Baasir bersama Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia, Shinta W. Kamdani, dan Kepala Kadin Net Zero Hub, Dharsono Hartono.

Sekadar informasi, Kadin Net Zero Hub merupakan inisiatif Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk mendukung perusahaan nasional bertransisi menuju Net Zero.

Adanya komunitas ini dilatarbelakangi dampak perubahan iklim dan untuk mendukung target pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca dan mencapai Net Zero Emission di tahun 2060.

3 dari 4 halaman

Bantu Sektor Swasta Lakukan Bisnis dengan Emisi Rendah

Kadin Net Zero Hub membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan dengan membantu sektor swasta Indonesia merealisasikan komitmen net zero dan meningkatkan daya saing di pasar global.

Marwan mengungkap, dalam operasional sehari-hari, XL Axiata telah menerapkan sejumlah inisiatif.

Mulai dari adopsi teknologi seperti AI Power Intelligent dan AI Power Management, Analytics Network Equipment Shutdown, serta penerapan konsep outdoor dalam penempatan perangkat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan kelestarian lingkungan.

4 dari 4 halaman

Dukung Target Nol Emisi

Selain itu, XL Axiata juga melibatkan supplier dan partners, di mana sekitar 75 persen dari top spenders juga telah mendukung target net zero emission.

Sementara itu, Shinta W. Kamdani berharap dengan bertambahnya anggota, Kadin Net Zero Hub bisa semakin solid dan dalam mendorong networking dan kolaborasi antar-anggota dengan mitra pendukung lainnya.

Shinta menambahkan, program net zero merupakan salah satu komitmen bersama yang harus terus menerus dikemukakan dan setiap lapisan pelaku bisnis harus dapat memberikan kontribusi di dalamnya.

Sebagai catatan, Indonesia saat ini telah meningkatkan komitmen penurunan emisi dalam bentuk Nationally Determined Contribution, dari yang tadinya 29 persen menjadi 31,89 persen di tahun 2030 atas usaha sendiri. Angka ini setara dengan penurunan emisi karbon sebanyak 912 juta ton CO2.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.