Sukses

Bos Google Sundar Pichai Bagikan 5 Pencarian Terbanyak Soal Perayaan Diwali

Bos Google Sundar Pichai membagikan lima pencarian terbanyak di Google Search soal perayaan Diwali.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Minggu 12 November 2023 dirayakan sebagai hari Diwali oleh umat Hindu. Diwali atau yang biasa disebut sebagai Deepavali atau Divapali merupakan salah satu tradisi umat Hindu.

Mengutip dari berbagai sumber, Diwali menjadi salah satu festival yang paling populer bagi umat Hindu.

Mengutip laporan kanal Showbiz Liputan6.com, perayaan Deepavali alias Diwali ini bermakna menangnya kebaikan atas keburukan yang digambarkan melalui cahaya.

Peringatan ini menjadi momen untuk kembali bersilaturahmi dengan keluarga serta mempererat hubungan persaudaraan.

Ramainya pencarian di Google Search tentang Diwali pun membuat bos Google Sundar Pichai turut mentweet tentang Diwali.

Melalui akun X alias Twitter Sundar Pichai mengucapkan selamat hari Diwali bagi mereka yang merayakan.

"Selamat Diwali untuk semua yang merayakan! Kami melihat ada banyak ketertarikan mengenai tradisi Diwali di Google Search. Berikut adalah sejumlah pertanyaan top tentang Diwali yang trending di seluruh dunia," kata Pichai, dikutip dari akun X @sundaipichai, Minggu (12/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Pertanyaan Teratas Tentang Perayaan Diwali

Ketika diklik, link yang dibagikan Pichai itu memperlihatkan lima hal yang paling banyak ditanyakan oleh netizen tentang Diwali. Apa saja yang bikin warganet penasaran?

  1. Kenapa orang-orang India merayakan Hari Diwali?
  2. Kenapa orang membuat rangoli pada Hari Diwali? Sekadar informasi, rangoli merupakan seni tradisional India yang melibatkan pembuatan pola artistik di lantai menggunakan bubuk warna atau beras. Rangoli kerap dibuat di depan rumah sebagai bagian dari perayaan.
  3. Kenapa lampu-lampu dinyalakan saat Hari Diwali?
  4. Kenapa saat Hari Diwali orang melakukan puja Laksmi? Laksmi sendiri merupakan dewi kekayaan dan keberuntungan dalam tradisi Hindu, ia pun dihormati di hari Diwali sebagai bagian dari upacara pemujaan khusus.
  5. Kenapa ada mandi minyak di Hari Diwali?
3 dari 3 halaman

Tentang Diwali Alias Deepavali

Festival Deepavali ditandai sebagai perayaan serta harapan-harapan umat manusia disertai dengan lampu yang menyala atau cahaya yang bersinar sebagai peringatan tentang kemenangan atas kegelapan, kebaikan atas kejahatan, dan harapan atas keputusasaan.

Sementara itu, dikutip dari Fimela, Diwali adalah salah satu hari raya umat Hindu yang begitu meriah. Bagaimana tidak, menyalakan jutaan lilin, lampu dan kembang api menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perayaan tahunan ini.

Deepavali secara spiritual menandakan kemenangan cahaya di atas kegelapan. Kegelapan disini bisa diartikan sebagai kejahatan, ketidaktahuan juga keputusasaan. Jadi nggak heran ya kalau dalam perayaannya, masyarakat Hindu menyalakan banyak lilin, lampu juga kembang api.

Selain menyalakan sumber cahaya, perayaan Deepavali juga dimeriahkan dengan acara keluarga seperti tukar kado.

Di India Diwali pun menjadi digunakan sebagai tanda hari belanja besar, di mana orang-orang berbelanja pakaian baru, hadiah, pelengkapan rumah tangga, hingga membeli barang mewah seperti mobil dan perhiasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.