Sukses

Top 3 Tekno: Cari Pesan WhatsApp Berdasarkan Tanggal hingga Serba-Serbi GTA VI

WhatsApp versi web mendapatkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari pesan yang dikirim atau diterima pada tanggal tertentu.

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp versi web mendapatkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari pesan yang dikirim atau diterima pada tanggal tertentu.

Informasi ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (9/11/2023) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari kahadiran trailer GTA VI (Grand Theft Auto), yang merupakan game besutam Rockstar Games.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Fitur Baru WhatsApp Web, Bisa Cari Pesan Berdasarkan Tanggal

WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk versi web. Fitur baru ini memungkinkan pengguna mencari pesan yang dikirim atau diterima pada tanggal tertentu.

Ditemukan oleh pelacak fitur WABetaInfo di WhatsApp Web Beta 2.2348.50, layanan perpesanan milik Meta telah menambahkan ikon kalender baru yang ditampilkan saat mencari pesan di klien web, mengutip dari Gadget 360, Rabu (8/11/2023).

Seperti yang dituliskan dalam blog-nya, WABetaInfo mengungkapkan fitur ini menawarkan beberapa keuntungan kepada pengguna karena menyederhanakan proses menemukan pesan tertentu dari percakapan sebelumnya.

"Dengan diperkenalkannya fitur pencarian berdasarkan tanggal, pesan dari tanggal tertentu akhirnya dapat ditemukan dengan cepat, dan ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mengurangi rasa frustrasi saat menelusuri riwayat obrolan yang panjang," tulisnya dalam blog.

Selain itu, fitur WhatsApp ini sangat berguna ketika mengingat pesan non-teks, seperti pesan suara. Seperti yang diketahui, pesan suara atau voice note sulit merupakan pesan tanpa teks, sehingga jika ingin mencarinya akan cukup sulit karena tidak ada transkripsi teks.

Dengan hadirnya fitur baru ini, kini mencari pesan suara yang sudah lama dikirim atau diterima akan menjadi lebih mudah karena pengguna hanya perlu mencarinya melalui tanggal.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Serba-Serbi GTA VI yang Resmi Diumumkan Rockstar Games, Mulai dari Trailer hingga Bocoran Soal Game

Rockstar Games akhirnya mengungkap informasi mengenai kehadiran game GTA 6 (Grand Theft Auto). Informasi ini diumumkan langsung oleh studio asal Amerika Serikat tersebut melalui akun media sosialnya.

Salah satu informasi yang diungkap Rockstar Games dalam pengumuman tersebut adalah kehadiran trailer GTA VI ini. Mengutip unggahan tersebut, trailer pertama dari game yang sudah lama dinantikan ini akan dirilis pada awal Desember 2023.

Meski tidak ada informasi lebih lanjut soal game ini, dikutip dari BBC, Kamis (9/11/2023), ada beberapa bocoran soal game ini yang sudah beredar di internet sebelumnya.

Bocoran itu diketahui berasal dari aksi peretasan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab. Bocoran itu mengungkapkan sekitar lebih dari 90 video dan screenshot dari tahap awal pengembangan GTA 6.

Ketika itu, Rockstar Games pun mengakui kalau bocoran itu terjadi karena ada akses ilegal terhadap informasi rahasia yang ada di sistem mereka.

"Kami sangat kecewa karena detail tentang game kami berikutnya dibagikan dengan cara ini. Kami akan segera memperbarui semuanya segera, dan tentu saja, akan memperkenalkannya dengan lebih benar, apabila sudah siap," tulis Rockstar Games.

Bocoran tersebut memberikan sejumlah gambaran pertama tentang kemungkinan alur cerita, karakter, serta lokasi dari GTA VI.

Selain itu, bocoran juga mengungkapkan sejumlah latar kota Vice City yang lebih modern, termasuk penggambaran karakter seperti Jason dan Lucia.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Kominfo Dukung Perkembangan IoT di Indonesia dengan Regulasi dan Insentif

Internet of Things (IoT) adalah salah satu dari sekian banyak kunci bagi Indonesia untuk meningkatkan daya saing di era digital. Perkembangan ekosistem IoT sendiri kini menjadi prioritas agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Ekosistem IoT tidak mencakup infrastruktur saja, tetapi juga aspek umum yang mendukung pertumbuhan maupun adopsi IoT. Hal ini mencakup regulasi, standar, panduan, pelatihan, dan kerja sama yang melibatkan berbagai sektor.

Ketua Perumusan Standar Teknis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indra Utama menyampaikan, pemerintah telah membantu perkembangan ekosistem IoT di Indonesia dengan memberikan regulasi.

"Pemerintah memberikan regulasi dan standar teknis berupa standar nasional Indonesia. Untuk itu sudah 4 regulasi yang kita buat, dan 11 standar nasional Indonesia," ucapnya dalam acara Indonesia Smart Solutions Summit 2023, Rabu (8/11/2023) kemarin.

Salah satu regulasi ini mengatur tentang frekuensi yang selama ini digunakan. Awalnya, Kominfo menyediakan frekuensi 920 hingga 923 MHz untuk mendukung penggunaan IoT. Sementara nantinya, Kominfo akan menambahkan frekuensi 433 MHz dan 2.4 GHz (2400 MHz) agar dapat digunakan ekosistem IoT.

Selain itu, Kominfo telah mengeluarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang mengatur standarisasi IoT di Indonesia. Indra juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mempermudah sistem sertifikasi bagi para pembuat IoT.

"Saya rasa, untuk sertifikasi perangkat tidak terlalu masalah, kami sertifikasi hanya satu hari. Masuk jam 8 (pagi) jam 11 malam sudah keluar (hasilnya)," katanya.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.