Sukses

Apakah Asus ROG Phone 7 Masih Layak Dibeli di 2024? Simak Ulasan Lengkapnya

Asus ROG Phone 7 adalah smartphone gaming terbaik di tahun 2023 dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2, layar AMOLED 165 Hz, baterai 6000 mAh, dan fitur-fitur gaming canggih. Simak ulasan lengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Asus ROG Phone 7 adalah salah satu smartphone gaming yang masih bertahan di kategori unik ini, meski sekarang banyak merek ponsel memperkenalkan lini ponsel diklaim mampu untuk nge-game.

Kebetulan, Asus memberikan kesempatan tim Liputan6.com untuk mencoba langsung ROG Phone 7 yang diklaim sebagai ponsel berperforma tinggi di kelasnya.

Seperti apa ulasan singkat ROG Phone 7 ini? Apakah mampu bersaing dengan deretan smartphone premium berspesifikasi tinggi di pasaran saat ini?

Sebelum mulai, ROG Phone 7 di tangan kami memiliki RAM 8GB, memori 256GB, dan sudah beroperasi menggunakan OS Android 13 milik Google. Tanpa panjang lebar, Simak ulasan HP Android Asus ini.

Kelebihan Asus ROG Phone 7

Hadir sebagai smartphone gaming terbaik di tahun 2023, ROG Phone 7 ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Chipset ini memiliki CPU octa-core berkecepatan hingga 3,2 GHz dan GPU Adreno 740 mampu menjalankan game-game berat dengan lancar.

Selama dipakai untuk bermain game Genshin Impact, ponsel Asus ini dapat berjalan dengan sangat mulus meski sudah menggunakan pengaturan paling tinggi dan 60 fps.

  • Digeber Main Genshin Impact dan Honkai: Star Rail

Permainan ketika mobs (musuh) dalam jumlah muncul di layar, dan saat berganti karakter pun tampil mulus tanpa ada lag atau frame drop sekalipun.

<p>Tim Liputan6.com menguji coba game Honkai: Star Rail lebih dari 1 jam non stop. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Kami pun menguji performa chipset Qualcomm ini hingga maksimal, dengan bermain Genshin Impact selama 1 jam dilanjutkan dengan game Honkai: Star Rail untuk sejam berikutnya.

Sepanjang pengujian, bodi ponsel tidak terlalu meningkat panasnya dan masih dapat ditoleransi. Hal ini berkat vapor chamber dan material pendingin di Asus ROG Phone 7 sudah ditingkatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panca Indera Mata dan Telinga Dimanjakan

<p>Game Mobile Legends hingga Genshin Impact di pengaturan tinggi masih bisa dimainkan dengan lancar. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Tidak afdol rasanya bila bermain game tidak membahas layar dan speakernya, di mana dalam dua hal ini gamer sangat dimanjakan sekali.

Berbekal layar AMOLED 6,78 inci resolusi 2448 x 1080 piksel, refresh rate hingga 165 Hz, dan touch sampling rate 720 Hz membuat tampilan sangat halus dan sensitif.

Layar ini juga sudah mendukung HDR10+, memiliki kecerahan hingga 1500 nits sehingga jernih dan kontras. Agar tahan gores dan banting, Asus sudah melindunginya dengan teknologi Gorilla Glass Victus.

Soal audio, dentuman suara tembakan saat bermain game PUBG Mobile hingga lantunan musik sendu Fontaine di Genshin Impact terdengar nikmat di telinga.

  • Baterai Tahan Lama

<p>Asus ROG Phone 7 bagian belakang tampilkan LED bentuk logo ikonik ROG. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Lalu bagaimana dengan ketahanan baterai berkapasitas 6000 mAh di ROG Phone 7 ini? Selama pemakaian kami cukup terkesan, karena dapat bertahan hingga 12 jam untuk bermain game.

Tak hanya itu, baterai ponsel Asus ini juga sudah mendukung fitur fast charging 65W berkemampuan mengisi hingga 100 persen hanya dalam waktu 42 menit.

Hal menarik lainnya, Asus menyediakan port charging kedua di sisi kiri bodi ponsel. Dengan ini, kamu dapat mengisi baterai sambil main game tanpa terganggu.

 

3 dari 4 halaman

Kekurangan Asus ROG Phone 7

<p>Bodi belakang Asus ROG Phone 7. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Meski begitu, smartphone Asus ini memiliki beberapa kekurangan perlu kamu ketahui dan menurut kami sudah ada sejak lini ROG Phone ini diumumkan.

Hal tersebut adalah dalam hal desain. Yup, Asus selalu menghadirkan desain monoton atau mirip dengan lini ROG Phone sebelumnya.

Bagi beberapa konsumen atau gamer desain ROG Phone setiap tahunnya terasa membosankan bagi beberapa menginginkan sesuatu baru dan segar.

Tak hanya itu, Asus juga masih belum mengatasi berat dan tebal ROG Phone 7 sehingga agak kurang nyaman saat dipakai sehari-hari selain bermain game.

  • Kamera Tidak Menonjol

Kamera di ROG Phone 7 juga tidak terlalu menonjol, dan dapat dimaklumi karena ini adalah ponsel fokus untuk bermain game.

<p>Hasil foto Asus ROG Phone 7. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Di ponsel ini, Asus menyematkan kamera belakang 50 MP (wide), 13 MP (ultra wide), dan 5MP (macro), serta kamera depan 32 MP (wide).

<p>Hasil foto menggunakan Asus ROG Phone 7. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Kamera ini bisa menghasilkan foto dan video mumpuni, namun tidak sebaik smartphone flagship lainnya. Kamera ini juga kurang memiliki fitur dan mode menarik.

  • Harga Mahal

Tak hanya itu, harga ROG Phone 7 dikisaran Rp 10 juta untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB, serta Rp 13 juta untuk varian RAM 12 GB dan ROM 256 GB memang terbilang mahal.

Harga ini mungkin terasa sangat mahal bagi sebagian orang, terutama jika Anda tidak terlalu membutuhkan fitur-fitur gaming yang ditawarkan.

 

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

<p>Asus ROG Phone 7 masih mampu bersiang dengan HP Android baru hingga saat ini. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Menjawab pertanyaan di judul, adalah ya. Asus ROG Phone 7 adalah smartphone gaming terbaik di tahun 2023 dan masih memiliki kemampuan untuk bersanding dengan HP kelas premium di 2024.

Dalam hal performa, ponsel gaming milik Asus ini masih luar biasa, layar resposif, baterai tahan lama, dan fitur gaming lengkap.

Namun, jik Anda mencari ponsel berdesain menarik di mata, kamera mumpuni, dengan rentang harga setara masih ada beberapa pilihan lainnya.

Jika Anda adalah gamer sejati yang menginginkan pengalaman bermain game terbaik, maka Asus ROG Phone 7 adalah pilihan tepat.

So, bagaimana? Apakah kamu ingin mencari ponsel dengan performa tinggi atau lebih memilih HP dengan "paket" lengkap untuk dibeli?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini