Sukses

Top 3 Tekno: Iklan Pro-Israel Muncul di Video Game Anak-Anak Jadi Sorotan

Iklan pro-Israel yang muncul di game anak-anak tersebut menunjukkan kelompok Hamas yang menakut-nakuti keluarga-keluarga Israel, dan mengaburkan rekaman grafis.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah iklan pro-Israel muncul di video game anak-anak. Berita ini pun menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (31/10/2023) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari pemain game Roblox di Malaysia mendukung warga Palestina, serta diikuti juga oleh remaja dan anak-anak.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Duh, Iklan Pro-Israel Muncul di Video Game Anak-Anak

Di tengah keramaian serangan Israel terhadap Palestina, baru-baru ini dikabarkan sebuah iklan pro-Israel muncul di video game anak-anak.

Maria Julia Assis di London Utara mengungkapkan munculnya sebuah video iklan tersebut saat putranya sedang bermain game Alice's Mergeland di HP Android-nya.

Mengutip dari Reuters, Selasa (31/10/2023), video tersebut menunjukkan kelompok Hamas yang menakut-nakuti keluarga-keluarga Israel, dan mengaburkan rekaman grafis.

Kemudian, melalui layar hitam, sebuah pesan dari Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan, "kami akan pastikan mereka yang merugikan kami membayar harga yang berat."

Assis mengatakan iklan tersebut membuat putranya terguncang sehingga dia segera menghapus game tersebut.

Belum ditahui bagaimana iklan seperti itu muncul di video game tersebut. Namun, Reuters telah mencatat lima kasus lain di seluruh Eropa. Video pro-Israel yang sama memuat rekaman serangan roket, ledakan api, dan orang-orang bersenjata bertopeng.

Salah satu iklan tersebut bahkan diputar di dalam game populer "Angry Birds" yang dibuat oleh pengembang milik SEGA, Rovio. Perusahaan mengonfirmasi pihaknya tak tahu bagaimana konten tersebut masuk di game mereka.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Anak dan Remaja Malaysia Gelar Aksi Bela Palestina dalam Game Roblox

Dukungan bagi warga Palestina merambah ke platform Roblox, di mana sebuah aksi digelar oleh para pemain di Malaysia, serta diikuti juga oleh remaja dan anak-anak.

Dalam sebuah video yang diunggah ke TikTok oleh pengguna bernama cikguzyd, kreator yang kabarnya mengorganisir aksi ini, terlihat ratusan karakter Roblox berkumpul di sebuah tempat terbuka.

Banyak dari mereka yang membawa bendera Palestina, serta ada juga yang memegang bendera Malaysia. Selain itu, terbentang juga spanduku bertuliskan: Solidaritas Untukmu Palestina.

Afiq Mat Zaid, kreator konten pemilik akun cikguzyd, mengatakan kepada media Malaysia, Says, bahwa aksi ini dimulai pada 21 Oktober lalu, seperti dikutip dari CNA, Selasa (31/10/2023).

Menurut Zaid, dia merasa harus "meningkatkan kesadaran tentang masalah kemanusiaan, khususnya krisis Palestina yang sedang berlangsung" di kalangan generasi muda Malaysia.

Kepada media Star, Zaid bercerita bahwa temannya yang berusia 15 tahun, membuat server di Roblox untuk memberikan dukungan kepada Palestina, dan ia memutuskan menggelar aksi di sana.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. MNC Play Umumkan Transisi Layanan Internet ke Indosat Ooredoo Hutchison per 15 November 2023

Kabar soal aksi korporasi yang melibatkan Indosat Ooredoo Hutchison dalam mengakuisisi aset milik MNC Play terjawab sudah.

Pasalnya, melalui website-nya, MNC Play mengumumkan ke pelanggan bahwa per tanggal 15 November 2023, bakal ada transisi penyedia layanan internet.

"Mulai tanggal 15 November 2023, akan ada transisi penyediaan layanan internet dari MNC Play kepada Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat)," kata pihak MNC Play dalam pernyataan yang Tekno Liputan6.com kutip Selasa (31/10/2023).

Lebih lanjut, disebutkan pula, akibat adanya transisi penyedia layanan internet ke Indosat Ooredoo Hutchison ini, kontrak berlangganan dan data kepelangganan juga akan berpindah ke Indosat.

Namun, selama proses transisi yang berlangsung hingga 15 November mendatang, MNC Play menjanjikan pelanggan bakal tetap mendapatkan layanan internet berkualitas unggul tanpa biaya tambahan.

Sementara itu, sebelumnya pihak Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan belum bisa memberikan komentar jika transaksi belum closing atau final.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.