Sukses

Melihat Proses Perakitan Oppo Find N3 di Banten, Siap Meluncur di Indonesia

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk melihat perakitan HP Oppo Find N3 di Oppo Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Find N3 bersiap untuk meluncur di pasar Indonesia. HP layar lipat terbaru besutan Oppo ini pun diketahui dirakit sepenuhnya di Indonesia.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk melihat langsung proses perakitan Find N3 yang dilakukan di Oppo Manufacturing Indonesia. Fasiltias tersebut merupakan pabrik Oppo yang memiliki luas 10,1 hektar.

Beroperasi sejak 1 Agustus 2022, pabrik ini telah memproduksi berbagai lini smartphone Oppo, mulai dari A Series, Reno, termasuk seri Find. Pabrik ini pun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas produksi yang mumpuni, mulai dari warehouse, production line, hingga quality control lab.

<p>Proses perakitan Oppo Find N3 di Oppo Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Banten. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Sesuainya namanya, production line merupakan tempat perakitan komponen smartphone menjadi satu produk yang utuh. Khusus untuk Oppo Find N3, lini produksinya mencapai sekitar 100 pos dengan jumlah pekerja mencapai 130 orang.

Jumlah ini jauh lebih banyak dari lini model lain, seperti A Series serta Reno. Proses perakitan HP Oppo ini dimulai dari pemasangan komponen utama hingga pengeleman produk.

<p>Proses perakitan Oppo Find N3 di Oppo Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Banten. (Dok: Oppo Indonesia)</p>

Selain proses perakitan, tiap produk juga harus melalui sejumlah proses pengujian lebih dulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan perangkat yang diterima konsumen dalam keadaan baik dan tidak ada masalah.

<p>Proses perakitan Oppo Find N3 di Oppo Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Banten. (Dok: Oppo Indonesia)</p>

Oppo sendiri mengaku mendatangkan sejumlah mesin berteknologi tinggi untuk mendukung perakitan Oppo Find N3. Beberapa di antaranya adalah mesin pengeleman unit, mesin pemasangan layar sekunder, hingga mesin pemasangan screenguard di layar utama.

<p>Proses perakitan Oppo Find N3 di Oppo Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Banten. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Oppo memang tidak mengungkap jumlah produksi Find N3 yang sudah dilakukan di Indonesia. Namun diperkirakan dalam satu hari produksi, pabrik ini bisa merakit sekitar 1.000 hingga 2.000 unit.

Sebagai informasi, Oppo Find N3 sendiri sudah dijadwalkan akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Kendati demikian, informasi mengenai jadwal dan harga HP Oppo ini belum banyak diungkap. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Oppo Find N3 Series Resmi Rilis Global, HP Layar Lipat dengan Kamera Hasselblad

Sebagai informasi, Oppo Find N3 sendiri baru diperkenalkan secara global pada pekan lalu. Bersama dengan Oppo Find N3, Oppo juga memperkenalkan Find N3 Flip. 

Untuk Oppo Find N3, HP ini memiliki layar luar 6,31 inci 2484 x 1116 piksel AMOLED, dengan refresh rate 10 sampai 120Hz. Sementara, aspect ratio-nya sebesar 20:9 dengan kecerahan puncak sampai 2.800 nits.

Dalam keadaan terbuka, Oppo Find N3 punya layar bagian dalam 7,82 inci 2440 x 2268 piksel, dengan dynamic refresh rate sampai 120 Hz, dan kecerahan maksimal juga 2.800 nits.

Smartphone ini punya ketebalan 5,8 mm saat dibuka dan 11,7 mm dalam keadaan tertutup untuk Glass Edition, serta bobot 239 gram untuk Leather Edition dan 245 gram untuk Glass Edition.

Prosesor yang dipakai adalah Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM 16 GB LPDDR5X dan punya penyimpanan 512GB. Sementara baterai berkapasitas 4.805 mAh, yang mendukung pengisian daya 67W SuperVOOC.

3 dari 5 halaman

Hadir dengan 3 Kamera Belakang

HP layar lipat Oppo generasi baru ini juga membawa kamera yang merupakan hasil kerja sama dengan Hasselblad.

Untuk kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 48MP f/1.7 yang sudah mendukung OIS; telephoto 64MP f/2.6 yang sudah mendukung OIS dan 3x optical zoom; dan ultrawide 48MP f/2.2.

Kamera belakangnya juga sudah dapat melakukan perekaman video 4K 30fps atau 60fps. Sementara untuk selfie, diberikan ke kamera 20MP f/2.2 yang ada di layar bagian dalam, serta 32MP f/2.4 di cover screen.

Secara global, Oppo Find N3 hadir dalam dua finishing yaitu Classic Black dengan panel belakang kulit vegan, serta Champagne Gold yang menampilkan kaca matte.

4 dari 5 halaman

Oppo Find N3 Flip Juga Dirilis Global

Bersamaan dengan itu, dirilis juga secara global Oppo Find N3 Flip. Hadir dengan MediaTek Dimensity 9200, perangkat ini punya baterai 4300 mAh dengan pengisian daya 44W SuperVOOC.

Oppo Find N3 Flip dibekali 3 kamera belakang yang terdiri dari Wide 50 MP f/1.8 dengan dukungan OIS dan PDAF multi direksi, Ultrawide 48 MP f2/2 114”, dan lensa Telefoto 32 MP dengan optical zoom 2x.

Sementara untuk desain, HP layar lipat ini berdimensi 166mm ketika dibuka, dan 85,5mm ketika dilipat. Ketika dalam kondisi terbuka, ia memiliki ketebalan 7,8mm, dan 15,1mm ketika dilipat.

Sementara pada kamera depan, Oppo menggunakan kamera 32 MP F/2.4 yang telah memiliki fitur AF, dan dapat merekam hingga resolusi 4K 30 FPS.

(Dam)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini