Sukses

WhatsApp Ubah Tampilan Tab, Mudahkan Pengguna Akses Aplikasi dengan Satu Tangan

WhatsApp mulai meluncurkan perubahan pada antarmuka aplikasi di Android yang akan mempermudah penggunaan aplikasi dengan hanya satu tangan.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mulai meluncurkan perubahan antarmuka pada aplikasi di Android. Perubahan ini akan mempermudah penggunaan aplikasi dengan hanya satu tangan. 

Diberitakan Gadget360, Selasa (17/10/2023), WhatsApp pertama kali memperkenalkan desain tab bawah kepada penguji beta aplikasi Android pada Mei 2023.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa aplikasi versi iOS sudah memiliki tab di bagian bawah dan antarmuka yang dimodifikasi kini diluncurkan kepada pengguna di channel pembaruan. 

Setelah pengguna memperbarui ke WhatsApp untuk Android 2.23.20.76 melalui Google Play Store, mereka akan mendapatkan tampilan antarmuka yang baru ini. Kendati demikian, ada kemungkinan para pengguna masih melihat bilah navigasi lama di bagian atas.

Pada tampilan tab lama, alias tab atas, pengguna dapat melihat empat tab, yaitu tab Obrolan, Panggilan, Status, serta tab yang lebih kecil dengan ikon Komunitas di sebelah kiri. Sementara itu, tampilan yang baru, kini menampilkan tab Pembaruan yang menggantikan tab Status.

Tab ini juga menyertakan ikon-ikon yang sebelumnya tidak tersedia jika tab terletak di bagian atas layar. Peningkatan paling menonjol dari sistem navigasi baru ini adalah pengguna dapat dengan mudah beralih ke tab berbeda hanya dengan satu tangan saat menggunakan ponsel.

Namun, dengan adanya pembaruan antarmuka tab bawah ini pengguna tidak bisa lagi menggeser tab. Pada antarmuka yang lama, pengguna bisa beralih tab hanya dengan menggeser layar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Memperbarui Tampilan dan Ikon

Minggu lalu, WhatsApp mulai meluncurkan perubahan halus lainnya pada antarmuka untuk pengguna saluran beta. Gadgets360 mengonfirmasi, bilah hijau ikonik di bagian atas aplikasi Android telah dihapus dan diubah menjadi antarmuka serba putih untuk mode terang. Sedangkan pada mode gelap tampilan layar aplikasi akan menjadi abu-abu gelap.

WhatsApp juga telah mengubah beberapa aksen warna pada rilis beta terbaru untuk Android menjadikan warna hijau sedikit lebih cerah dan jelas, terutama saat mode gelap diaktifkan.

Ikon 'solid' aplikasi baru-baru ini juga diganti dengan ikon 'outline' untuk panggilan suara dan video di dalam obrolan individual, serta ikon kamera di daftar obrolan utama.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Garap Fitur Group Chat Event

Sebelumnya, WhatsApp diketahui sedang mengembangkan fitur baru di aplikasinya. Diinformasikan WABetaInfo, sebuah fitur baru untuk grup obrolan akan segera hadir, yakni fitur Group Chat Event

Kehadiran fitur baru WhatsApp ini muncul di aplikasi chat untuk Android itu di versi beta 2.23.21.12, dan sudah dapat diakses di Google Play Store, sebagaimana dikutip dari WABetaInfo, Jumat (13/10/2023).

Dengan fitur ini, pengguna dapat menjadwalkan acara dan mengoordinasikan diskusi dalam obrolan grup. Dengan demikian, ini dapat mengurangi risiko panggilan tidak terjawab atau terlambat dalam acara tertentu.

Saat ini, fitur Group Chat Event masih dalam tahap pengujian dan secara eksklusif tersedia untuk sekelompok pengguna WhatsApp Beta tertentu. Jadi, bagi pengguna yang penasaran perlu bersabar dan menunggu sampai adanya pembaruan aplikasi di masa mendatang.

Pada pembaruan mendatang, tindakan baru di menu berbagi obrolan akan menampilkan pintasan acara. Pengguna dapat membuat acara dengan nama tertentu dan mengatur pengingat dalam percakapan.

Perlu dicatat, Chat Event ini dienkripsi secara end-to-end. Maka dari itu, pengguna tidak perlu khawatir soal keamanannya, karena hanya peserta percakapan yang dapat mengaksesnya.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Luncurkan Fitur Call Relay untuk iOS dan Android

Selain itu, WhatsApp juga dikabarkan meluncurkan fitur baru untuk memperkuat keamanan pengguna saat melakukan panggilan. Dari situs web WABetaInfo, dibocorkan fungsi fitur baru ini adalah untuk menambah lapisan keamanan ekstra pada panggilan WhatsApp.

Fitur baru yang disebut Relai Panggilan (Call Relay), dapat melindungi alamat IP dan lokasi pengguna dari penyerang (hacker). Fitur ini disediakan untuk perangkat iOS dan Android.

Mengutip News18, Senin (16/10/2023), pada WhatsApp hadir bagian “Lanjutan” pada layar pengaturan privasi. Bagian baru ini berisi opsi perlindungan alamat IP dalam panggilan, yang mencegah orang dalam panggilan mengetahui lokasi pengguna.

Fitur Relai Panggilan sangat bermanfaat untuk melindungi privasi pengguna, terutama dari panggilan nomor asing. Kendati demikian, fitur ini membawa sedikit dampak pada kualitas panggilan.

WABetaInfo menjelaskan kualitas panggilan akan terpengaruh fitur baru ini karena proses enkripsi dan perutean koneksi selama panggilan.

Meski demikian, pengguna tidak perlu khawatir akan masalah keamanan dengan fitur privasi terbaru dari WhatsApp ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini